Roboguru

Upaya yang dapat dilakukan masyarakat agar tidak terjebak dalam kondisi phubbing berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....

Pertanyaan

Upaya yang dapat dilakukan masyarakat agar tidak terjebak dalam kondisi phubbing berdasarkan ilustrasi tersebut adalah ....undefined 

  1. menolak penggunaan gawai canggih dalam berkomunikasiundefined 

  2. menentukan pembatasan waktu dalam penggunaan gawaiundefined 

  3. mengganti gawai canggih menjadi gawai biasaundefined 

  4. membuat peraturan larangan menggunakan gawaiundefined 

  5. memberikan sanksi bagi anggota masyarakat yang kecanduan bermain gawaiundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Phone-snubbing atau phubbing adalah istilah untuk menjelaskan tindakan acuh seseorang dalam sebuah lingkungan karena lebih fokus pada gawai (handphone) daripada membangun percakapan secara langsung. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Peristiwa di Indonesia yang menggambarkan disintegrasi berupa aksi demonstrasi adalah ....

Pembahasan Soal:

Menurut Soerjono Soekanto, disorganisasi dan disintegrasi sosial adalah proses berpudarnya norma-norma dan nilai-nilai dalam masyarakat karena perubahan yang terjadi pada lembaga-lembaga kemasyarakatan. Disintegrasi sosial yang terjadi di dalam masyarakat lama-kelamaan akan menjadi chaos (kacau), dan akan dijumpai kondisi anomie (tanpa aturan). Proses disintegrasi dalam masyarakat antara lain dapat berbentuk pergolakan, demonstrasi yang anarkis, kriminalitas, dan kenakalan. Kondisi disintegrasi sendiri dapat kita jumpai di negara Indonesia sendiri, yang pernah beberapa kali mengalami aksi protes  untuk menyampaikan rasa tidak puas terhadap tindakan atau kebijakan seseorang atau lembaga tertentu. Contoh aksi protes dan demonstrasi yang pernah terjadi di Indonesia adalah sebagai berikut :

  1. Mahasiswa dan masyarakat pada tahun 1966 menuntut pembubaran PKI dan kabinet seratus menteri. 
  2. Kaum buruh menuntut kenaikan upah sesuai dengan UMR kepada perusahaan. Biasanya, jika tuntutan ini tidak dipenuhi, mereka secara  bersama-sama melakukan aksi mogok dan demonstrasi.
  3. Mahasiswa menuntut kebebasan akademik kepada rektor.
  4. Tuntutan penghapusan Sumbangan Dana Sosial Berhadiah (SDSB) pada masa Orde Baru.
  5. Mahasiswa pada tahun 1998 menuntut reformasi.

Berdasarkan opsi jawaban diatas, maka aksi protes yang pernah terjadi di Indonesia adalah Perjuangan mahasiswa pada tahun 1998 menuntut reformasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah Bspace space 

0

Roboguru

Industrialisasi dapat menyebabkan perubahan sosial yang berdampak terjadinya ...

Pembahasan Soal:

Dalam soal ditanyakan tentang dampak industrialisasi yang disebabkan oleh perubahan sosial. Perubahan sosial adalah proses berubahnya tatanan atau struktur dalam masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya. Industrialisasi menjadi salah satu fenomena sosial yang menyebabkan terjadinya perubahan dalam masyarakat. Industrialisasi merupakan proses perubahan sosial dan ekonomi yang mengubah sistem pencaharian masyarakat agraris menjadi masyarakat industri. Munculnya industrialisasi memberikan dampak positif pada masyarakat yaitu menyebabkan kondisi perekonomian masyarakat menjadi lebih baik. Namun, industrialisasi juga memunculkan dampak negatif, salah satunya adalah disorganisasi peran sosial pada masyarakat. Disorganisasi peran sosial dalam perubahan sosial terjadi karena individu tidak mampu menjalankan peran sosial yang dimilikinya sesuai dengan perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah A.space space 

0

Roboguru

Jelaskan faktor-faktor penyebab kenakalan remaja!

Pembahasan Soal:

Kenakalan remaja adalah keterlibatan remaja dalam hal-hal yang melanggar hukum, misalnya pencurian, tawuran, penyalahgunaan narkoba, pembunuhan, perkosaan, dan lain-lain. Remaja yang dimaksud di sini adalah semua anak yang masih berusia di bawah 18 tahun. Secara sosilogis, penyebab terjadinya kenakalan remaja dapat dipengaruhi oleh 2 faktor, yaitu sebagai berikut :

  1. Sosialisasi yang tidak sempurna, hal ini timbul karena nilai-nilai atau norma-norma yang dipelajari kurang dapat dipahami dalam proses sosialisasi sehingga seseorang bertindak tanpa memperhitungkan risiko yang akan terjadi.Contohnya, anak sulung perempuan dapat berperilaku seperti laki-laki sebagai akibat sosialisasi yang tidak sempurna di lingkungan keluarganya, karena bertindak sebagai ayahnya yang telah meninggal. Di lain pihak, televisi secara tidak langsung mengajarkan hal-hal yang tidak baik, sedangkan orang tua di rumah selalu membimbing ke hal-hal yang baik. Proses sosialisasi seakan-akan tidak sempurna karena adanya pertentangan antara agen-agen sosialisasi yang satu dengan yang lain. Lama kelamaan akan terjadi penyimpangan sosial di masyarakat.
  2. Sub-kebudayaan menyimpang, merupakan salah satu faktor terjadinya perilaku penyimpangan, yang berarti budaya dari pergaulan dan lingkungan sekitar orang tersebut yang tidak baik, sehingga dapat mempengaruhi perilaku orang tersebut. Dalam hal ini remaja melakukan penyimpagan karena dipengaruhi oleh temannya yang juga melakukan penyimpangan.space space 

0

Roboguru

Adanya ketidaksesuaian di antara unsur-unsur kebudayaan yang saling berbeda sehingga tercapai keadaan yang tidak serasi fungsinya bagi kehidupan, merupakan pengertian dari ....

Pembahasan Soal:

Perubahan sosial dan perubahan budaya merupakan dua hal yang saling berkaitan, perubahan sosial dapat mengakibatkan perubahan budaya, begitupun sebaliknya.

Definisi dari perubahan budaya adalah, perubahan yang terjadi dikarenakan adanya ketidaksesuaian terhadap unsur-unsur budaya. Perubahan kebudayaan biasanya terjadi karna adanya ketidakserasian terhadap fungsi yang ada pada kehidupan. Mekanisme perubahan budaya dapat terjadi karena adanya penemuan baru, difusi kebudayaan, hilangnya unsur kebudayaan, dan terjadinya proses akulturasi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah Bundefined 

0

Roboguru

Apa yang menyebabkan kenakalan remaja?

Pembahasan Soal:

Kenakalan remajaJuvenile delinquency ) merupakan gejala patologis yang terjadi pada kaum remaja yang diakibatkan karena bentuk pengabaian sosial. Sehingga memunculkan bentuk perilaku-perilaku menyimpang. Faktor penyebab kenakalan remaja yaitu:

  1. Pengaruh keluarga, meliputi keadaan ekonomi yang rendah, adanya tindak kekerasan, perceraian, pengabaian, tidak menerapkan disiplin, orang tua anti sosial, konflik dalam keluarga, dan sebagainya.
  2. Pengaruh lingkungan sekolah, sebab individu memiliki kecenderungan untuk punya sikap yang buruk hingga adanya kegagalan akademik karena pengaruh teman-temannya.
  3. Pengaruh Peer group, meliputi hubungan sosial yang lemah, teman yang juga bersikap nakal, dan keanggotaan genk.
  4. Pengaruh komunitas tempat individu tinggal di lingkungan dengan angka kriminalitas tinggi dan adanya disorganisasi lingkungan.space space  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved