Iklan

Iklan

Pertanyaan

Unsur-unsur halogen A , B , C , dan D yang terletak dalam satu golongan mempunyai sifat-sifat sebagai berikut. Unsur A pada temperatur kamar berwujud padat, unsur B cair, dan unsur-unsur C serta D berwujud gas. Unsur D dapat mendesak B dari senyawanya. Ion-ion unsur A dan B dengan ion Ag + memberi endapan kuning. Ion unsur C dengan ion memberi endapan putih, sedangkan ion unsur D tidak memberi endapan. Urutan yang benar unsur-unsur tersebut dari atas ke bawah dalam tabel periodik adalah ....

Unsur-unsur halogen A, B, C, dan D yang terletak dalam satu golongan mempunyai sifat-sifat sebagai berikut.

  1. Unsur A pada temperatur kamar berwujud padat, unsur B cair, dan unsur-unsur C serta D berwujud gas.
  2. Unsur D dapat mendesak B dari senyawanya.
  3. Ion-ion unsur A dan B dengan ion  memberi endapan kuning. Ion unsur C dengan ion Ag to the power of plus sign memberi endapan putih, sedangkan ion unsur D tidak memberi endapan.

Urutan yang benar unsur-unsur tersebut dari atas ke bawah dalam tabel periodik adalah .... space 

  1. C, B, A, Dspace 

  2. A, C, B, D  space 

  3. B, C, A, D space 

  4. D, C, B, A space 

  5. D, A, C, B space 

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.

jawaban yang benar adalah D.space 

Iklan

Pembahasan

Unsur halogen merupakan unsur golongan VIIA dalam tabel periodik yang terdiri dari unsur F (fluorin), Cl (klorin), Br (bromin), I (iodin). Unsur-unsur golongan halogen dalam suhu kamar memiliki perbedaan wujud. Unsur F dan Cl berwujud gas, unsur Br cair, dan unsur I padat. Dengan demikian, unsur A adalah I, unsur B adalah Br, unsur C dan D antara F dan Cl. (Pernyataan 1) Ion unsur C dengan ion memberi endapan putih artinya unsur C adalah Cl. Ion bereaksi dengan ion membentuk endapan AgCl berwarna putih. Sedangkan unsur D adalah F karena ion jika direaksikan dengan akan menghasilkan AgF yang larut dalam air / tidak memberi endapan. (Pernyataan 3) Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa unsur A adalah I, unsur B adalah Br, unsur C adalah Cl, dan unsur D adalah F. Oleh karena itu, urutan yang benar unsur-unsur tersebut dari atas ke bawah dalam tabel periodik yaitu D, C, B, A . Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Unsur halogen merupakan unsur golongan VIIA dalam tabel periodik yang terdiri dari unsur F (fluorin), Cl (klorin), Br (bromin), I (iodin).

  • Unsur-unsur golongan halogen dalam suhu kamar memiliki perbedaan wujud. Unsur F dan Cl berwujud gas, unsur Br cair, dan unsur I padat. Dengan demikian, unsur A adalah I, unsur B adalah Br, unsur C dan D antara F dan Cl. (Pernyataan 1)
  • Ion unsur C dengan ion Ag to the power of plus sign memberi endapan putih artinya unsur C adalah Cl. Ion Cl to the power of minus sign bereaksi dengan ion Ag to the power of plus sign membentuk endapan AgCl berwarna putih. Sedangkan unsur D adalah F karena ion F to the power of minus sign jika direaksikan dengan Ag to the power of plus sign akan menghasilkan AgF yang larut dalam air / tidak memberi endapan. (Pernyataan 3)

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa unsur A adalah I, unsur B adalah Br, unsur C adalah Cl, dan unsur D adalah F. Oleh karena itu, urutan yang benar unsur-unsur tersebut dari atas ke bawah dalam tabel periodik yaitu D, C, B, A.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

10

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sifat berikut tidak dimiliki oleh golongan halogen yaitu .…

12

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia