Roboguru
SD

Untuk mewujudkan integrasi sosial, pemerintah dapat melakukan paksaan kepada kedua belah pihak yang berkonflik seperti ancaman penjara. Contoh tersebut termasuk ke dalam bentuk integrasi ...

Pertanyaan

Untuk mewujudkan integrasi sosial, pemerintah dapat melakukan paksaan kepada kedua belah pihak yang berkonflik seperti ancaman penjara. Contoh tersebut termasuk ke dalam bentuk integrasi ... 

  1. normatif 

  2. fungsional 

  3. koersif 

  4. represif 

  5. koersif-fungsional 

F. Riskiyah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat ialah (C) koersif. 

Pembahasan

Jawaban yang benar ialah (C) koersif.

Integrasi sosial merupakan proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat, Unsur-unsur tersebut meliputi meliputi ras, etnis, bahasa, agama, kebiasaan, adat istiadat hingga menjadi satu kesatuan yang utuh. Apabila proses integrasi dapat dilakukan dengan baik, maka tidak akan terjadi konflik atau perpecahan.

Adapun bentuk-bentuk integrasi sosial dibedakan menjadi tiga, yaitu:

  1. lntegrasi normatif, yaitu sebuah bentuk integrasi yang terjadi akibat adanya norma-norma yang berlaku di masyarakat. Pada kasus ini, norma merupakan alat pemersatu masyarakat.
  2. lntegrasi fungsional, yaitu integrasi yang terbentuk karena ada fungsi-fungsi tertentu dalam masyarakat. Sebagai contoh, perbedaan profesi di dalam masyarakat dianggap mempunyai fungsi tertentu di dalam masyarakat. Misalnya, pengusaha dianggap dapat memasok barang dan pedagang dianggap sebagai sarana distribusi di dalam masyarakat.
  3. lntegrasi koersif, yaitu  integrasi berdasarkan kekuasaan yang dimiliki oleh penguasa. Pada tahap ini, penguasa menggunakan cara paksaan untuk mewujudkan integrasi sosial. Misalnya, untuk menyelesaikan konflik, penguasa mewajibkan kedua belah pihak untuk berdamai. Apabila tidak, keduanya akan dimasukkan ke dalam penjara.

Sementara itu, ilustrasi dalam soal menyebutkan bahwa terdapat tindakan koersif, yaitu tindakan berupa paksaan atau ancaman berupa penjara yang diberikan oleh pemerintah selaku pihak yang memiliki kuasa. Sehingga proses integrasi didapatkan melalui cara-cara koersif atau pemaksaan dari pihak yang berkuasa guna meredam adanya perpecahan sosial.

Oleh sebab itu, jawaban yang tepat ialah (C) koersif. 

158

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Coercion dalam proses integrasi Indonesia adalah...

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia