Roboguru

Unsur kebudayaan yang dianggap sebagai cultural universal adalah …

Pertanyaan

Unsur kebudayaan yang dianggap sebagai cultural universal adalah …

  1. Peralatan hidup manusia

  2. Sistem kekeluargaan

  3. Gotong royong

  4. Sistem komunikasi

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Poin soal menanyakan unsur kebudayaan yang dianggap sebagai cultural universal yang terdapat pada opsi jawaban. Unsur kebudayaan yang dianggap sebagai cultural universal adalah unsur budaya yang dapat ditemukan di dalam kebudayaan semua bangsa yang tersebar di dunia. Terdapat 7 unsur kebudayaan yang dianggap sebagai cultural universal yaitu bahasa, sistem pengetahuan, sistem organisasi sosial, sistem peralatan hidup dan teknologi, sistem ekonomi dan mata pencaharian hidup, sistem religi, dan kesenian

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah A. Peralatan Hidup Manusia.

 

undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan beberapa poin berikut! Mata pencaharian. Budaya konkret. Sistem pengetahuan. Budaya abstrak. Sistem teknologi dan peralatan. Berikut yang termasuk unsur-unsur kebudayaan universal ...

Pembahasan Soal:

Prof. Dr. Koentjaraningrat merupakan salah satu Antropolog ternama di Indonesia. Menurut Koentjaraningrat, kebudayaan di dalam masyarakat memiliki cakupan yang sangat luas. Oleh karena itu, Koentjaraningrat membagi kebudayaan ke dalam 7 unsur utama. Unsur utama kebudayaan ini dikenal sebagai “Unsur-unsur kebudayaan universal”. Artinya, seluruh kebudayaan di seluruh dunia meliputi tujuh unsur kebudayaan ini :

  1. Sistem mata pencaharian.
  2. Bahasa.
  3. Sistem pengetahuan.
  4. Kesenian.
  5. Sistem teknologi dan peralatan.
  6. Sistem religi.
  7. Sistem organisasi di masyarakat.

Sedangkan, poin pilihan 2 dan 4 merupakan wujud kebudayaan berdasarkan pengelompokkannya, yaitu budaya abstrak dan budaya konkret.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. undefined 

0

Roboguru

Berikut yang menggambarkan unsur kebudayaan sistem peralatan dan teknologi adalah ….

Pembahasan Soal:

Salah satu unsur kebudayaan adalah sistem peralatan dan teknologi. Teknologi di sini bukan hanya hal-hal yang modern saja, tetapi juga alat bantu yang digunakan dalam memudahkan pekerjaan dan memenuhi kehidupan manusia. Contohnya seperti manusia pada zaman dahulu menggunakan andong sebagai alat bantu transportasi yang memudahkan kehidupannya. Sedangkan, di zaman modern seperti sekarang, manusia menggunakan mobil maupun motor sebagai alat transportasinya. Poin B dan D, menggambarkan unsur kebudayaan kesenian. Poin C menggambarkan sistem religi.


Jadi, jawaban yang tepat adalah A. undefined 

0

Roboguru

Di antara tiga wujud kebudayaan yang dikemukakan oleh Koentjarningrat, yang bersifat abstrak dan adanya di dalam pikiran manusia adalah …

Pembahasan Soal:

Poin soal menjelaskan satu wujud kebudayaan menurut Koentjaraningrat. Poin pertanyaannya adalah wujud kebudayaan sesuai penjelasan tersebut. Koentjaraningrat membagi wujud kebudayaan menjadi tiga.

  1. Wujud kebudayaan sebagai sistem ide. Wujud kebudayaan ini bersifat abstrak, tidak bisa dilihat, terdapat dalam alam pikiran individu penganut kebudayaan tersebut. Contohnya berupa pandangan hidup, seperti norma, adat istiadat, dan agama.
  2. Wujud kebudayaan sebagai sistem aktivitas.  Wujud kebudayaan ini bersifat konkret, bisa dilihat. Contohnya berupa aktivitas atau kegiatan sosial ysng berpola, seperti upacara adat.
  3. Wujud kebudayaan sebagai sistem artefak. Wujud kebudayaan ini bersifat paling konkret, bisa dilihat, bisa diraba secara langsung. Contohnya berupa beda hasil kebudayaan, seperti kain ulos dari Batak. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah B. Pandangan Hidup.

 

undefined

0

Roboguru

Tradisi Wiwitan yang dilakukan oleh para petani di Bantul, Yogyakarta menggambarkan salah satu unsur kebudayaan, yaitu ….

Pembahasan Soal:

Tradisi Wiwitan dilakukan oleh para petani di Bantul, Yogyakarta, sebagai bentuk rasa syukur atas panen padi mereka. Kondisi ini menunjukkan unsur kebudayaan yang pertama, yaitu unsur sistem mata pencaharian masyarakat. Sistem mata pencaharian adalah pekerjaan seseorang atau pekerjaan kelompok masyarakat. Sistem mata pencaharian dikatakan sebagai unsur kebudayaan karena sistem mata pencaharian membantu kita untuk mengetahui cara masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Kondisi ini berkaitan dengan kondisi lingkungan tempat kelompok masyarakat tersebut melangsungkan kehidupannya sehingga setiap masyarakat memiliki cara pemenuhan kebutuhan yang berbeda dan diwariskan secara turun-temurun. 
 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined  

0

Roboguru

Perhatikan data berikut! Sistem organisasi sosial Sistem religi/kepercayaan Sistem mata pencaharian Pelapisan sosial Lembaga sosial Interaksi sosial Berdasarkan data di atas, yang merupakan ...

Pembahasan Soal:

William F Ogburn menjelaskan bahwa perubahan sosial merupakan perubahan yang terjadi pada unsur-unsur kebudayaan baik unsur material maupun immaterial dan lebih ditekankan pada pengaruh yang cukup besar dalam unsur kebudayaan material dibandingkan unsur immaterial. Unsur kebudayaan di masyarakat yang dapat mengalami perubahan di antaranya:

  1. Organisasi 
  2. Pola perilaku
  3. Susunan lembaga kemasyarakatan
  4. Kekuasaan dan wewenang
  5. Lapisan sosial di masyarakat
  6. Interaksi dan hubungan sosial

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah D. space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved