Pertanyaan

Upaya mengatasi permasalahan sosial melalui rehabilitasi diklasifikasikan dalam bentuk darurat (emergency) dan berkelanjutan (sustainability) . Jelaskan perbedaan kedua bentuk upaya penyelesaian masalah tersebut! Berikan contohnya!

Upaya mengatasi permasalahan sosial melalui rehabilitasi diklasifikasikan dalam bentuk darurat (emergency) dan berkelanjutan (sustainability). Jelaskan perbedaan kedua bentuk upaya penyelesaian masalah tersebut! Berikan contohnya!

F. Saputri

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Fokus utama penanganan permasalahan sosial pada upaya rehabilitasi terletak pada kondisi penyandang masalah sosial baik individu, kelompok, maupun masyarakat. Upaya rehabilitasi bertujuan melakukan perubahan atau perbaikan terhadap kondisi yang tidak diharapkan atau dianggap bermasalah, menjadi kondisi yang sesuai harapan atau sesuai dengan standar yang berlaku. Upaya rehabilitasi ini diklasifikasikan dalam bentuk darurat (emergency) dan berkelanjutan (sustainability) . Usaha rehabilitasi emergency bertujuan untuk mempertahankan kehidupan penyandang masalah sosial sesuai harkat dan martabat manusia melalui bantuan darurat. Kelemahan upaya emergency ialah tidak memecahkan masalah secara berkesinambungan. Adapun upaya rehabilitasi dalam bentuk sustainability bertujuan agar dampak intervensi dan pemberian pelayanan rehabilitasi tidak hanya bersifat sementara, tetapi juga berkelanjutan. Contohnya penyediaan tempat tinggal/rumah singgah untuk gelandangan, pengemis, dan orang dalam gangguan jiwa yang dilakukan oleh dinas sosial, biasanya orang yang hidup dijalan mengalami gangguan kesehatan. Rehabilitasi ini berfungsi mengontrol secara kemanusiaan seseorang yang hidup di jalan, membantu mengembalikan semangat dan motivasi, diberikan hiburan dan pelatihan yangkemudian juga dapat menciptakan integrasi dan pola pikir. Rehabilitasi ini juga sengaja dirancang oleh dinas sosial secara terarah, terpadu dan berkelanjutan. Tindakan tersebut dilakukan agar dapat menjangkau seluruh masyarakat yang tinggal di jalan. Selain berupa pengetahuan, skill dan pengalaman tetapi juga bagaimana mereka bersosialisasi dengan anggota masyarakat lain dalam lingkungannya.

Fokus utama penanganan permasalahan sosial pada upaya rehabilitasi terletak pada kondisi penyandang masalah sosial baik individu, kelompok, maupun masyarakat. Upaya rehabilitasi bertujuan melakukan perubahan atau perbaikan terhadap kondisi yang tidak diharapkan atau dianggap bermasalah, menjadi kondisi yang sesuai harapan atau sesuai dengan standar yang berlaku. Upaya rehabilitasi ini diklasifikasikan dalam bentuk darurat (emergency) dan berkelanjutan (sustainability). Usaha rehabilitasi emergency bertujuan untuk mempertahankan kehidupan penyandang masalah sosial sesuai harkat dan martabat manusia melalui bantuan darurat. Kelemahan upaya emergency ialah tidak memecahkan masalah secara berkesinambungan. Adapun upaya rehabilitasi dalam bentuk sustainability bertujuan agar dampak intervensi dan pemberian pelayanan rehabilitasi tidak hanya bersifat sementara, tetapi juga berkelanjutan. Contohnya penyediaan tempat tinggal/rumah singgah untuk gelandangan, pengemis, dan orang dalam gangguan jiwa yang dilakukan oleh dinas sosial, biasanya orang yang hidup dijalan mengalami gangguan kesehatan. Rehabilitasi ini berfungsi mengontrol secara kemanusiaan seseorang yang hidup di jalan, membantu mengembalikan semangat dan motivasi, diberikan hiburan dan pelatihan yang kemudian juga dapat  menciptakan integrasi dan pola pikir. Rehabilitasi ini juga sengaja dirancang oleh dinas sosial secara terarah, terpadu dan berkelanjutan. Tindakan tersebut dilakukan agar dapat menjangkau seluruh masyarakat yang tinggal di jalan. Selain berupa pengetahuan, skill dan pengalaman tetapi juga bagaimana mereka bersosialisasi dengan anggota masyarakat lain dalam lingkungannya. 

3rb+

X-10 AZZAHRA NURLUTFIA

Makasih ❤️

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar berikut! Saat ini fenomena seperti tampak pada gambar semakin marak terjadi. Banyak masyarakat telah menjadi korban dan mengalami kerugian akibat informasi tersebut. Jenis perm...

651

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia