Roboguru

Tumbuhan yang mampu hidup di daerah yang memiliki curah hujan yang sangat rendah dan intensitas panas matahari sangat tinggi adalah ....

Pertanyaan

Tumbuhan yang mampu hidup di daerah yang memiliki curah hujan yang sangat rendah dan intensitas panas matahari sangat tinggi adalah .... 

  1. Kaktus

  2. Lumut

  3. Pinus

  4. Tebu

  5. Teh

Pembahasan Soal:

Bioma gurun pasir terdapat di wilayah yang memiliki curah hujan lebih sedikit daripada evaporasi. Pada umumnya, ekosistem ini terletak pada ketinggian 200-300 m, baik di lintang utara maupun lintang selatan. Vegetasi yang dapat hidup didaerah tersebut salah satunya adalah kaktus. Tumbuhan kaktus adalah salah satu tumbuhan yang bisa hidup di tempat yang kering dan sedikit air, memiliki curah hujan yang sangat rendah dan intensitas panas Matahari sangat tinggi, karena tumbuhan kaktus memiliki kemampuan bertahan hidup untuk bisa menyesuaikan tempat lingkungannya. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Junaedi

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bioma Hutan Taiga banyak terdapat di daerah Skandinavia, Rusia, Siberia, Alaska, Kanada dan memiliki ciri-ciri perbedaan antara suhu musim panas dan musim dingin cukup tinggi. Tanaman khas pada bioma ...

Pembahasan Soal:

Bioma Taiga merupakan suatu daerah dengan ciri vegetasi berdaun kecil dan panjang seperti jarum. Bioma taiga umumnya memiliki satu spesies pohon. Pohon-pohon di hutan taiga contohnya jenis-jenis pinus dan konifera.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Pada kawasan hutan hujan tropis sering dijumpai adanya tanaman-tanaman yang merambat dan menumpang. Jenis tanaman menumpang seperti anggrek disebut ...

Pembahasan Soal:

Jenis tumbuhan epifit merupakan tumbuhan yang hidup dan tumbuh dengan cara menumpang pada tumbuhan lainya, tetapi tumbuhan epifit tidak akan merusak dan merugikan tanaman yang ditumpanginya. Jenis tumbuhan epifit banyak tersebar di wilayah tropis dan vegetasi hutan hujan tropis. Contoh tumbuhan epifit adalah anggrek dan paku-pakuan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

0

Roboguru

Jenis fauna endemik di daerah angka 2 seperti gambar adalah....

Pembahasan Soal:

Angka 2 pada gambar menunjukkan wilayah Jawa Barat. Wilayah Jawa Barat merupakan habitat hewan badak, khususnya badak bercula satu. Jika hanya terpaku pada wilayah Jawa Barat, maka jawaban tidak ada yang tepat. Maksud dari angka 2 tersebut adalah menunjuk Pulau Jawa secara umum. Secara umum, wilayah Pulau Jawa merupakan habiat hewan harimau jawa, badak bercula satu, dan banteng yang habitatnya di Jawa Timur. Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Hampir seluruh dataran Afrika termasuk ke dalam zona persebaran Ethiopian kecuali daerah paling utaranya yang justru termasuk ke dalam zona ….

Pembahasan Soal:

Berdasarkan faktor-faktor persebarannya, terdapat beberapa zona pembagian persebaran fauna diantaranya: 

  • Neartik meliputi Amerika Utara (AS dan Kanada), Meksiko Tengah dan Greenland. 
  • Neotropik meliputi Meksiko bagian selatan, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.
  • Paleartik meliputi wilayah-wilayah di Benua Eropa, Rusia, Tiongkok, Jepang, Laut Mediterania, dan Afrika bagian paling utara. 
  • Ethiopian meliputi seluruh Benua Afrika (kecuali bagian utara dan Gurun Sahara).
  • Oriental meliputi wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara (Indonesia bagian barat dan bagian tengah).
  • Australis meliputi wilayah-wilayah Benua Australia, Selandia Baru, dan Pulau Papua.
  • Oceania meliputi Kepulauan Pasifik, Kepulauan Marshal dan Palau.
  • Antartika yang meliputi Benua Antartika (kutub selatan).

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

0

Roboguru

Spesies fauna endemik oriental yang status populasinya sangat kritis/hampir punah dan hanya dapat ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon adalah ….

Pembahasan Soal:

Badak bercula satu/badak jawa/badak bercula satu kecil (rhinoceros sondaicus) adalah anggota famili rhinocerotidae dan satu dari lima jenis badak yang masih ada. Badak ini masuk ke genus yang sama dengan badak india dan memiliki kulit bermosaik yang menyerupai baju baja. Badak ini awalnya bukan dianggap endemik karena pernah menjadi salah satu badak di Asia yang paling banyak menyebar. Meski disebut "badak jawa", fauna ini mulanya tidak terbatas hidup di Pulau Jawa saja, tetapi di seluruh nusantara, sepanjang Asia Tenggara dan di India serta Tiongkok.

Namun saat ini, spesies badak bercula satu statusnya sangat kritis dan terancam punah dengan hanya sedikit populasi yang ditemukan di alam bebas dan tidak ada di kebun binatang. Badak jenis ini kemungkinan menjadi salah satu mamalia terlangka di bumi. Fauna langka dan dilindungi ini dapat ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved