Roboguru

Untuk setiap sifat-sifat berikut, tunjukkan apakah fluor atau brom yang nilainya lebih besar.  a. keelektronegatifan b. jari-jari ion c. jari-jari atom  d. energi pengionan e. afinitas elektron

Pertanyaan

Untuk setiap sifat-sifat berikut, tunjukkan apakah fluor atau brom yang nilainya lebih besar.space 
a. keelektronegatifan
b. jari-jari ion
c. jari-jari atom 
d. energi pengionan
e. afinitas elektronspace 

Pembahasan Soal:

Dalam tabel periodik unsur unsur brom dan flor terletak pada golongan VIIA, Flor terletak di periode 2 dan brom terletak di periode 4. 

  • Dalam satu golongan, dari atas ke bawah keelektronegatifan semakin kecil. Dengan demikian, flour memiliki keelektronegatifan lebih besar.
  • Jari-jari Ion negatif (anion) memiliki ukuran yang lebih besar daripada ukuran atom asalnya. Karena jumlah kulit yang dimiliki brom lebih besar, maka jari-jari ion yang paling besar adalah brom.
  • Dalam satu golongan, dari atas ke bawah, jari-jari atom semakin besar. Dengan demikian, brom memiliki jari-jari lebih besar.
  • Dalam satu golongan, dari atas ke bawah energi ionisasi semakin berkurang. Dengan demikian, flour memiliki energi ionisasi yang paling besar.
  • Dalam satu golongan, dari atas ke bawah afinitas elektron semakin kecil. Dengan demikian, flour memiliki afinitas elektron paling besar.space 

Oleh karena itu, flour memiliki keelektronegatifan, energi pengionan (ionisasi) dan afinitas elektron yang lebih besar, sedangkan brom memiliki jari-jari ion dan jari-jari atom yang lebih besar.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved