Iklan

Iklan

Pertanyaan

Upaya untuk meningkatkan kesuburan pada tanah aluvial di daerah dataran antara lain ....

Upaya untuk meningkatkan kesuburan pada tanah aluvial di daerah dataran antara lain ....

  1. pemupukan dan pengairan

  2. pemupukan dan pembentukan parit

  3. pembuatan tanggul dan pengairan

  4. pengolahan tanah dan pembuatan tanggul

  5. pembuatan parit dan pemberian kapur

Iklan

P. Avivah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang paling tepat adalah pilihan D.

jawaban yang paling tepat adalah pilihan D.

Iklan

Pembahasan

Jawaban untuk soal tersebut adalah D. Berikut adalah penjelasannya. Tanah Aluvial merupakan tanah endapan, dibentuk dari lumpur dan pasir halus yang mengalami erosi tanah. Banyak terdapat di dataran rendah, di sekitar muara sungai, rawa-rawa, lembah-lembah, maupun di kanan kiri aliran sungai besar. Tingkat kesuburan tanah aluvial sangat tergantung dengan bahan induk dan iklim. Suatu kecenderungan memperlihatkan bahwa di daerah bercurah hujan tinggi, kandungan basa P (fosfor) dan K (kalium) relatif rendah dan pH di bawah 6,5 jika dibandingkan dengandaerah-daerah bercurah hujan rendah yang memiliki kandungan P (fosfor) dan K (kalium) lebih tinggi dan netral. Semakin tinggi kandungan fosfor dalam tanah aluvial, maka semakin subur tanah tersebut. Perbedaan kondisi tanah aluvial di Indonesia tentunya membutuhkan penanganan yang berbeda pula untuk melestarikan kesuburannya. Oleh karena itu diperlukan upaya pengolahan tanah yang adaptif terhadap kondisi tanah. Pengolahan tanah misalnya berupa pembajakan tanah yang menghasilkan tanah gembur, cara ini juga dapat meningkatkan kesuburan tanah untuk tujuan pertanian. Selain itu, cara lain untuk yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan tanah alluvial adalah dengan membuatan tanggul . Tanggul dapat menahan erosi & unsur hara yang dibawanya, terutama tanggul di tepi sungai karena tanah alluvial keberadannya berada di sekitar daerah aliran sungai. Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah pilihan D.

Jawaban untuk soal tersebut adalah D.

Berikut adalah penjelasannya.

Tanah Aluvial merupakan tanah endapan, dibentuk dari lumpur dan pasir halus yang mengalami erosi tanah. Banyak terdapat di dataran rendah, di sekitar muara sungai, rawa-rawa, lembah-lembah, maupun di kanan kiri aliran sungai besar. Tingkat kesuburan tanah aluvial sangat tergantung dengan bahan induk dan iklim. Suatu kecenderungan memperlihatkan bahwa di daerah bercurah hujan tinggi, kandungan basa P (fosfor) dan K (kalium) relatif rendah dan pH di bawah 6,5 jika dibandingkan dengan daerah-daerah bercurah hujan rendah yang memiliki kandungan P (fosfor) dan K (kalium) lebih tinggi dan netral. Semakin tinggi kandungan fosfor dalam tanah aluvial, maka semakin subur tanah tersebut. Perbedaan kondisi tanah aluvial di Indonesia tentunya membutuhkan penanganan yang berbeda pula untuk melestarikan kesuburannya. Oleh karena itu diperlukan upaya pengolahan tanah yang adaptif terhadap kondisi tanah.

Pengolahan tanah misalnya berupa pembajakan tanah yang menghasilkan tanah gembur, cara ini juga dapat meningkatkan kesuburan tanah untuk tujuan pertanian. Selain itu, cara lain untuk yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan tanah alluvial adalah dengan membuatan tanggul. Tanggul dapat menahan erosi & unsur hara yang dibawanya, terutama tanggul di tepi sungai karena tanah alluvial keberadannya berada di sekitar daerah aliran sungai.

Oleh karena itu, jawaban yang paling tepat adalah pilihan D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

33

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Kegiatan rehabilitasi kerusakan tanah biasanya diawali dengan tindakan …. (SBMPTN 2016)

79

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia