Iklan

Iklan

Pertanyaan

Upaya pembebasan Irian Barat ditempuh pemerintah melalui dua jalur, yaitu melalui diplomasi dan aksi militer. Cara militer yang dipiliholeh pemerintah dilakukan dengan membentuk….

Upaya pembebasan Irian Barat ditempuh pemerintah melalui dua jalur, yaitu melalui diplomasi dan aksi militer. Cara militer yang dipilih oleh pemerintah dilakukan dengan membentuk …. 

  1. Dwi Komando Rakyat (Dwikora)undefined undefined undefined

  2. Tri Komando Rakyat (Trikora)undefined  undefined undefined

  3. komando siagaundefined  

  4. satgas tinombalaundefined  

  5. densus 88undefined  

Iklan

M. Robo

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

maka jawaban yang tepat adalah B.

maka jawaban yang tepat adalah B.undefined undefined

Iklan

Pembahasan

Pada 19 Desember 1961, upaya pemerintah untuk membebaskan Irian Barat diwujudkan dengan mengeluarkan Tri Komando Rakyat (Trikora) yang berisi: Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan Belanda. Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat, tanah air Indonesia.Bersiaplah untuk mobilisasi umum guna mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air dan bangsa. Dengan dikeluarkannya Trikora oleh Presiden Soekarno maka dimulailah langkah-langkah ofensif melawan Belanda secara militer. Sebagai tindak lanjut, pada 2 Januari 1962, Presiden Soekarno mengeluarkan keputusan No. 1 tahun 1962 untuk membentuk Komando Mandala Pembebasan Irian Barat. Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.

Pada 19 Desember 1961, upaya pemerintah untuk membebaskan Irian Barat diwujudkan dengan mengeluarkan Tri Komando Rakyat (Trikora) yang berisi: Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan Belanda. Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat, tanah air Indonesia.Bersiaplah untuk mobilisasi umum guna mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air dan bangsa. Dengan dikeluarkannya Trikora oleh Presiden Soekarno maka dimulailah langkah-langkah ofensif melawan Belanda secara militer. Sebagai tindak lanjut, pada 2 Januari 1962, Presiden Soekarno mengeluarkan keputusan No. 1 tahun 1962 untuk membentuk Komando Mandala Pembebasan Irian Barat.undefined  

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.undefined undefined

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Ren Amamiya

Jawaban tidak sesuai Pembahasan tidak menjawab soal Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Trisakti merupakan salah satu pemikiran Presiden Soekarno yang terkandung dalam Panca Azimat. Salah satu isi Trisakti adalah ….

44

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia