Roboguru

Unsur hidrogen dan oksigen dapat membentuk senyawa : dan . Jika pada senyawa , massa hidrogen 4 gram dan massa oksigen 32 gram sedangkan pada senyawa massa Hidrogen 4 gram dan massa oksigen 64 gram, buktikan apakah data diatas berlaku hukum perbandingan berganda ?

Pertanyaan

Unsur hidrogen dan oksigen dapat membentuk senyawa : begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style dan begin mathsize 14px style H subscript 2 O subscript 2 end style.

Jika pada senyawa begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style, massa hidrogen 4 gram dan massa oksigen 32 gram sedangkan pada senyawa begin mathsize 14px style H subscript 2 O subscript 2 end style massa Hidrogen 4 gram dan massa oksigen 64 gram, buktikan apakah data diatas berlaku hukum perbandingan berganda ?space

Pembahasan Soal:

Hukum perbandingan berganda atau hukum Dalton menyatakan “ jika dua unsur dapat membentuk lebih dari satu senyawa dengan salah satu massa unsur dibuat tetap, maka perbandingan massa unsur lainnya dalam senyawa tersebut merupakan bilangan bulat yang sederhana.

Jika massa hidrogen di dalam senyawa begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style dan begin mathsize 14px style H subscript 2 O subscript 2 end style sama, massa oksigen di dalamnya akan memenuhi perbandingan tertentu. Perbandingan massa oksigen pada senyawa begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style dan begin mathsize 14px style H subscript 2 O subscript 2 end style yang diperoleh adalah 8 : 16 = 1 : 2. Sehingga, terbukti hukum perbandingan berganda pada senyawa tersebut.

Maka, hukum perbandingan yang berlaku adalah hukum perbandingan berganda.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 11 April 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved