Iklan

Iklan

Pertanyaan

Unsur A yang bernomor atom 15 bersenyawa dengan atom unsur B yang bernomor atom 9. Jika pada atom pusat masih terdapat sepasang elektron bebas, bentuk molekul senyawa yang terbentuk adalah ....

Unsur A yang bernomor atom 15 bersenyawa dengan atom unsur B yang bernomor atom 9. Jika pada atom pusat masih terdapat sepasang elektron bebas, bentuk molekul senyawa yang terbentuk adalah .... space 

  1. segitiga sama sisi space 

  2. segi empat datar space 

  3. piramida trigonal space 

  4. tetrahedral space 

  5. trigonal bipiramidaspace 

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah C.

jawaban yang benar adalah C.

Iklan

Pembahasan

Bentuk molekul merupakan posisi atom dalam molekul. Salah satu cara untuk meramalkan bentuk molekul adalah dengan menggunakan teori domain elektron / teori tolakan pasangan elektron kulit valensi (VSEPR). Dalam teori VSEPR, gaya tolakan yang dihasilkan dari pasangan elektron ikatan (PEI) dan pasangan elektron bebas (PEB) memengaruhi bentuk molekul. Notasi VSEPR adalah sebagai berikut. Langkah pertama yaitu tentukan terlebih dahulu senyawa yang terbentuk dari atom A dan B berdasarkan konfigurasi elektron. 15 ​ A : 2 8 5 9 ​ B : 2 7 Atom A bertindak sebagai atom pusat dengan elektron valensi sebanyak 5.Jika pada atom pusat masih terdapat sepasang elektron bebas artinya atom A menggunakan 3 elektronnya untuk berikatan dengan atom B sehingga rumus senyawa yang terbentuk adalah A B 3 ​ . Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari gambar struktur Lewis berikut. Dari struktur Lewis diatas, terlihat bahwa terdapat 3 PEIdan 1 PEBsehingga tipe molekul atau notasi VSEPR-nya yaitu AX 3 ​ E . Bentuk molekul dengan tipe AX 3 ​ E adalah piramida trigonal. Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Bentuk molekul merupakan posisi atom dalam molekul. Salah satu cara untuk meramalkan bentuk molekul adalah dengan menggunakan teori domain elektron / teori tolakan pasangan elektron kulit valensi (VSEPR). Dalam teori VSEPR, gaya tolakan yang dihasilkan dari pasangan elektron ikatan (PEI) dan pasangan elektron bebas (PEB) memengaruhi bentuk molekul. Notasi VSEPR adalah sebagai berikut.



Langkah pertama yaitu tentukan terlebih dahulu senyawa yang terbentuk dari atom A dan B berdasarkan konfigurasi elektron.

Atom A bertindak sebagai atom pusat dengan elektron valensi sebanyak 5. Jika pada atom pusat masih terdapat sepasang elektron bebas artinya atom A menggunakan 3 elektronnya untuk berikatan dengan atom B sehingga rumus senyawa yang terbentuk adalah . Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dari gambar struktur Lewis berikut.



Dari struktur Lewis diatas, terlihat bahwa terdapat 3 PEI dan 1 PEB sehingga tipe molekul atau notasi VSEPR-nya yaitu . Bentuk molekul dengan tipe  adalah piramida trigonal.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

Latihan Bab

Pendahuluan Ikatan Kimia

Teori Ikatan Lewis

Ikatan Ion

Ikatan Kovalen

1rb+

Dhafin Rizkiya

Pembahasan lengkap banget Ini yang aku cari!

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Molekul suatu senyawa memiliki PEI = 3 dan PEB = 2, bentuk molekul dan gambar bentuk paling yang mungkin adalah...

972

4.5

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia