Roboguru

Unsur resensi yang menonjol dalam penggalan resens...

Unsur resensi yang menonjol dalam penggalan resensi tersebut adalah ....undefined 

  1. penokohanundefined 

  2. sudut pandangundefined 

  3. alurundefined 

  4. temaundefined 

  5. latarundefined 

Jawaban:

Unsur intrinsik novel: 

  1. Tema. Tema adalah ide atau gagasan utama dari novel. Tema mengandung gambaran luas mengenai kisah yang akan diangkat sebagai ceritanya, sehingga sangat penting untuk memilih tema yang tepat sebelum memulai membuat sebuah novel. Sebab tema yang bagus akan menghasilkan cerita yang bagus pula.
  2. Tokoh dan penokohan. Tokoh merupakan pemeran atau seseorang yang menjadi pelaku dalam cerita novel. Sedang penokohan atau karakterisasi merupakan watak atau sifat dari tokoh yang ada dalam cerita novel tersebut.
  3. Alur. Alur (Plot) merupakan serangkaian peristiwa-peristiwa yang membentuk sebuah jalannya cerita pada novel. Alur dibagi menjadi 3 macam, yaitu alur maju, alur mundur, dan alur campuran.
  4. Latar. Latar atau setting yaitu tempat dan waktu yang melatarbelakangi terjadinya kejadian dan peristiwa dalam cerita. Latar atau setting ini merupakan salah satu unsur pembangun novel yang penting untuk menciptakan suasana dalam cerita. Latar atau setting terdiri dari beberapa macam, di antaranya: latar waktu, tempat, suasana, dan sosial budaya.
  5. Sudut pandang merupakan cara pandang pengarang dalam menempatkan dirinya pada cerita atau cara pengarang menempatkan dirinya dalam cerita. Sudut pandang ini dapat dibedakan menjadi sudut pandang orang pertama dan sudut pandang orang ketiga. 
  6. Gaya bahasa. Gaya bahasa adalah suatu corak dalam pemilihan bahasa yang digunakan oleh penulis di dalam cerita novel. Gaya bahasa ini berguna untuk menciptakan suasana atau nada untuk mengajak. Selain itu juga dapat berguna untuk merumuskan dialog yang bisa menggambarkan hubungan atau interaksi yang dilakukan oleh tokoh-tokoh dalam cerita.
  7. Amanat. Amanat merupakan pesan dari pengarang ke pada pembacanya yang terkandung di dalam cerita novel. Dalam menyampaikan maksud pesannya, sang penulis biasanya mengungkapkannya secara tersirat ataupun tersurat.

Kutipan di atas paling menonjol membicarakan tentang sudut pandang pengarang. Hal ini terlihat dari kalimat-kalimat Pengarang menceritakan segala perasaan dan pengalamannya semasa kecil. Pengarang berhasil memaparkan peristiwa secara berkesinambungan dan menuntut pembaca untuk menyelesaikan jalan ceritanya sampai akhir. Pengarang menceritakan pertemuan tentara Jepang dengan tokoh di kebun belakang rumah. Klausa pengarang menceritakan merupakan bagian dari sudut pandang. 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. space 

 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved