Pertanyaan

Unsur-unsur yang memiliki nilai afinitas elektron positif terletak pada golongan ...

Unsur-unsur yang memiliki nilai afinitas elektron positif terletak pada golonganspace...

  1. alkali dan alkalispacetanah

  2. alkali danspacealuminium

  3. alkali tanah dan gasspacemulia

  4. alkali tanah danspacealuminium

  5. aluminium dan gasspacemulia

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah C.

jawaban yang benar adalahspaceC.

Pembahasan

Afinitas elektron adalah energi yang menyertai proses penambahan satu elektron pada satu atom netral dalam wujud gas, sehingga terbentuk ion bermuatan Dari sifat ini dapat disimpulkan bahwa: Dalam satu golongan, afinitas elektron cenderung berkurang dari atas ke bawah. Dalam satu periode, afinitas elektron cenderung bertambah dari kiri ke kanan. Kecuali unsur alkali tanah dan gas mulia, semua unsur golongan utama mempunyai afinitas elektron bertanda negatif. Afinitas elektron terbesar dimiliki oleh golongan halogen. Pengecualian ini disebabkan oleh konfigurasi elektron valensi dari unsur yang terlibat. Sebuah elektron yang ditambahkan ke unsur Golongan IIA (alkali tanah) harus berakhir dalam orbital berenergi lebih tinggi, di mana ia secara efektif dilindungi oleh elektron dan karena itu mengalami tarikan yang lebih lemah terhadap inti. Oleh karena itu, ia memiliki afinitas elektron yang lebih rendah daripada unsur golongan IA yang sesuai. Golongan VIIIA (gas mulia) memiliki muatan inti efektif tinggi, mereka memiliki afinitas elektron yang sangat rendah (nol atau nilai negatif). Alasannya adalah bahwa elektron yang ditambahkan ke atom dengan konfigurasi harus memasuki orbital dimana ia terlindungi dengan baik oleh elektron inti dan hanya akan sangat lemah tertarik oleh inti. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Afinitas elektron adalah energi yang menyertai proses penambahan satu elektron pada satu atom netral dalam wujud gas, sehingga terbentuk ionspacebermuatan – 1. Dari sifat ini dapat disimpulkan bahwa:

  1. Dalam satu golongan, afinitas elektron cenderung berkurang dari atas kespacebawah.
  2. Dalam satu periode, afinitas elektron cenderung bertambah dari kiri kespacekanan.
  3. Kecuali unsur alkali tanah dan gas mulia, semua unsur golongan utama mempunyai afinitas elektron bertanda negatif. Afinitas elektron terbesar dimiliki oleh golonganspacehalogen.

Pengecualian ini disebabkan oleh konfigurasi elektron valensi dari unsur yang terlibat. Sebuah elektron yang ditambahkan ke unsur Golongan IIA (alkali tanah) harus berakhir dalam orbital np berenergi lebih tinggi, di mana ia secara efektif dilindungi oleh elektron ns squared dan karena itu mengalami tarikan yang lebih lemah terhadap inti. Oleh karena itu, ia memiliki afinitas elektron yang lebih rendah daripada unsur golongan IA yang sesuai. 

Golongan VIIIA (gas mulia) memiliki muatan inti efektif tinggi, mereka memiliki afinitas elektron yang sangat rendah (nol atau nilai negatif). Alasannya adalah bahwa elektron yang ditambahkan ke atom dengan konfigurasi ns squared space np to the power of 6 harus memasuki orbital left parenthesis n plus 1 right parenthesis dimana ia terlindungi dengan baik oleh elektron inti dan hanya akan sangat lemah tertarik oleh inti. 

Jadi, jawaban yang benar adalahspaceC.

947

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan kecenderungan sifat-sifat periodik unsur berdasarkan dari sifat kepribadian unsur!

4rb+

3.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia