Roboguru

Unsur Intrinsik yang dominan pada penggalan novel tersebut adalah ....

Pertanyaan

Unsur Intrinsik yang dominan pada penggalan novel tersebut adalah ....space 

  1. Alur ceritaspace 

  2. Perwatakanspace 

  3. latarspace 

  4. Temaspace 

  5. Sudut Pandangspace 

Pembahasan Soal:

Latar adalah keterangan mengenai ruang, waktu serta suasana terjadinya peristiwa-peristiwa didalam suatu karya sastra. Pada kutipan di atas dominan oleh unsur latar seperti terdapat kata pada waktu, di belakang rumah, laut lepas, perahu-perahu yang menuju ke tengah. Semua kata tersebut menunjukkan latar tempat dan waktu.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

U. Yuliani

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ayo, lengkapilah tabel unsur intrinsik cerita berikut!

Pembahasan Soal:

Unsur intrinsik merupakan unsur-unsur dalam atau merupakan unsur utama yang membangun utuhnya sebuah karya sastra diantaranya yaitu tema, alur, latar, tokoh, penokohan, sudut pandang, gaya cerita, dan amanat. Menurut KBBI, latar adalah keterangan mengenai ruang, waktu serta suasana terjadinya peristiwa-peristiwa di dalam suatu karya sastra. Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis latar, terdiri atas:

  1. Latar waktu, saat dimana tokoh ataupun si pelaku melakukan sesuatu pada saat kejadian peristiwa dalam cerita yang sedang telah terjadi. Seperti misalnya: pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, di zaman dulu, di masa depan dan lain sebagainya.
  2. Latar tempat, adalah tempat tokoh atau si pelaku mengalami kejadian atau peristiwa di dalam cerita. Seperti misalnya: di dalam bangunan tua, di sebuah gedung, di lautan, di dalam hutan, di sekolah, di sebuah pesawat, di ruang angkasa, dan lain sebagainya.
  3. Latar suasana, adalah situasi apa saja yang terjadi ketika saat si tokoh atau si pelaku melakukan sesuatu. Seperti misalnya: saat galau, gembira, lelah dan lain sebagainya.
  4. Latar alat, adalah peralatan apa saja yang diperlukan atau dipakai si pelaku dalam suatu cerita. Seperti misalnya: Tombak, pistol, pedang, buku, pulpen dan lain sebagainya.

Dengan demikian, latar tempat adalah tempat tokoh atau si pelaku mengalami kejadian atau peristiwa di dalam cerita. Seperti misalnya: di dalam bangunan tua, di sebuah gedung, dan lainnya.space space 

0

Roboguru

Unsur yang ditunjukan nomor 3 (tiga) merupakan unsur…

Pembahasan Soal:

Buku harian adalah suatu catatan tentang kejadian atau peristiwa yang dialami oleh penulis buku harian, dalam menjalankan kesehariannya.

Terdapat tiga unsur buku harian, yaitu:

  • Tempat
  • Waktu
  • Peristiwa
  • Perasaan yang dialami

Unsur peristiwa pada buku harian berisi peristiwa yang dialami oleh penulis.

Unsur peristiwa pada kutipan ditunjukkan oleh kalimat nomor (3) Ketika pengumuman juara kelas aku gagal jadi juara satu. Amira yang jadi juara.

Dengan demikian, jawaban  yang tepat adalah pilihan D.space 

0

Roboguru

Apa itu setting penggalan?

Pembahasan Soal:

Latar/setting adalah penggambaran mengenai waktu, tempat, dan suasana terjadinya peristiwa-peristiwa dalam cerita. Tokoh-tokoh dalam cerita hidup pada tempat dan waktu (masa) tertentu. Oleh karena itu peristiwa-peristiwa yang dialami tokoh-tokoh cerita terjadi pada waktu dan tempat tertentu pula. Latar yang dirujuk dalam sebuah cerita bisa merupakan sesuatu yang faktual atau bisa pula bersifat imajiner

Dengan demikian, latar atau setting adalah penggambaran mengenai waktu, tempat, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerita.undefined 

0

Roboguru

Bacalah kutipan cerpen berikut!       “Ini uang upah menyapu yang kamu berikan padaku tempo hari,” jelas Yusa dengan tersenyum di bibirnya. Dipandangannya Sam dengan pandangan berpijar. "Aku tahu sek...

Pembahasan Soal:

Latar merupakan salah satu unsur intrinsik yang terdapat dalam sebuah karya sastra. Latar terbagi menjadi latar waktu, tempat, dan suasana. Latar waktu yang tergambar dalam kutipan cerita di atas adalah siang hari. Hal ini dibuktikan pada kalimat "Matahari semakin terik". Sementara itu, latar tempat yang tergambar dalam teks di atas adalah di kelas. Hal tersebut dibuktikan pada kalimat "Mereka berjalan ke luar kelas". Kalimat tersebut membuktikan bahwa Sam dan Yusa berada di dalam kelas. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Bukti suasana yang harap-harap cemas dan gelisah pada kutipan cerpen tersebut adalah pada kalimat nomor ....

Pembahasan Soal:

Cerita pendek (cerpen) adalah cerita rekaan yang menurut wujud fisiknya berbentuk pendek.

Latar atau setting adalah landas tumpu cerita. Latar berkaitan dengan pengertian tempat, hubungan waktu, dan lingkungan sosial terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan.

Latar suasana merupakan kondisi batin si tokoh atau lingkungan tempat si tokoh berada. 

Suasana harap-harap cemas dan gelisah pada kutipan cerpen tersebut adalah “Malam keberangkatan santi tidak dapat tidur nyenyak, banyak yang direncanakan dan yang diharapkannya.” (kalimat 4)


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved