Roboguru

Udara merupakan salah satu komponen abiotik dalam suatu ekosistem. Gas yang terkandung di dalam udara yang bermanfaat bagi tumbuhan dan hewan untuk menghasilkan energi adalah. . .

Pertanyaan

Udara merupakan salah satu komponen abiotik dalam suatu ekosistem. Gas yang terkandung di dalam udara yang bermanfaat bagi tumbuhan dan hewan untuk menghasilkan energi adalah. . . 

  1. oksigen 

  2. karbondioksida 

  3. nitrogen 

  4. oksigen dan karbon monoksida 

  5. karbondioksida dan oksigen 

Pembahasan Soal:

Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara komponen biotik (makhluk hidup) dengan lingkungannya (komponen abiotik). Tumbuhan sebagai produsen memerlukan komponen abiotik untuk menghasilkan energi dalam proses fotosintesis. Komponen itu diantaranya cahaya matahari, tanah, air, unsur hara, dan udara. Udara yang dibutuhkan untuk membantu proses fotosintesis sadalah CO2 atau karbondioksida.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang paling tepat adalah B. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Fransisca

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Komponen biotik memiliki ciri yang berbeda dengan komponen abiotik dalam suatu ekosistem. Berikut ini adalah ciri komponen biotik, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Semua ekosistem, baik ekosistem daratan (terestrial) maupun ekosistem perairan (akuatik) tersusun dari komponen-komponen. Berdasarkan struktur dasar ekosistem, komponen ekosistem dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu komponen abiotik dan komponen biotik.

Komponen abiotik adalah komponen fisik dan kimiawi yang terdapat pada suatu ekosistem sebagai medium atau substrat untuk berlangsungnya suatu kehidupan. Komponen abiotik meliputi tanah, air, udara, cahaya, suhu, kelembaban, arus angin, pH, iklim dan topografi, serta arus air dan ombak. Beberapa komponen abiotik mengalami siklus biogeokimia di lingkungan.

Komponen biotik meliputi seluruh makhluk hidup di bumi. Komponen tersebut, antara lain bakteri, jamur, ganggang, lumut, tumbuhan paku, tumbuhan tingkat tinggi, hewan Invertebrata, dan hewan Vertebrata termasuk manusia. Berdasarkan segi tingkatan trofik atau nutrisi, komponen biotik dalam ekosistem dibedakan menjadi dua macam, yaitu komponen autotrof dan komponen heterotrof. Ciri-ciri komponen biotik yaitu berkembang biak, bernapas, iritabilita (menanggapi rangsangan dari luar), dan membutuhkan makan.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space 

0

Roboguru

Mengapa air sangat berpengaruh terhadap ekosistem?

Pembahasan Soal:

Ekosistem merupakan suatu kesatuan dinamis yang terdiri dari berbagai spesies makhluk hidup yang berinteraksi dengan lingkungannya, baik lingkungan biotik maupun abiotik. Air merupakan salah satu komponen abiotik dalam ekosistem. Abiotik merupakan merupakan lawan kata dari biotik. Komponen abiotik adalah komponen-komponen yang tidak hidup atau benda mati.  Air dibutuhkan untuk kelangsungan hidup organisme dalam suatu ekosistem. Bagi tumbuhan, air berperan dalam pertumbuhan, perkecambahan dan penyebaran biji, bagi hewan air diperlukan untuk minum dan sarana hidup lain seperti tempat hidup bagi ikan atau biota air lainnya. Bagi unsur abiotik lain misalnya tanah dan batuan, air digunakan sebagai pelarut dan pelapuk. Oleh karena itu, air merupakan komponen penting dalam ekosistem karena dibutuhkan untuk kelangsungan hidup organisme dalam suatu ekosistem. 

0

Roboguru

Komponen abiotik yang ikut berperan dalam proses persebaran tanaman adalah....

Pembahasan Soal:

Komponen abiotik adalah suatu hal yang bukan makhluk hidup dalam ekosistem berperan dalam menunjang kehidupan komponen biotik atau makhluk hidup. Contoh dari komponen abiotik adalah suhu, tanah, air, angin, pH, dan cahaya matahari. Salah satu peran dari komponen abiotik adalah membantu persebaran tanaman seperti melakukan penyebaran biji. Penyebaran biji dapat dibantu oleh angin disebut anemokori dan air disebut hidrokori.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Sebutkan komponen dalam ekosistem!

Pembahasan Soal:

Komponen di dalam ekosistem dibagi menjadi dua yaitu komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik adalah komponen yang terdiri dari makhluk hidup. Sedangkan, komponen abiotik adalah komponen yang terdiri dari benda mati.space

0

Roboguru

Di suatu ekosistem sawah dekat pemukiman terdapat komponen-komponen ekosistem dan aliran energi antar komponen yang digambarkan sebagai berikut. Setiap komponen biotik memiliki peranan masing-masin...

Pembahasan Soal:

Produsen merupakan makhluk hidup yang bisa membuat makanan sendiri melalui fotosintesis. Yang termasuk sebagai produsen yaitu rumput dan pohon.

Konsumen merupakan makhluk hidup yang tidak mampu membuat makanan sendiri (heterotrof). Konsumen terbagi menjadi konsumen I (herbivora), konsumen II (karnivora), Konsumen III (Karnivora) hingga konsumen puncak (predator). Berdasarkan gambar diatas yang termasuk konsumen yaitu ulat, tikus, belalang, ayam, ular, katak, elang.

Dekomposer atau pengurai merupakan organisme yang berperan menguraikan sisa bangkai makhluk hidup menjadi senyawa organik. Yang termasuk pengurai berdasarkan gambar diatas adalah jamur dan bakteri.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved