Untuk mengakhiri sebuah pidato terdapat bagian penutup pidato. Tuliskan contoh kalimat penutup pidato dengan tema "kerja sama"!

Pertanyaan

    Bapak Ibu guru serta karyawan SD Palapa Yang saya hormati. 

    Tidak terasa sudah 1 tahun saya menjalankan kepercayaan dari Bapak dan Ibu untuk memimpin koperasi karyawan kita. Sudah beberapa tahun kita bersama-sama merasakan manfaat organisasi kecil kita ini perlu kita ingat kembali bahwa tujuan mendirikan koperasi bukan untuk mencari Keuntungan. Koperasi karyawan kita dirikan untuk meningkatkan kesejahteraan bersama. Semua anggota memiliki kesempatan yang sama untuk menikmati hasil atas berkembangnya usaha bersama ini. Bapak dan Ibu kekeluargaan dan kebersamaan adalah modal utama dalam Koperasi ini, peduli terhadap jalannya usaha koperasi menjadi kewajiban setiap anggota bukan hanya tugas ketua atau pengurus. Semua memperoleh kesempatan untuk belajar secara mandiri.
     Kita menetapkan jenis usaha koperasi dan menjalankannya, Pengurus yang melaksanakan anggota yang mengawasi dan memberi masukan. Keuntungan Pribadi tidak diutamakan justru melalui koperasi kita mengasah kepedulian terhadap kebutuhan anggota lain. Sudah 5 tahun berjalan semua keputusan kita tetapkan bersama secara musyawarah, begitupun dengan keuntungan koperasi di tahun ini. Apakah keuntungan tersebut akan dibagikan kepada anggota atau akan dimasukkan kembali sebagai penambahan modal akan kita diskusikan dalam rapat besar hari ini. Bapak dan Ibu rapat besar koperasi tidak hanya untuk anggota namun terbuka untuk semua. Justru saya ingin semua keluarga besar SD Palapa menyaksikan proses musyawarah ini, saya ingin semua menyaksikan bahwa banyak hal yang dapat dipelajari melalui koperasi karyawan. Saya ingin semua merasakan bahwa kesejahteraan bersama dapat diwujudkan melalui kepedulian kekeluargaan serta kebersamaan.
    Bapak dan ibu, saya tentu berharap anggota koperasi terus bertambah, semoga saja suatu saat nanti keluarga besar SD Palapa lengkap ada di dalamnya tak perlu memperhitungkan keuntungan pribadi, tetapi ayo kita bersama mewujudkan kesejahteraan bersama melalui koperasi.space  

Untuk mengakhiri sebuah pidato terdapat bagian penutup pidato. Tuliskan contoh kalimat penutup pidato dengan tema "kerja sama"!space 

N. Hayati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

penutup pidato yang sesuai dengan tema "kerja sama" adalah diharapkan sikap kerja sama selalu tumbuh dalam diri tiap peserta didik. Kerja sama dapat membuat pekerjaan yang berat menjadi ringan, mari tumbuhkan sikap kerja sama dalam diri kita. Dapat kita simpulkan bahwa kerja sama adalah sikap yang mulia dan harus terus kita tanamkan dalam diri. Demikian, pidato yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penyampaiannya. space 

Pembahasan

Sebuah pidato terdiri dari tiga bagian penting yaitu pembukaan, isi dan penutup.Penutup pada pidato merupakan sebuah kalimat yang disusun guna menghasilkan kesimpulan dari isi pidato yang disampaikan. Selain itu penutup juga berarti mengakhiri topik yang dibahas pada saat berpidato.

Lazimnya penutup pada bagian pidato terdapat ucapan permohonan maaf dan terimakasih. Selain itu kalimat yang disampaikan juga berupa sebuah kesimpulan serta penekanan pada suatu hal.

Beberapa bagian dari penutup pada sebuah pidato yang harus diperhatikan.

  1. Harapan. Tiga bagian utama dari sebuah pidato memang harus dibuat dan disampaikan secara urut dan tidak dapat terpisahkan. Urutan tersebut dibuat agar tujuan dari pidato bisa langsung ditransfer dengan baik kepada para audiens. Inilah beberapa bagian dari penutup pada sebuah pidato yang harus diperhatikan.
  2. Imbauan. Kalimat penutup lainnya mengandung unsur himbauan, yaitu sebuah kalimat yang mengajak para audiens untuk bergerak melakukan sesuatu hal yang lebih baik dan bermanfaat bagi sesama. Himbauan ini bersifat mengajak kepada semua audiens agar audiens tergerak pula mengajak para masyarakat ikut serta mencapai suatu tujuan yang bermanfaat.
  3. Kesimpulan. Bagian Kesimpulan merupakan ending dari kalimat pidato yang merupakan inti dari keseluruhan pidato yang telah disampaikan. Kesimpulan ini biasanya berupa pandangan positif pada suatu hal sebagai tujuan untuk menekankan topik dari pidato.
  4. Permohonan maaf. Kalimat permohonan maaf ini sering diucapkan di akhir penutup pidato setelah menyampaikan kesimpulan. Biasanya permohonan maaf ini disampaikan sudah semestinya pada saat berpidato. Karena dengan topik yang disampaikan tidak selalu sempurna, bisa jadi ada kesalahan ucap atau penjabaran saat berpidato yang salah, maka dengan sebuah kata maaf menjadikan maklum jika terjadi.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka penutup pidato terdiri dari harapan, imbauan, kesimpulan, dan permintaan maaf. 

Dengan demikian, penutup pidato yang sesuai dengan tema "kerja sama" adalah diharapkan sikap kerja sama selalu tumbuh dalam diri tiap peserta didik. Kerja sama dapat membuat pekerjaan yang berat menjadi ringan, mari tumbuhkan sikap kerja sama dalam diri kita. Dapat kita simpulkan bahwa kerja sama adalah sikap yang mulia dan harus terus kita tanamkan dalam diri. Demikian, pidato yang dapat saya sampaikan, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penyampaiannya. space 

636

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Penggalan pidato tersebut termasuk bagian dari ....

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia