Iklan

Iklan

Pertanyaan

Untuk dapat memahami peta kuno, peneliti sejarah memerlukan ilmu bantu yaitu ...

Untuk dapat memahami peta kuno, peneliti sejarah memerlukan ilmu bantu yaitu ...

  1. kartografi

  2. epigrafi

  3. etnografi

  4. historiografi

  5. paleografi

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

ia dapat mempermudahsejarawan dalam memahami dan menafsirkan suatupeta kuno.

ia dapat mempermudah sejarawan dalam memahami dan menafsirkan suatu peta kuno.

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah A. Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut: Sumber sejarah adalah suatu hal yang sangat penting dalam merekonstruksi peristiwa sejarah. Sumber sejarah merupakan segala jejak yang ditinggalkan dari peristiwadan tentunya memiliki nilai informasi berharga terkait dengan objek yang direkonstruksi. Karena sejarawan dihadapkan dengan ragam jejak masa lalu, maka sulit baginya untuk mengkaji sumber-sumber itu bila hanya mengandalkan ilmu sejarah. Keterbatasan sejarawan menjangkau semua sumber-sumber itu membuatnya harus mencari alternatif lain yang dapat memudahkan pekerjaan rekonstruksinya. Salah satu sumber sejarah yang berguna dalam merekonstruksi suatu peristiwaialah peta kuno. Untuk mengkaji peta kuno, sejarawan memerlukan bantuan ilmu kartografi yang merupakan ilmu pembuatan peta. Kartografi mempunyai lingkup operasional dimulai dari pengumpulan data, klasifikasi, analisa data, reproduksi peta, sampai denganevaluasi dan penafsiran peta. Sehingga, ia dapat mempermudahsejarawan dalam memahami dan menafsirkan suatupeta kuno.

Jawaban yang tepat dari pertanyaan diatas adalah A.

Untuk lebih detailnya, yuk pahami penjelasan berikut:

Sumber sejarah adalah suatu hal yang sangat penting dalam merekonstruksi peristiwa sejarah. Sumber sejarah merupakan segala jejak yang ditinggalkan dari peristiwa dan tentunya memiliki nilai informasi berharga terkait dengan objek yang direkonstruksi. Karena sejarawan dihadapkan dengan ragam jejak masa lalu, maka sulit baginya untuk mengkaji sumber-sumber itu bila hanya mengandalkan ilmu sejarah.

Keterbatasan sejarawan menjangkau semua sumber-sumber itu membuatnya harus mencari alternatif lain yang dapat memudahkan pekerjaan rekonstruksinya. Salah satu sumber sejarah yang berguna dalam merekonstruksi suatu peristiwa ialah peta kuno. Untuk mengkaji peta kuno, sejarawan memerlukan bantuan ilmu kartografi yang merupakan ilmu pembuatan peta. Kartografi mempunyai lingkup operasional dimulai dari pengumpulan data, klasifikasi, analisa data, reproduksi peta, sampai dengan evaluasi dan penafsiran peta. Sehingga, ia dapat mempermudah sejarawan dalam memahami dan menafsirkan suatu peta kuno.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Titik temu antara ilmu sejarah dan ilmu sosial terletak pada subjek kajiannya, yaitu ...

18

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia