Roboguru

Unsur A yang bernomor atom 15 bersenyawa dengan atom unsur B yang bernomor atom 9. Jika pada atom pusat masih terdapat sepasang elektron bebas, bentuk molekul senyawa yang terbentuk adalah ....

Pertanyaan

Unsur A yang bernomor atom 15 bersenyawa dengan atom unsur B yang bernomor atom 9. Jika pada atom pusat masih terdapat sepasang elektron bebas, bentuk molekul senyawa yang terbentuk adalah .... space 

  1. segitiga sama sisi space 

  2. segi empat datar space 

  3. piramida trigonal space 

  4. tetrahedral space 

  5. trigonal bipiramidaspace 

Pembahasan Soal:

Bentuk molekul merupakan posisi atom dalam molekul. Salah satu cara untuk meramalkan bentuk molekul adalah dengan menggunakan teori domain elektron / teori tolakan pasangan elektron kulit valensi (VSEPR). Dalam teori VSEPR, gaya tolakan yang dihasilkan dari pasangan elektron ikatan (PEI) dan pasangan elektron bebas (PEB) memengaruhi bentuk molekul. Notasi VSEPR adalah sebagai berikut.



Langkah pertama yaitu tentukan terlebih dahulu senyawa yang terbentuk dari atom A dan B berdasarkan konfigurasi elektron.

italic A presubscript italic 15 space colon space 2 space space 8 space space 5 B presubscript italic 9 space colon space 2 space space 7

Atom A bertindak sebagai atom pusat dengan elektron valensi sebanyak 5. Jika pada atom pusat masih terdapat sepasang elektron bebas artinya atom A menggunakan 3 elektronnya untuk berikatan dengan atom B sehingga rumus senyawa yang terbentuk adalah italic A B subscript 3. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari gambar struktur Lewis berikut.



Dari struktur Lewis diatas, terlihat bahwa terdapat 3 PEI dan 1 PEB sehingga tipe molekul atau notasi VSEPR-nya yaitu AX subscript 3 E. Bentuk molekul dengan tipe AX subscript 3 E adalah piramida trigonal.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Susanti

Mahasiswa/Alumni Universitas Jayabaya

Terakhir diupdate 06 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tentukan tipe molekul dan nama bentuk molekul dari senyawa berikut: b. SeCl4​

Pembahasan Soal:

Merumuskan tipe molekul sebagai berikut:

  1. Menentukan jumlah elektron valensi atom pusat
  2. Menentukan jumlah domain elektron Ikatan (PEI / X)
  3. Menentukan jumlah domain elektron bebas (PEB / E)
    Error converting from MathML to accessible text. 
  4. Masukan dalam rumus: Error converting from MathML to accessible text. 
    EV: elektron valensi atom pusat
    A: Atom pusat
    X: Domain elektron ikatan (PEI)
    n: jumlah domain PEI
    E: Domain elektron bebas (PEB)
    m: Jumlah domain PEB

Unsur Se dengan nomor atom 34 merupakan golongan VIA, sehingga memiliki 6 elektron valensi.
Unsur Se berikatan dengan unsur Cl membentuk begin mathsize 14px style Se Cl subscript 4 end style.

Jumlah domain elektron ikatan adalah 4, sehingga:

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row EV equals cell space 6 end cell row cell X space space end cell equals 4 end table


Maka, Jumlah domain elektron bebas adalah:
table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row E equals cell fraction numerator open parentheses EV bond X close parentheses over denominator 2 end fraction end cell row blank equals cell fraction numerator left parenthesis 6 minus sign 4 right parenthesis over denominator 2 end fraction end cell row blank equals 1 end table   

Berikut bentuk molekulnya:

Jadi, tipe molekul Se Cl subscript bold 4 yaitu bold AX subscript bold 4 italic E dengan bentuk molekul Jungkat-jungkit.

0

Roboguru

Gambar bentuk molekul yang sesuai untuk molekul NH3​ (Ar​N=7,H=1) adalah ....

Pembahasan Soal:

Bentuk molekul merupakan posisi atom dalam molekul. Salah satu cara untuk meramalkan bentuk molekul adalah dengan menggunakan teori domain elektron / teori tolakan pasangan elektron kulit valensi (VSEPR). Dalam teori VSEPR, gaya tolakan yang dihasilkan dari pasangan elektron ikatan (PEI) dan pasangan elektron bebas (PEB) memengaruhi bentuk molekul. Notasi VSEPR adalah sebagai berikut.



Langkah pertama yaitu tentukan terlebih dahulu elektron valensi masing-masing atom berdasarkan konfigurasi elektronnya.
 

7N:251H:1


Pada molekul NH3, atom N bertindak sebagai atom pusat dengan lima buah elektron valensi dan mengikat 3 atom H melalui ikatan kovalen tunggal sehingga masih ada sepasang elektron bebas di atom pusat. Struktur Lewis dari molekul NH3 adalah sebagai berikut.



Dari struktur Lewis diatas terlihat bahwa dalam molekul NH3 terdapat 3 PEI dan 1 PEB sehingga notasi VSEPR atau tipe molekulnya adalah AX3E. Bentuk molekul dengan tipe AX3E adalah piramida trigonal dengan gambar sebagai berikut.



Jadi, jawaban yang benar adalah B. 

0

Roboguru

Jika atom 4​X dan 17​Y berikatan, bentuk molekul dan sifat kepolaran yang terbentuk adalah ....

Pembahasan Soal:

Bentuk molekul merupakan posisi atom dalam molekul. Bentuk molekul suatu zat akan mempengaruhi sifat zat, termasuk kepolarannya. Salah satu cara untuk meramalkan bentuk molekul adalah dengan menggunakan teori domain elektron / teori tolakan pasangan elektron kulit valensi (VSEPR). Dalam teori VSEPR, tolakan-tolakan antarpasangan elektron dalam kulit valensi atom pusat menyebabkan atom-atom yang terikat pada atom pusat mengarah sedemikian rupa membentuk molekul tiga dimensi yang teratur dengan sudut-sudut ikatan tertentu.

Langkah pertama yaitu tentukan terlebih dahulu senyawa yang terbentuk dari atom 4X dan 17Y berdasarkan konfigurasi elektron.


4X=2217Y=287


Atom X memiliki 2 elektron valensi, sedangkan atom Y memiliki 7 elektron valensi. Atom X berperan sebagai atom pusat. Kedua elektron dari atom X tersebut digunakan untuk berikatan dengan atom Y membentuk dua ikatan kovalen tunggal dengan rumus molekul yaitu XY2. Rumus Lewis dan bentuk molekul dari XY2 adalah sebagai berikut.



Pasangan elektron ikatan dalam kulit valensi atom pusat mengalami tolakan, untuk meminimalkannya maka pasangan elektron ikatan akan menjauh satu sama lain. Tolakan minimum dicapai jika pasangan elektron ikatan berada pada posisi 180 sehingga bentuk molekul dari XY2 adalah linear.

Senyawa nonpolar terjadi jika pasangan elektron yang dipakai bersama-sama dalam ikatan kovalen tertarik sama kuat ke semua atom / harga keelektronegatifan atom-atom dalam molekul nonpolar sama. Pada senyawa XY2, kedua atom Y menarik pasangan elektron dengan sama kuat sehingga pasangan elektron terdistribusi secara simetris. Oleh karena itu senyawa XY2 tidak memiliki dipol sehingga bersifat nonpolar.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa bentuk molekul dan sifat kepolaran yang terbentuk adalah linear dan nonpolar.

Jadi, jawaban yang benar adalah E. 

0

Roboguru

Tentukan jumlah pasangan elektron yang terikat pada atom pusat dalam molekul yang mempunyai geometri berikut. oktahedral

Pembahasan Soal:

Salah satu cara menentukan bentuk atau geometri molekul adalah menggunakan teori VSEPR atau teori tolakan pasangan elektron. Teori ini menggunakan pasangan elektron di sekitar atom pusat yang disebut dengan domain elektron, khususnya dalam hal tolakan di antara masing-masing pasangan elektron berikatan. Pasangan elektron pada molekul akan menempatkan diri sehingga mengalami gaya tolak yang paling minimum, yaitu saat kedudukannya paling jauh. Dengan demikian, masing-masing geometri membentuk sudut tertentu sesuai jumlah pasangan elektron ikatan yang dimiliki.

Terdapat lima kemungkinan penyusunan pasangan elektron ikatan di sekitar atom pusat, yaitu

  • dua pasangan elektron, membentuk geometri linear (sudut ikatan bold 180 bold degree)
  • tiga pasangan elektron, membentuk geometri segitiga datar (sudut ikatan bold 120 bold degree)
  • empat pasangan elektron, membentuk geometri tetrahedral (sudut ikatan bold 109 bold comma bold 5 bold degree)
  • lima pasangan elektron, membentuk geometri trigonal bipiramida (sudut ekuatorial bold 120 bold degree dan aksial bold 90 bold degree)
  • enam pasangan elektron, membentuk geometri oktahedral (sudut ikatan bold 90 bold degree)

Jadi, geometri oktahedral memiliki jumlah pasangan elektron terikat di sekitar atom pusat sebanyak enam pasang.

0

Roboguru

Jika nomor atom S = 16 dan nomro atom F = 9, maka bentuk molekul SF4​ adalah ….

Pembahasan Soal:

Untuk menentukan bentuk molekul digunakan teori domain elektron atau teori VSEPR. Notasi VSEPR:

AX subscript m E subscript n  

dengan A = atom pusat, X = PEI, E = PEB, m = jumlah PEI dan n = jumlah PEB.

Pada senyawa S F subscript 4, atom pusat senyawa tersebut adalah S dan memiliki PEI (X) = 4. Untuk menentukan PEB pada senyawa tersebut, digunakan rumus berikut:

PEB space open parentheses E close parentheses equals fraction numerator EV bond PEI over denominator 2 end fraction 

Atom S memiliki elektron valensi sebanyak 6. Berdasarkan konfigurasinya yaitu 2, 8, 6. 

PEB space open parentheses E close parentheses equals fraction numerator EV bond PEI over denominator 2 end fraction PEB space open parentheses E close parentheses equals fraction numerator 6 minus sign 4 over denominator 2 end fraction PEB space open parentheses E close parentheses equals 1 

Sehingga tipe bentuk molekul S F subscript 4 adalah AX subscript 4 E subscript 1 untuk bentuk molekul tetrahedral terdistorsi.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved