Roboguru

Untuk memperkuat kedudukannya, PKI melakukan cara...

Pertanyaan

Untuk memperkuat kedudukannya, PKI melakukan cara...

  1. mengadu domba antarorganisasi pergerakan

  2. melakukan infiltrasi dalam tubuh Sarekat Islam

  3. meminta pemerintah Belanda agar PKI diberi status badan hukum

  4. melakukan penyerangan terhadap para tokoh nasionalis sayap kanan

Pembahasan Soal:

Partai Komunis Indonesia (PKI) secara resmi berdiri pada tanggal 23 Mei 1920. Berdirinya PKI tidak terlepas dari ajaran Marxis yang dibawa oleh Sneevliet. Ia bersama teman-temannya seperti Brandsteder, H.W Dekker, dan P. Bergsma, mendirikan Indische Social Democratische Vereeniging (ISDV) di Semarang pada tanggal 4 Mei 1914. Tokoh-tokoh Indonesia yang bergabung dalam ISDV antara lain Darsono, Semaun, Alimin, dan lain-lain. PKI terus berupaya mendapatkan pengaruh dalam masyarakat. Salah satu upaya yang ditempuhnya adalah melakukan infiltrasi dalam tubuh Sarekat Islam.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Corak pergerakan nasional yang menolak kerja sama dengan pemerintah kolonial biasa disebut kelompok ...

Pembahasan Soal:

Pergerakan nasional yang menolak kerjasama dengan pemerintah kolonial biasa disebut kelompok Non-Kooperatif. Maksudnya non kooperatif terhadap pemerintah kolonial belanda, jadi mereka bersikap melawan segala kebijakan belanda, namun mereka cenderung tidak melakukan aksi yang menunjukkan ketidaksukaan mereka terhadap pemerintah belanda, contohnya adalah sarekat islam (SI),Indische Partij, dan PNI. Sarekat Islam ( SI ) non kooperatif karena Tujuan awal dari pendirian SI adalah untuk membantu para pedagang yang kesulitan di bidang Usahanya. Mendukung adanya Volkstraad dan Mereka menentang Kapitalisme. Indische Partij non kooperatif karena Secara terang-terangan menentang Kolonial belanda terutama melalui majalah De Express dan Berdiri untuk memerdekakan Indonesia. PNI non kooperatif karena Dalam bergerak, PNI memiliki trilogi yang lahir dari pendapat Bung Karno sebagai tumpuannya. Trilogi ini yaitu kesadaran nasional, kemauan nasional serta perbuatan nasional. Kegunaan trilogi ini dijadikan pedoman perjuangan pergerakan PNI dalam meraih tujuannya. Sementara itu, tujuan PNI untuk meraih kemerdekaan Indonesia.

 

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.space space

1

Roboguru

PKI merupakan organisasi yang memiliki basis massa cukup besar pada masa pergerakan nasional. Kondisi tersebut terjadi karena....

Pembahasan Soal:

Dalam membangun basis mass, Sneevlit membawa ISDV bersekutu dengan gerakan yang lebih besar dan dapat bertindak menjadi jembatan kepada rakyat Indonesia

0

Roboguru

Ideologi bangsa Indonesia merupakan Pancasila dan tidak sesuai dengan ideologi yang dibawa oleh PKI yaitu …

Pembahasan Soal:

Partai Komunis Indonesia (PKI) adalah partai yang pernah berdiri di Indonesia. Partai ini menganut ideologi komunisme. Partai ini dibentuk pada tanggal 23 Mei 1914 yang dipelopori oleh Henk Sneevliet. Pada awalnya, partai ini bernama Indies Social Democratic Association atau dalam Bahasa Belanda Indische Sociaal Democratische Vereeniging (ISDV) sebelum berganti nama menjadi Partai Komunis Indonesia pada tahun 1924.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

0

Roboguru

Apa itu PKI?

Pembahasan Soal:

Organisasi yang merupakan kelanjutan dari organisasi Indische Sociaal Democratische Vereniging (ISDV). ISDV berdiri pada 9 Mei 1914 atas prakarsa Sneevliet. Tokoh-tokohnya antara lain Semaun, Darsono. Dengan memperhatikan perkembangan politik, setelah melalui serangkaian pembahasan, maka pada saat kongres yang ke-7 nama ISDV diubah menjadi Perserikatan Komunis di Hindia, dan dipertegas pada tanggal 23 Mei 1920 menjadi Partai Komunis Hindia. Kemudian pada bulan Desember 1920 diubah dengan wajah ke-Indonesiaan yakni menjadi Partai Komunis Indonesia (PKI).

Dengan demikian PKI merupakan Partai Komunis Indonesia.

0

Roboguru

Pemimpin PKI saat pertama kali di bentuk adalah ...

Pembahasan Soal:

Partai Komunis Indonesia (PKI) adalah sebuah organisasi partai politik di masa pergerakan nasional Indonesia, proklamasi kemerdekaan Indonesia, Indonesia era demokrasi liberal, dan Indonesia era demokrasi terpimpin. Partai politik ini berakar dari sebuah organisasi politik bentukan seorang Belanda bernama Henk Sneevliet yaitu Indische Sociaal-Democratische Vereeniging (ISDV) pada tahun 1904. ISDV yang menyusupi organisasi Sarekat Islam (SI) membuat beberapa kader yang simpatik dengan pergerakan sosialis mendirikan cikal bakal PKI di tahun 1924. Kader Sarekat Islam (SI) yang bersimpati dan sekaligus menjadi ketua PKI pertama adalah Semaun. Sebelum bergabung dengan PKI, pada tanggal 6 Mei 1917, dia terpilih menjadi ketua SI Semarang. Semaun berhasil meningkatkan jumlah anggota SI Semarang dalam waktu setahun saja. Dari 1.700 anggota pada 1916 menjadi 20.000 orang pada 1917. Namun, karena dianggap radikal Semaun dikeluarkan dari Sarekat Islam. Pada akhirnya, Semaun terpilih menjadi ketua Partai Komunis Indonesia (PKI) pada 1920. Pada musim gugur 1921, dia berangkat ke Uni Soviet untuk menghadiri kongres Komunis Internasional ketiga.

Dengan demikian, pemimpin PKI saat pertama kali dibentuk adalah Semaun.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved