Roboguru

Untuk menghapus citra buruk romusa pemerintah pendudukan Jepang melakukan berbagai propaganda. Bentuk propaganda yang dilakukan oleh pemerintah pendudukan Jepang adalah ....

Pertanyaan

Untuk menghapus citra buruk romusa pemerintah pendudukan Jepang melakukan berbagai propaganda. Bentuk propaganda yang dilakukan oleh pemerintah pendudukan Jepang adalah ....

  1. memberikan gaji besar kepada para romusa

  2. menjamin kelayakan hidup keluarga romusa

  3. melunasi tanggungan utang keluarga romusa

  4. mengkampanyekan romusa sebagai prajurit ekonomi

  5. menyekolahkan keluarga romusa hingga jenjang tinggi

Pembahasan Soal:

Sejak tahun 1943, Jepang melancarkan propaganda untuk kembali menggairahkan program romusha. Jepang berdalih romusha  adalah prajurit pekerja yang mempunyai kebanggan karena mempunyai peran sebagai prajurit ekonomi dan pahlawan pekerja.

Dengan demikian. jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Ifdlol

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 18 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana penilaianmu tentang pengerahan tenaga Romusha oleh pemerintah pendudukan Jepang?

Pembahasan Soal:

Romusha adalah sebuah panggilan bagi orang Indonesia yang dipekerjakan secara paksa pada masa penjajahan Jepang di Indonesia dari tahun 1942 hingga 1945. Kebanyakan romusha adalah petani, dan sejak Oktober 1943 pihak Jepang mewajibkan para petani untuk menjadi romusha. Dampak negatif romusha di Indonesia adalah membuat rakyat sengsara dan mengalami kemiskinan berat, kelaparan, terjangkit penyakit dan kematian, kemudian ada juga praktik perbudakan wanita yang mana banyak wanita Indonesia dijadikan sebagai wanita penghibur bagi tentara Jepang.space

Jadi, romusha sangat merugikan rakyat Indonesia karena mengandung banyak sekali dampak negatif diantaranya: membuat rakyat sengsara dan mengalami kemiskinan berat, kelaparan, terjangkit penyakit dan kematian dan tekanan mental akibat kekerasan yang dilakukan Jepang.space

0

Roboguru

Pendudukan Jepang menyebabkan kehidupan rakyat semakin menderita dan sengsara. Penderitaan dan kesengsaraan pada masa itu tidak lepas dari kebijakan Jepang untuk merekrut massa menjadi ...

Pembahasan Soal:

Masa pendudukan Jepang di Indonesia berlangsung selama kurang lebih 3,5 tahun. Dampak yang dirasakan oleh masyarakat pada masa pendudukan Jepang tidak lebih baik ketimbang masa pendudukan Belanda. Hal tersebut disebabkan oleh sejumlah kebijakan Jepang di Indonesia. Beberapa kebijakan tersebut adalah pelaksanaan Ekonomi Perang, penyerahan wajib hasil panen rakyat kepada Jepang, hingga pengerahan masa dalam sistem kerja paksa romusha.

Romusha adalah sebuah sistem kerja paksa yang dilakukan pada masa kependudukan Jepang di Indonesia. Mayoritas romusha adalah para petani. Dalam sistem kerja paksa romusha, rakyat tidak hanya dipekerjakan di wilayah Indonesia, tetapi ada juga yang dikirim ke Burma hingga Sri Lanka. 

Dengan demikian, penderitaan dan kesengsaraan pada masa itu tidak lepas dari kebijakan Jepang untuk merekrut massa menjadi romusha.

0

Roboguru

Agar banyak orang yang tertarik menjadi romusha, pemerintah militer Jepang memberikan janji berupa ….

Pembahasan Soal:

Pada akhir sidang tanggal 20 Oktober 1943, pihak militer Jepang kemudian mengarahkan Chuo Sangi In untuk mengesahkan beberapa keputusan. Salah satunya adalah keputusan untuk menggerakkan tenaga kerja demi keperluan Perang Asia Timur Raya, yang dikenal dengan romusha. Agar banyak orang yang tertarik menjadi romusha, pemerintah militer Jepang lalu memberikan janji kesejahteraan berupa sandang, papan, dan pangan yang layak. Bahkan, pemerintah militer Jepang juga mengumumkan kalau setiap pekerja romusha akan mendapatkan gaji berupa uang dan beras yang disesuaikan dengan lama masa kerja romusha. Semakin lama bekerja, maka akan semakin besar uang dan beras yang didapatkan. Namun, janji-janji tersebut hanya sekedar iming-iming semata.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Jelaskan pengertian romusha ...

Pembahasan Soal:

Romusha adalah istilah yang menunjuk pada kebijakan yang diterapkan Jepang saat menduduki Indonesia. Kebijakan Romusha ini adalah kebijakan kerja paksa bagi orang-orang Indonesia pada masa penjajahan Jepang. Dalam bahasa aslinya, secara harfiah Romusha bermakna Pekerja atau Buruh. Kebijakan Romusha ini diberlakukan Jepang di Indonesia dari tahun 1942 hingga 1945. Kebanyakan mereka yang menjadi romusha saat itu adalah petani. Tak hanya dipaksa bekerja di Indonesia, banyak di antara petani ini yang juga dikirim ke kawasan Asia tenggara lainnya untuk bekerja sebagai buruh Jepang. Data menyebutkan bahwa total romusha yang dimiliki Jepang berkisar 4 hingga 10 juta jiwa.

Dengan demikian, romusha dalah panggilan bagi orang-orang Indonesia yang dipekerjakan secara paksa pada masa penjajahan Jepang di Indonesia dari tahun 1942 hingga 1945. Kebanyakan romusha adalah petani. Mereka dikirim untuk bekerja di berbagai tempat di Indonesia serta Asia Tenggara.

0

Roboguru

Jelaskan tujuan Romusha!

Pembahasan Soal:

Tujuan Jepang melakukan tanam paksa atau Romusha yaitu, untuk persiapan perang Asia Timur Raya serta memenuhi kebutuhan tentara Jepang. Pada mulanya tugas-tugas yang dilakukan itu bersifat sukarela dan pengerahan tenaga tersebut tidak begitu sukar dilakukan karena orang masih terpengaruh oleh propaganda “untuk kemakmuran bersama Asia Timur Raya”.  Hampir semua pemuda desa dijadikan romusha untuk diperjakan membuat lapangan terbang, tempat pertahanan, jalan, gedung, dll. Bukan hanya di Indonesia saja tetapi mereka banyak yang dikirim ke Birma, Thailand dan Malaysia untuk keperluan yang sama yaitu membuat tempat pertahanan dan memperlancar trasportas Pemerintah jepang terus melancarkan kampanye pengerahan romusha yang diberi sebutan “perajurit ekonomi“ atau “pahlawan kerja“ yang digambarkannya sebagai orang yang sedang menjalani tugas suci guna memenangkan perang Asia Timur Raya. Pada waktu itu pemerintah berhasil mengerahkan romusha keluar jawa sebanyak 300.000 orang, sedangkan sekitar 70.000 orang dalam keadaan yang menyedihkan.

Dengan demikian tujuan Jepang melaksanakan romusha (tanam paksa) yakni untuk persiapan perang Asia Timur Raya serta memenuhi kebutuhan tentara Jepang. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved