Roboguru

Tumbuhan paku yang merupakan bentuk peralihan antara paku homospora dengan paku heterospora adalah ....

Pertanyaan

Tumbuhan paku yang merupakan bentuk peralihan antara paku homospora dengan paku heterospora adalah ....space

  1. Selaginellaspace

  2. Equisetum debilespace

  3. Marsilea crenata​​​​​​​space

  4. Adiantum cuneatumspace

  5. Lycopodium sp.space

Pembahasan Soal:

Ditinjau dari jenis spora, tumbuhan paku dibedakan menjadi: paku homospora, paku heterospora dan paku peralihan. Paku peralihan yatu jenis tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan bentuk dan ukuran yang sama, serta diketahui gamet jantan dan betinanya. Contohnya adalah paku ekor kuda (Equisetum debile).

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Hernandez

Mahasiswa/Alumni Universitas Riau

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut! Kedua jenis tumbuhan tersebut merupakan tumbuhan berspora, tetapi termasuk dalam kelompok berbeda. Ciri khusus apa yang membedakan kedua jenis tumbuhan tersebut?

Pembahasan Soal:

Kedua gambar diatas merupakan tanaman paku (Pteridophyta). Gambar sebelah kiri merupakan tanaman semanggi air ( Marsilea crenata ) yang merupakan paku heterospora, artinya tumbuhan paku menghasilkan spora dengan jenis dan ukuran yang berbeda. Sedangkan pada gambar kanan, menunjukkan tanaman paku ekor kuda ( Equisetum sp. ) yang merupakan paku peralihan artinya menghasilkan spora dengan ukuran yang sama tetapi dengan jenis kelamin yang berbeda. space 

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan antara paku homospora, paku heterospora, dan paku peralihan serta tuliskan masing-masing contoh spesiesnya.

Pembahasan Soal:

  • Paku homospora atau [aku berumah satu menghasilkan satu jenis spora dengan bentuk dan ukuran yang sama.  Contoh : Lycopodium sp.
  • Paku heterospora adalah paku yang menghasilkan dua jenis spora dengan ukuran yang berbeda. Contoh : Marsilea sp.
  • Paku peralihan adalah tumbuhan paku yang menghasilkan spora ukuran sama tapi jenis berbeda. Contoh : Equisetum sp. space 

0

Roboguru

Berikut ini yang merupakan contoh paku peralihan adalah . . .

Pembahasan Soal:

Tumbuhan paku (Pteridophyta) merupakan tumbuhan kormophyta, yaitu tumbuhan yang sudah dapat dibedakan antara batang, daun, dan akarnya. Tumbuhan paku sudah memiliki berkas pembuluh dan memiliki akar serabut. Ciri khas tumbuhan paku yaitu daun muda menggulung serta memiliki 2 jenis daun yaitu daun steril (tropofil) dan daun fertil (sporofil). Berdasarkan jenis sporanya, tumbuhan paku dibedakan menjadi :

  1. Tumbuhan paku homospora, yaitu tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan bentuk, ukuran, dan jenis yang sama. Contoh tumbuhan paku homospora adalah Psilotum sp.
  2. Tumbuhan paku heterospora, yaitu tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan ukuran dan jenis yang berbeda. Contoh tumbuhan paku heterospora yaitu Marsilea crenata (paku semanggi) dan Selaginella (Paku rane).
  3. Tumbuhan paku peralihan, yaitu tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan ukuran sama, namun jenisnya berbeda Contoh tumbuhan paku peralihan yaitu Equisetum debile (paku ekor kuda).

Berdasarkan uraian di atas, dapat diketahui bahwa contoh tumbuhan paku peralihan yaitu Equisetum debile.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space space 

2

Roboguru

Berdasarkan spora yang dihasilkan, tumbuhan paku dibedakan menjadi tiga macam, yaitu tumbuhan paku Homospora, tumbuhan paku Heterospora, tumbuhan paku Peralihan. Berikut yang merupakan ciri tumbuhan p...

Pembahasan Soal:

Tumbuhan paku dibagi dalam tiga golongan berdasarkan spora yang dihasilkannya yaitu:

  1. Paku homospora yaitu paku yang menghasilkan spora baik ukuran dan jenis yang sama. Contohnya adalah paku kawat (Lycopodium sp.)
  2. Paku heterospora yaitu paku yang menghasilkan dua jenis spora yang ukurannya berbeda. Makrospora ukuran besar berjenis betina dan mikrospora ukuran kecil berjenis jantan. Contohnya paku Selaginella sp.
  3. Paku peralihan yaitu paku yang menghasilkan spora dengan bentuk dan ukuran yang sama tetapi berbeda jenis kelaminnya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Tumbuhan paku dibedakan menjadi paku homospora, heterospora, dan peralihan. Dasar yang membedakan adalah...

Pembahasan Soal:

Tumbuhan paku dibedakan berdasarkan jenis spora yang dihasilkannya menjadi paku homospora, paku heterospora, dan paku peralihan. Paku homospora artinya tumbuhan paku ini memiliki ukuran dan jenis spora yang seragam. Paku heterospora artinya tumbuhan paku tersebut menghasilkan spora yang berbeda ukuran dan bentuk yang berbeda, biasanya spora betina berukuran lebih besar dibandingkan spora jantan. Sedangkan paku peralihan adalah jenis tumbuhan paku yang menghasilkan spora dengan bentuk dan ukuran yang sama, namun dapat kita bedakan jenis kelamin jantan atau betinanya. Biasanya pada paku peralihan berumah dua, artinya satu tumbuhan hanya memiliki satu jenis kelamin saja.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved