Roboguru

Tunjukkan perbedaan pengertian antara kronologi dan periodisasi?

Pertanyaan

Tunjukkan perbedaan pengertian antara kronologi dan periodisasi?

 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Periodisasi sejarah berarti pembabakan dalam sejarah berdasarkan kurun waktu yang panjang biasanya perabad atau zaman contohnya Zaman Hindu-Budha, Zaman Islam, Zaman Kolonial, sedangkan Kronologi sejarah diperlukan karena dalam peristiwa-peristiwa sejarah terdiri berbagai jenis dan bentuk yang berbeda. Setiap peristiwa perlu diklasifikasi berdasarkan jenis dan bentuk peristiwanya. Persitiwa-peristiwa yang telah diklasifikasikan itu lalu disusun secara runut berdasarkan waktu (biasanya range waktunya perhari atau perbulan) contoh Kronologi Peristiwa Rengasdengklok.

Dengan demikian perbedaan antara Priodisasi dan Kronologi terletak pada range waktunya (jenis waktunya)
 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Ivan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Konsep berpikir kronologi dalam sejarah sangat diperlukan untuk menghindarkan adanya anakronisme yakni .....

Pembahasan Soal:

Berpikir Kronologi memiliki artian pengetahuan tentang urutan waktu dari sejumlah kejadian dan peristiwa, maka berpikir kronologis yakni mengurutkan kejadian atau peristiwa berdasarkan urutan waktunya dengan menempatkan kejadian atau peristiwa yang terjadi terlebih dahulu daripada yang terjadi kemudian.

Kebalikan dari berpikir kronologi adalah berpikir anakronitis atau anakronisme, bila kronolgi mengurut sebuah peristiwa berdasarkan urutan waktu kejadian maka anakronisme mencampuradukan atau memutar balikan urutan waktu kejadian sehingga memberikan pemahaman yang salah sehingga berpikir anakronisme sangat dihindari dalam menyusun peristiwa sejarah.  

Dengan demikian, Berpikir anakronisme yakni menempatkan kejadian atau peristiwa yang terjadi lebih dahulu di belakang kejadian atau peristiwa yang terjadi kemudian atau adanya ketidak seusaian dalam mengurutkan waktu kejadian peristiwa. space

1

Roboguru

Perhatikan data berikut ini! Zaman Islam Zaman Hindu-Buddha Zaman Penjajahan Belanda Zaman Pendudukan Jepang Zaman Praaksara Periodisasi yang berurutan berdasarkan data di atas ditunjukkan de...

Pembahasan Soal:

Periodisasi merupakan pembabakan waktu dalam sejarah. Dalam mempelajari sejarah, pembabakan waktu merupakan salah satu komponen yang terpenting. Dalam sejarah Indonesia terdapat pembabakan waktu, dimulai dari zaman pra-aksara/pra-sejarah, zaman Hindu-Buddha, zaman Islam, zaman penjajahan Belanda, zaman penjajahan Jepang, Revolusi Nasional, zaman Demokrasi Parlementer, zaman Demokrasi Terpimpin, zaman Orde Baru, hingga Reformasi.

Oleh karena itu, jawaban yang benara adalah D.

0

Roboguru

Pembacaan teks proklamasi kemerdekaan RI dilaksanakan di Jalan Pengangsaan Timur 56 Jakarta. Tempat atau daerah terjadinya peristiwa tersebut dalam konsep ilmu sejarah dikenal dengan dimensi …

Pembahasan Soal:

Penerapan berfikir sinkronik dalam peristiwa sekitar proklamasi dapat dicontohkan melalui peristiwa pembacaan teks proklamasi kemerdekaan. Dalam peristiwa tersebut terdapat dimensi temporal dan dimensi spasial. Dimensi spasial dan temporal ini dalam sejarah sama dengan konsep ruang dan waktu. Dimensi spasial adalah sebutan untuk ruang sedangkan dimensi temporal adalah waktu. Ruang atau dimensi spasial adalah tempat terjadinya peristiwa-peristiwa dalam proses perjalanan waktu. 

Jadi, jawabannya adalah spasial.

0

Roboguru

Perhatikan informasi di bawah ini ! 14 Agustus 1945 : Jepang Menyerah pada sekutu 15 Agustus 1945 : Terjadi ‘vacuum of power” di Indonesia 16 Agustus 1945 : Terjadi peristiwa Rengasdengklok 17 A...

Pembahasan Soal:

Uraian diatas berkaitan dengan konsep berpikir dalam sejarah, yaitu diakronik. Diakronis berasal dari kata diakronik atau "diachronich". Terdiri dari dua kata, "dia" dalam bahasa latin artinya melalui atau melampau dan "chronicus" yang artinya waktu. Sesuatu yang melintas melalui atau melampaui batas waktu merupakan pengertian dari diakronis. Sehingga diakronis artinya memanjang dalam waktu tetapi terbatas dalam ruang. Berpikir diakronik adalah berpikir kronologis (urutan) dalam menganalisis sesuatu. Kronologis adalah catatan kejadian-kejadian yang diurutkan sesuai dengan waktu kejadiannya. Kronologi dalam peristiwa sejarah dapat membantu merekonstruksi kembali peristiwa berdasarkan urutan waktu secara tepat. Selain itu membantu membandingkan kejadian sejarah dalam waktu yang sama di tempat yang berbeda namun saling berkaitan. Konsep diakronis mementingkan proses. Sejarah akan membicarakan peristiwa tertentu yang terjadi pada suatu tempat tertentu sesuai dengan urutan waktu terjadinya. Melalui diakronis, sejarah berupaya menganalisis sesuatu dari waktu ke waktu yang memungkinkan seseorang untuk menilai bahwa perubahan itu terjadi sepanjang masa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Menurut Anda, apa saja perbedaan antara periodisasi dan kronologi? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Periodisasi adalah pembabakan waktu yang digunakan untuk membagi peristiwa dalam babak, zaman, atau periode. Adapun tujuan periodisasi adalah melakukan penyederhanaan dan pengurutan berbagai peristiwa sejarah sehingga memudahkan proses klasifikasi berbagai peristiwa sejarah. Contohnya, periodisasi zaman batu adalah Paleolitikum, Mesolitikum, dan Neolitikum.

Kronologi adalah urutan waktu peristiwa yang disusun berdasarkan waktu terjadinya. Selain itu, kronologi dapat berarti ilmu tentang pengukuran kesatuan waktu. Contohnya, kronologi pendaratan Jepang di Kalimantan pada tahun 1942, yaitu sebagai berikut.

  1. Tanggal 11 Januari di Tarakan.
  2. Tanggal 24 Januari di Balikpapan.
  3. Tanggal 29 Januari di Pontianak.
  4. Tanggal 3 Februari di Samarinda.
  5. Tanggal 5 Februari Kotabangun.
  6. Tanggal 10 Februari di Banjarmasin.

Adapun perbedan antara Kronologi dan Periodisasi sebagai berikut:

  1. Kronologi identik dengan tanggal dan peristiwa sejarah yang terjadi di masa lalu. Sementara itu, periodisasi identik dengan tahun dan nama zaman pada masa lalu.
  2. Berbicara kronologi dalam sejarah kita akan menuju pada urutan waktu suatu kejadian, sementara berbicara mengenai periodisasi kita akan tertuju pada pengelompokan atau pembabakan suatu zaman.

Dengan demikian, kronologi adalah runtutan peristiwa, sementara periodesasi merupakan pembabakan peristiwa. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved