Roboguru

Unsur-unsur interpretasi apakah yang digunakan untuk mengidentifikasi objek lapangan sepak bola dengan foto udara hitam putih ?

Pertanyaan

Unsur-unsur interpretasi apakah yang digunakan untuk mengidentifikasi objek lapangan sepak bola dengan foto udara hitam putih ? 

  1. bentuk, ukuran, asosiasi, dan bayangan 

  2. ukuran, asosiasi, bayangan, dan letak 

  3. asosiasi, bayangan, letak, dan rona 

  4. bayangan, letak, rona, dan tekstur 

  5. rona, tekstur, pola, dan bentuk 

Pembahasan Soal:

Unsur interpretasi citra udara terdiri atas, yaitu rona atau warna, ukuran, bentuk, tekstur, pola, tinggi, bayangan, situs, dan asosiasi.Objek lapangan sepak bola dapat diidentifikasi melalui bentuknya yaitu segiempat, dengan ukuran sekitar 90-100 m, tesktur halus karena terdiri dari rerumputan,serta asosiasi yang ditunjukkan dengan adanya gawang.

Berdasarkan penjelasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan.   Pada foto udara skala 1:15.000 dan peta tematik yang juga berskala 1 : 15.000, mempunyai kenampakan yan...

Pembahasan Soal:

Pada foto udara skala 1:15.000 dan peta tematik yang juga berskala 1 : 15.000, mempunyai kenampakan yang sama. Skala pada foto udara dan peta tematik berbeda. Skala pada foto udara lebih kecil, tergantung pada ketinggian pemotretan. Maka kalimat pernyataan tidak tepat. Kemudian kalimat sebab tepat karena dalam foto udara terekam berbagai kenampakan di muka bumi. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Pembeda utama interpretasi foto udara antara ladang dan sawah adalah pada rona, tekstur, dan pola. SEBAB ...

Pembahasan Soal:

Interpretasi foto udara pada suatu objek harus diidentifikasi berdasarkan melalui beberapa unsur sehingga dapat dibedakan antara objek satu dengan yang lain. Misal interpretasi objek ladang dan sawah, dalam interpretasinya kedua objek tersebut memiliki pembeda utama yaitu rona, tekstur, dan pola. Interpretasi rona pada ladang terlihat lebih cerah sedangkan rona pada sawah tergantung pada umur padi. Interpretasi tekstur pada ladang terlihat lebih kasar, sedangkan sawah akan terlihat halus.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pernyataan pembeda utama interpretasi foto udara antara ladang dan sawah adalah pada rona, tekstur, dan pola merupakan pernyataan yang benar. Alasan rona pada ladang tampak lebih cerah, tekstur lebih halus, dan pola tidak teratur merupakan alasan yang salah.

Jadi, jawaban yang benar adalah C. 

0

Roboguru

lnterpretasi citra penginderaan jauh melalui aspek rona dan warna, dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal, yaitu .... Mengetahui produksi padi pada satuan luas sawah tertentu. Mengetahui jumlah kel...

Pembahasan Soal:

Proses interpretasi citra penginderaan jauh membutuhkan aspek rona dan warna. Rona adalah tingkat kegelapan atau kecerahan objek pada citra. Karakteristik objek yang memengaruhi rona antara lain permukaan yang kasar, warna objek yang gelap, dan objek yang masih basah atau lembap cenderung menimbulkan rona gelap. Contoh interpretasi objek melalui aspek rona dan warna adalah dapat mengetahui produksi padi pada satuan luas sawah tertentu, mengetahui jumlah kelapa sawit dalam satuan luas kebun tertentu dan mengetahui luas genangan banjir.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka interpretasi citra penginderaan jauh melalui aspek rona dan warna, dapat dimanfaatkan untuk beberapa hal, yaitu mengetahui produksi padi pada satuan luas sawah tertentu, mengetahui jumlah kelapa sawit dalam satuan luas kebun tertentu dan mengetahui luas genangan banjir.

Jadi, jawaban yang benar adalah A. 

0

Roboguru

Teknik interpretasi foto udara untuk memperoleh data lapangan harus memperhatikan .... Bentuk Rona Pola Tekstur

Pembahasan Soal:

Interpretasi citra merupakan proses mengkaji foto udara atau citra dengan maksud untuk mengidentifikasi dan menilai arti penting sebuah objek, sehingga diperoleh data lapangan. Teknik yang perlu diperhatikan dalam mengamati ketampakan objek dalam foto udara, yaitu sebagai berikut.

  1. rona,
  2. warna,
  3. bentuk,
  4. ukuran,
  5. tekstur,
  6. pola,
  7. bayangan,
  8. situs,
  9. asosiasi, dan
  10. konvergensi bukti.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Kunci interpretasi citra: Rona Bentuk Tekstur Bayangan Tugu Monas pada citra resolusi spasial menengah hanya terlihat seperti titik yang kurang jelas karena warnanya putih sama dengan dasarnya...

Pembahasan Soal:

Menara suatu bangunan terlihat jelas dari bayangannya. Monumen Nasional (Monas) terlihat lebih jelas pada foto udara karena ada bayangannya yang tampak.

Jadi, jawaban yang benar adalah D. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved