Iklan

Iklan

Pertanyaan

Unsur karbon berpindah dari atmosfer sebagai sumber karbon ke produsen, konsumen, detritivor dan berakhir di tanah SEBAB unsur karbon di alam berpindah dan berubah bentuk mengikuti daur biogeokimia. (SBMPTN 2016) Pilihlah:

Unsur karbon berpindah dari atmosfer sebagai sumber karbon ke produsen, konsumen, detritivor dan berakhir di tanah

SEBAB

unsur karbon di alam berpindah dan berubah bentuk mengikuti daur biogeokimia. (SBMPTN 2016)

Pilihlah:space space 

 

  1. jika pernyataan benar, alasan benar, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab dan akibatspace space 

  2. jika pernyataan benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibatspace space 

  3. jika pernyataan benar dan alasan salahspace space 

  4. jika pernyataan salah dan alasan benar space space 

  5. jika pernyataan dan alasan keduanya salah space space 

Iklan

I. Rostina

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pilihan jawaban yang tepat adalah D.

pilihan jawaban yang tepat adalah D. space space 

Iklan

Pembahasan

Siklus karbon merupakan salah satu siklus biogeokimia. Siklus karbon dimulai ketika karbon dioksida di atmosfer diserap oleh produsen untuk proses fotosintesis. Fotosintesis menghasilkan karbon organik yang nanti akan berpindah ke herbivora dan karnivora melalui rantai makanan. Setiap anggota rantai makanan akan menggunakan karbon tersebut untuk menghasilkan energi melalui proses respirasi. Proses ini menghasilkan produk sampingan berupa karbon dioksida yang akan kembali ke atmosfer. Selain itu, anggota rantai makanan juga akan menggunakan karbon tersebut untuk membangun tubuhnya. Ketika mereka mati,tubuhnya akan diuraikan oleh detritivor dan dekomposer. Hasil penguraian ini akan membentuk karbon dioksida, sehingga karbon akan kembali ke atmosfer. Oleh karena itu, pernyataan salah, alasan benar karenaunsur karbonberpindah dan berubah bentuk mengikuti daur biogeokimia, contohnya ketika di atmosfer karbonberbentuk karbon dioksida, ketika berpindah ke produsen diubah menjadi karbon organik. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D .

Siklus karbon merupakan salah satu siklus biogeokimia. Siklus karbon dimulai ketika karbon dioksida di atmosfer diserap oleh produsen untuk proses fotosintesis. Fotosintesis menghasilkan karbon organik yang nanti akan berpindah ke herbivora dan karnivora melalui rantai makanan. Setiap anggota rantai makanan akan menggunakan karbon tersebut untuk menghasilkan energi melalui proses respirasi. Proses ini menghasilkan produk sampingan berupa karbon dioksida yang akan kembali ke atmosfer. Selain itu, anggota rantai makanan juga akan menggunakan karbon tersebut untuk membangun tubuhnya. Ketika mereka mati, tubuhnya akan diuraikan oleh detritivor dan dekomposer. Hasil penguraian ini akan membentuk karbon dioksida, sehingga karbon akan kembali ke atmosfer.

Oleh karena itu, pernyataan salah, alasan benar karena unsur karbon berpindah dan berubah bentuk mengikuti daur biogeokimia, contohnya ketika di atmosfer karbon berbentuk karbon dioksida, ketika berpindah ke produsen diubah menjadi karbon organik. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah Dspace space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

8

Assyifa Salsabila rohadatulaisy

sangat membantu sekali

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan yang BENAR berkaitan dengan Blue Carbon adalah ... (SIMAK UI 2013) Penyimpanan C yang dilakukan oleh mangrove dan lamun. Penyerapan CO 2 ​ yang dilakukan oleh alga biru. Penyera...

7

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia