Iklan

Iklan

Pertanyaan

Untuk melakukan klasifikasi pada hewan invertebrataperlu diperhatikan hal-hal berikut ini, kecuali ….

Untuk melakukan klasifikasi pada hewan invertebrata perlu diperhatikan hal-hal berikut ini, kecuali ….space 

  1. Simetris tubuhspace 

  2. Warna eksoskeletonspace 

  3. Rangka luarspace 

  4. Tentakel dan antenaspace 

  5. Segmentasi tubuhspace 

Iklan

F. Haris

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah B.

pilihan jawaban yang tepat adalah B.space 

Iklan

Pembahasan

Dalam klasifikasi hewan, baik vertebrata dan invertebrata, banyak sekali faktor yang perlu diperhatikan. Namun faktor yang paling sering diperhatikan adalah dari segi morfologi (bentuk luar) tubuh. Beberapa bagian morfologi yang sering diperhatikan antara lain: Simetri tubuh Kelompok invertebrata ada yang memiliki simetri tubuh Bilateral yang artinya tubuh dapat dibagi menjadi sisi depan, belakang, atas, bawah, kanan , dan kiri seperti contohnya pada kelompok filum Platyhelminthes, Molusca, atau Arthropoda. Adapula yang memiliki simetri tubuh Radial yang tidak bisa dibedakan sisi tubuhnya, seperti pada filum Porifera. Rangka luar (eksoskeleton) Rangka luar (eksoskeleton) adalah struktur keras seperti tulang yang melindungi seluruh bagian luar tubuh, biasanya tersusun atas zat kitin. Ada kelompok invertebrata yang memiliki eksoskeleton seperti kelompok filum Arthropoda, dan ada pula yang tidak memilikinya seperti kelompok cacing (filum Platyhelminthes, Nematoda, dan Annelida). Tentakel dan antena Tentakel biasanya digunakan untuk alat pergerakan atau pun sebagai penangkap mangsa seperti pada kelompok filum Cnidaria dan filum Molusca kelas Cephalopoda. Antena biasanya digunakan untuk mendeteksi keadaan lingkungan sekitar, seperti yang dimiliki oleh mayoritas kelompok filum Arthropoda. Segmentasi tubuh Terdapat kelompok invertebrata yang memiliki segmentasi tubuh dimana tubuhnya dapat dibagi menjadi beberapa bagian, seperti pada filum Platyhelminthes, Annelida, dan Arthropoda. Adapula kelompok invertebrata yang tidak memiliki segmentasi tubuh seperti pada kelompok filum Nematoda. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Dalam klasifikasi hewan, baik vertebrata dan invertebrata, banyak sekali faktor yang perlu diperhatikan. Namun faktor yang paling sering diperhatikan adalah dari segi morfologi (bentuk luar) tubuh. Beberapa bagian morfologi yang sering diperhatikan antara lain:

  1. Simetri tubuh
    Kelompok invertebrata ada yang memiliki simetri tubuh Bilateral yang artinya tubuh dapat dibagi menjadi sisi depan, belakang, atas, bawah, kanan , dan kiri seperti contohnya pada kelompok filum Platyhelminthes, Molusca, atau Arthropoda. Adapula yang memiliki simetri tubuh Radial yang tidak bisa dibedakan sisi tubuhnya, seperti pada filum Porifera.
  2. Rangka luar (eksoskeleton)
    Rangka luar (eksoskeleton) adalah struktur keras seperti tulang yang melindungi seluruh bagian luar tubuh, biasanya tersusun atas zat kitin. Ada kelompok invertebrata yang memiliki eksoskeleton seperti kelompok filum Arthropoda, dan ada pula yang tidak memilikinya seperti kelompok cacing (filum Platyhelminthes, Nematoda, dan Annelida).
  3. Tentakel dan antena
    Tentakel biasanya digunakan untuk alat pergerakan atau pun sebagai penangkap mangsa seperti pada kelompok filum Cnidaria dan filum Molusca kelas Cephalopoda. Antena biasanya digunakan untuk mendeteksi keadaan lingkungan sekitar, seperti yang dimiliki oleh mayoritas kelompok filum Arthropoda.
  4. Segmentasi tubuh
    Terdapat kelompok invertebrata yang memiliki segmentasi tubuh dimana tubuhnya dapat dibagi menjadi beberapa bagian, seperti pada filum Platyhelminthes, Annelida, dan Arthropoda. Adapula kelompok invertebrata yang tidak memiliki segmentasi tubuh seperti pada kelompok filum Nematoda.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space 

Latihan Bab

Klasifikasi Animalia

Porifera

Cnidaria dan Ctenophora

Plathyhelminthes

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9rb+

Malya Bunga

Bantu banget

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan gambar cacing berikut! Tuliskan nama filum hewan A dan B!

36

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia