Iklan

Iklan

Pertanyaan

Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi suatu negara, setiap negara menjalin kerjasama ekonomi dengan negara lain. Berikut ini adalah contoh kerjasama ekonomi yang dilakukan dalam satu kawasan/region, yaitu ....

Untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi suatu negara, setiap negara menjalin kerjasama ekonomi dengan negara lain. Berikut ini adalah contoh kerjasama ekonomi yang dilakukan dalam satu kawasan/region, yaitu .... 

  1. WTO dan MEAundefined 

  2. APEC dan WTOundefined 

  3. AFTA dan MEEundefined 

  4. MEA dan MEEundefined 

Iklan

M. Makhrisza

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pertahanan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah poin C.

jawaban yang tepat adalah poin C.undefined 

Iklan

Pembahasan

Kerjasama ekonomi internasional adalah hubungan antara suatu negara dengan negara lainnya dalam bidang ekonomi melalui kesepakatan-kesepakatan tertentu dan memiliki prinsip saling menguntungkan bagi negara-negara yang terlibat. Terdapat 5 bentuk kerjasama ekonomi internasional, yang dibagi berdasarkan letak geografis dan berdasarkan jumlah negara peserta. Berdasarkan letak geografis, terdapat 3 bentuk kerjasama yaitu kerjasama ekonomi regional, antar regional, dan internasional . Berdasarkan jumlah negara yang terlibat, hanya terdapat 2 bentuk kerjasama, yaitu kerjasama ekonomi bilateral dan kerjasama ekonomi multilateral . Kerjasama ekonomi regional merupakan kerjasama ekonomi internasional antara negara-negara yang berada dalam satu wilayah tertentu, misalnya: MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) untuk kawasan Asia Tenggara dan MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa) untuk negara di kawasan Eropa. Jadi, jawaban yang tepat adalah poin C.

Kerjasama ekonomi internasional adalah hubungan antara suatu negara dengan negara lainnya dalam bidang ekonomi melalui kesepakatan-kesepakatan tertentu dan memiliki prinsip saling menguntungkan bagi negara-negara yang terlibat. Terdapat 5 bentuk kerjasama ekonomi internasional, yang dibagi berdasarkan letak geografis dan berdasarkan jumlah negara peserta.

Berdasarkan letak geografis, terdapat 3 bentuk kerjasama yaitu kerjasama ekonomi regional, antar regional, dan internasional. Berdasarkan jumlah negara yang terlibat, hanya terdapat 2 bentuk kerjasama, yaitu kerjasama ekonomi bilateral dan kerjasama ekonomi multilateral.

Kerjasama ekonomi regional merupakan kerjasama ekonomi internasional antara negara-negara yang berada dalam satu wilayah tertentu, misalnya: MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) untuk kawasan Asia Tenggara dan MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa) untuk negara di kawasan Eropa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah poin C.undefined 

Latihan Bab

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Kerja Sama Ekonomi Internasional

Bentuk Kerja Sama Ekonomi Internasional

Lembaga Kerja Sama Ekonomi Internasional

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

150

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan macam-macam kerja sama ekonorni di dunia!

26

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia