Untuk membuat teks biografi yang baik dan digemari oleh pembaca, maka harus memperhatikan …. teks biografi.

Pertanyaan

Untuk membuat teks biografi yang baik dan digemari oleh pembaca, maka harus memperhatikan …. teks biografi.undefined 

  1. Strukturundefined 

  2. Kebahasaanundefined 

  3. Sturktur dan kebahasaanundefined 

  4. Unsur-unsur pembangunanundefined 

M. Rozalina

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Jambi

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.undefined 

Pembahasan

Setiap jenis teks akan dibangun atau disusun dengan struktur yang berbeda. Agar teks dapat ditulis dengan jelas dan benar, maka penulis harus memahami struktur yang biasa digunakan alias pakem dalam teks ini. Teks biografi memiliki struktur yang terdiri dari orientasi, urutan peristiwa kehidupan tokoh, dan reorientasi.

  1. Orientasi
    Dalam teks biografi diawali orientasi dimulai dengan orientasi yang memberi pengenalan tokoh secara umum, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga serta riwayat pendidikan.
  2. Peristiwa dan masalah
    Pada struktur teks biografi selajutnya mengenai urutan strukur kehidupan tokoh yang akan ditulis. Pada bagian tersebut akan dijelaskan mengenai suka duka yang dialami tokoh dan bagaimana bisa menjadi seperti sekarang ini. 
  3. Reorientasi
    Reorientasi merupakan bagian akhir pada teks biografi. Di mana berisikan mengenai pandangan atau kesimpulan penulis terhadap tokoh tersebut. Bagian reorientasi sifatnya opsional, artinya boleh ada dan boleh tidak ada.

Teks biografi juga mengandung unsur-unsur kebahasaan diantaranya:

  • Kata hubung
    Kata hubung merupakan kata yang memiliki fungsi sebagai penghubung satu kata dengan kata lain. Dengan keberadaan kata hubung akan membuat kalimat menjadi enak saat dibaca. Dalam kata hubung dibagi menjadi dua, yakni konjungsi intrakalimat dan konjungsi antarkalimat. Konjungsi intrakalimat adalah penghubung yang berfungsing untuk menyambung satu klausa dengan klausa lain yang masih ada di dalam sebuah kalimat. Konjungsi antarkalimat adalah konjungsi yang menghubungkan satu kalimat dengan kalimat lain dan dipisah oleh titik.
  • Rujukan kata
    Rujukan kata adalah kata yang merujuk pada pada sesuatu yang sudah disebutkan sebelumnya. Rujukan kata memiliki fungsi agar penulis tidak mengulang-ulang sebuah kata yang sama.
  • Penanda waktu, tempat dan cara
    Pada teks biografi terdapat kata yang berfungsi menunjukkan peristiwa, waktu, dan tempat. Penanda bisa memberikan variasi dalam membuat teks biografi yang tidak membosankan bagi pembaca.
  • Kata kerja
    - Kata kerja tindakan, digunakan untuk menjelaskan perbuatan fisik yang dilakukan tokoh. Contohnya menulis, melakukan, berdagang, dan lain sebagainya.
    - Kata deskriptif, digunakan untuk memberikan informasi secara terperinci mengenai sifat tokoh. Contohnya, gigih, berani, kreatif, dan lain sebagainya.
    - Kata kerja pasif, ditujuan untuk menjelaskan peristiwa yang dialami tokoh sebagai subjek yang diceritakan. Contohnya dicintai, diberi, dihormati.
    - Menggunakan kata kerja mental, digunakan sebagai penggambaran peran tokoh.

Jadi, untuk membuat teks biografi yang baik dan digemari oleh pembaca, maka harus memperhatikan struktur dan kebahasaan teks biografi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

20rb+

4.8 (13 rating)

Meesy Findu

Ini yang aku cari!

Pertanyaan serupa

Menelaah isi biografi dilakukan dengan mengidentifikasi ciri teks biografi, struktur dan ... (cara penyajian karakter, cara menuliskan biodata, cara membaca teks).

1rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia