Roboguru

Untuk memahami teks eksposisi lebih dalam, berikut ini disajikan teks model eksposisi tentang peningkatan minat baca dan pemberantasan buta aksara. Peningkatan Minat Baca dan Pemberantasan Buta Aksara Minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan dan buta aksara harus terus diberantas. Peningkatan minat baca perlu dilakukan karena pada masa perkembangan teknologi, masyarakat banyak disuguhi informasi di berbagai media. Media itu harus dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan. Upaya itu dilakukan karena kita tahu bahwa minat baca masyarakat masih rendah. Bahkan, kemahiran membaca siswa di sekolah, terutama di beberapa sekolah terpencil masih rendah. Menurut Badan Pusat Statistik Republik Indonesia pada tahun 2011, penduduk Indonesia yang berumur 10 tahun ke atas yang buta aksara sekitar 17,89 persen dan jumlah tertinggi di Papua sekitar 40,59 persen. Pada saat ini banyak jenis hiburan, permainan (game) dan tayangan televisi mengalihkan perhatian anak dan orang dewasa dari buku. Di samping itu, sarana buku di berbagai perpustakaan masih kurang jumlahnya dan buku-buku itu kurang bervariasi sehingga anak-anak kurang berminat membaca. Sementara itu, buku adalah sumber pengetahuan, seperti semboyan “buku jendela ilmu” dan “baca buku, buka dunia”. Dengan membaca buku, kita akan memperoleh pengetahuan. Oleh sebab itu, membaca dapat memperbaiki kehidupan. Untuk itu, usaha peningkatkan minat baca dan pemberantasan buta aksara ini perlu didukung terus sehingga taraf hidup masyarakat akan meningkat. Diolah dari sumber http://www.slideshare.net.rendahnya minat baca Mengapa buku dikatakan jendela ilmu?

Pertanyaan

Untuk memahami teks eksposisi lebih dalam, berikut ini disajikan teks model eksposisi tentang peningkatan minat baca dan pemberantasan buta aksara.


Peningkatan Minat Baca dan Pemberantasan Buta Aksara

  1. Minat baca masyarakat Indonesia harus ditingkatkan dan buta aksara harus terus diberantas. Peningkatan minat baca perlu dilakukan karena pada masa perkembangan teknologi, masyarakat banyak disuguhi informasi di berbagai media. Media itu harus dimanfaatkan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan.
  2. Upaya itu dilakukan karena kita tahu bahwa minat baca masyarakat masih rendah. Bahkan, kemahiran membaca siswa di sekolah, terutama di beberapa sekolah terpencil masih rendah. Menurut Badan Pusat Statistik Republik Indonesia pada tahun 2011, penduduk Indonesia yang berumur 10 tahun ke atas yang buta aksara sekitar 17,89 persen dan jumlah tertinggi di Papua sekitar 40,59 persen. Pada saat ini banyak jenis hiburan, permainan (game) dan tayangan televisi mengalihkan perhatian anak dan orang dewasa dari buku. Di samping itu, sarana buku di berbagai perpustakaan masih kurang jumlahnya dan buku-buku itu kurang bervariasi sehingga anak-anak kurang berminat membaca.
  3. Sementara itu, buku adalah sumber pengetahuan, seperti semboyan “buku jendela ilmu” dan “baca buku, buka dunia”. Dengan membaca buku, kita akan memperoleh pengetahuan. Oleh sebab itu, membaca dapat memperbaiki kehidupan. Untuk itu, usaha peningkatkan minat baca dan pemberantasan buta aksara ini perlu didukung terus sehingga taraf hidup masyarakat akan meningkat.

Diolah dari sumber http://www.slideshare.net.rendahnya minat baca


Mengapa buku dikatakan jendela ilmu?undefined 

  1. ...undefined 

  2. ...undefined 

Pembahasan Soal:

Buku adalah sumber pengetahuan, seperti dalam semboyan “buku jendela ilmu” dan “baca buku, buka dunia”. Banyak informasi yang bisa kita dapat dari buku. Berbagai ilmu di dunia ini bisa kita cari sumbernya dalam buku. Dengan membacanya, kita akan mendapatkan pengetahuan serta wawasan yang bermanfaat untuk kehidupan.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Indah

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan bacaan berikut! Hutan merupakan anugerah Tuhan yang harus dijaga. Hutan sangat penting bagi kehidupan manusia. Hutan dapat menyimpan banyak air. Hutan juga membantu sirkulasi dan metabolis...

0

Roboguru

Kalimat utama paragraf pertama pada teks tersebut terdapat pada nomor ....

0

Roboguru

Pokok pikiran pada teks tersebut adalah ....

0

Roboguru

Ide pokok paragraf di atas adalah ...

0

Roboguru

Tulislah kalimat utama dari paragraf 4 pada teks di atas!

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved