Iklan

Iklan

Pertanyaan

Uang dapat dikelompokkan atas ...., ...., ...., dan ....

Uang dapat dikelompokkan atas ...., ...., ...., dan ....  

  1. .... undefined 

  2. .... undefined 

Iklan

U. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Berdasarkan pengelompokkannya, jenis uang dibagi menjadi 4 yaitu: Berdasarkan bahan pembuatnya. Uang logam terbuat dari logam, emas, atau perak dan nominalnya kecil seperti Rp100, Rp200, Rp500, dan Rp1.000. Uang kertas dibuat agar tidak mudah robek, luntur, dan tahan terhadap air. Nominalnya besar contohnya Rp10.000, Rp20.000, atau Rp100.000 Berdasarkan nilai. Full bodied money(bernilai penuh) merupakan uang yang nilai intrisiknya sama dengan nilai nominal, misalnya nilai emas pada uang logam Rp500 bernilai sama dengan nominalnya. Representative full bodied money(tidak bersifat penuh) yaitu nilai instrisik lebih kecil dari nilai nominal. Biasanya terdapat pada jenis uang kertas. Berdasarkan lembaga yang menerbitkan. Uang kartal diterbitkan oleh Bank Sentral yaitu Bank Indonesia serta digunakan oleh seluruh masyarakat dalam bentuk logam dan kertas. Uang giral diterbitkan oleh bank umum dalam bentuk cek atau bilyet giro. Berdasarkan kawasan. Uang lokal hanya berlaku di satu negara tertentu, misalnya mata uang peso hanya dapat digunakan di negara Filipina. Uang regional berlaku di suatu kawasan yang lebih luas daripada uang lokal, misalnya mata uang euro dapat digunakan untuk beberapa negara yang ada di benua Eropa seperti Jerman, Spanyol, Austria, Spanyol, dan lain-lain. Uang internasional berlaku di seluruh dunia sebagai standar pembayaran, contohnya US dollar.

Berdasarkan pengelompokkannya, jenis uang dibagi menjadi 4 yaitu:

  1. Berdasarkan bahan pembuatnya. Uang logam terbuat dari logam, emas, atau perak dan nominalnya kecil seperti Rp100, Rp200, Rp500, dan Rp1.000. Uang kertas dibuat agar tidak mudah robek, luntur, dan tahan terhadap air. Nominalnya besar contohnya Rp10.000, Rp20.000, atau Rp100.000
  2. Berdasarkan nilai. Full bodied money (bernilai penuh) merupakan uang yang nilai intrisiknya sama dengan nilai nominal, misalnya nilai emas pada uang logam Rp500 bernilai sama dengan nominalnya. Representative full bodied money (tidak bersifat penuh) yaitu nilai instrisik lebih kecil dari nilai nominal. Biasanya terdapat pada jenis uang kertas.
  3. Berdasarkan lembaga yang menerbitkan. Uang kartal diterbitkan oleh Bank Sentral yaitu Bank Indonesia serta digunakan oleh seluruh masyarakat dalam bentuk logam dan kertas. Uang giral diterbitkan oleh bank umum dalam bentuk cek atau bilyet giro.
  4. Berdasarkan kawasan. Uang lokal hanya berlaku di satu negara tertentu, misalnya mata uang peso hanya dapat digunakan di negara Filipina. Uang regional berlaku di suatu kawasan yang lebih luas daripada uang lokal, misalnya mata uang euro dapat digunakan untuk beberapa negara yang ada di benua Eropa seperti Jerman, Spanyol, Austria, Spanyol, dan lain-lain. Uang internasional berlaku di seluruh dunia sebagai standar pembayaran, contohnya US dollar. undefined 

Latihan Bab

Bank Sentral

Peran Bank Indonesia dalam Sistem Pembayaran

Sejarah Uang

Syarat, Fungsi, Nilai, dan Jenis Uang

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Yang bukan tergolong macam-macam uang ...

27

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia