Iklan

Iklan

Pertanyaan

Untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan perkotaan, diperlukan adanya taman kota yang indah dan sejuk. Taman yang indah dan sejuk dalam ilmu ekonomi masuk dalam kategori...

Untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan lingkungan perkotaan, diperlukan adanya taman kota yang indah dan sejuk. Taman yang indah dan sejuk dalam ilmu ekonomi masuk dalam kategori...

  1. private goods

  2. public goods

  3. durable goods

  4. luxury goods

  5. superior goods

Iklan

P. Rahayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Private Goods Merupakan barang yang memiliki sifat rival consumption dan eksklusif, artinya barang tersebut tidak dapat dinikmati secara bersama tanpa meniadakan manfaat dan untuk mengkonsumsi barang tersebut diperlukan syarat, seperti harus membayar. Misalkan, handphone, mobil pribadi, rumah pribadi, dll. Public Goods Merupakan barang yang memiliki sifat no rival consumption dan non eksklusif. No rival consumption artinya barang tersebut dapat dikonsumsi bersamaan pada waktu yang sama, tanpa saling meniadakan manfaat. Dalam arti lain masyarakat tidak mempunyai pilihan terhadap barang tersebut dan semua orang bebas untuk menggunakannya bahkan ada yang wajib untuk digunakan masyarakat. Misalkan, Alun-alun Kota Bandung atau taman yang dapat dinikmati puluhan orang sekaligus pada waktu yang sama dan tidak ada yang dirugikan antara masing-masing orang. Durable Goods Durable Goods adalah kategori barang yang bersifat tahan lama (barang yang usia manfaatnya 3 tahun atau lebih). Luxury Goods Luxury goods atau barang mewah merupakan barang yang termasuk kebutuhan pada saat pemasukan seseorang naik tinggi sehingga terjadi kenaikan nilai barang dari barang kebutuhan pokok orang tersebut. Superior Goods Barang superior adalah barang-barang yang jumlah permintaannya naik apabila pendapatan masyarakat meningkat, barang ini termasuk tipe barang normal dalam teori konsumen. Elastisitas pendapatan dari barang superior adalah lebih dari satu. Barang superior biasanya berupa barang-barang mewah, yang memang hanya ditujukan untuk masyarakat ekonomi kelas atas.

  • Private Goods
    Merupakan barang yang memiliki sifat rival consumption dan eksklusif, artinya barang tersebut tidak dapat dinikmati secara bersama tanpa meniadakan manfaat dan untuk mengkonsumsi barang tersebut diperlukan syarat, seperti harus membayar. Misalkan, handphone, mobil pribadi, rumah pribadi, dll.
  • Public Goods  
    Merupakan barang yang memiliki sifat no rival consumption dan non eksklusif. No rival consumption artinya barang tersebut dapat dikonsumsi bersamaan pada waktu yang sama, tanpa saling meniadakan manfaat. Dalam arti lain masyarakat tidak mempunyai pilihan terhadap barang tersebut dan semua orang bebas untuk menggunakannya bahkan ada yang wajib untuk digunakan masyarakat. Misalkan, Alun-alun Kota Bandung atau taman yang dapat dinikmati puluhan orang sekaligus pada waktu yang sama dan tidak ada yang dirugikan antara masing-masing orang.
  • Durable Goods
    Durable Goods adalah kategori barang yang bersifat tahan lama (barang yang usia manfaatnya 3 tahun atau lebih).
  • Luxury Goods
    Luxury goods atau barang mewah merupakan barang yang termasuk kebutuhan pada saat pemasukan seseorang naik tinggi sehingga terjadi kenaikan nilai barang dari barang kebutuhan pokok orang tersebut.
  • Superior Goods
    Barang superior adalah barang-barang yang jumlah permintaannya naik apabila pendapatan masyarakat meningkat, barang ini termasuk tipe barang normal dalam teori konsumen. Elastisitas pendapatan dari barang superior adalah lebih dari satu. Barang superior biasanya berupa barang-barang mewah, yang memang hanya ditujukan untuk masyarakat ekonomi kelas atas.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Faktor berikut ini yang TIDAK memengaruhi kebutuhan manusia adalah...

28

3.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia