Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tumbuhan dapat hidup dengan subur di atas tanah karena ....

Tumbuhan dapat hidup dengan subur di atas tanah karena ....space 

Iklan

R. Fransisca

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Tumbuhan dapat hidup dengan subur di atas tanah karena tanah mengandung beberapa komponen penyusun, yaitu sebagai berikut : Humus .Humus adalah komponen organik yang dihasilkan dari proses dekomposisi hewan atau tumbuhan yang mati, daun yang gugur, atau kotoran hewan yang diuraikan oleh bakteri dan jamur. Humus merupakan tanah yang subur karena mengandung mineral dan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan tumbuhan. Air . Organisme-organisme yang hidup di tanah, seperti tumbuhan membutuhkan kelembaban tanah. Kelembaban tanah tersebut dapat disebabkan oleh keberadaan air di dalam tanah. Selain itu, air juga diserap oleh tumbuhan untuk proses pertumbuhan dan metabolismenya. Mineral .Tanah berasal dari pelapukan batuan dan kerakbumi.Di dalam kerak bumi terdapat kandungan mineral berupa ion-ion positif dan ion-ion negatif. Ion-ion positif yang terdapat dalam tanah antara lain kalium, kalsium, dan magnesium. Sementara ion-ion negatif yang ada di tanah di antaranya nitrat, fosfat, dan sulfat. Ion-ion tersebut merupakan nutrisi bagi tumbuhan yang diserap melalui akar.

Tumbuhan dapat hidup dengan subur di atas tanah karena tanah mengandung beberapa komponen penyusun, yaitu sebagai berikut :

  1. Humus. Humus adalah komponen organik yang dihasilkan dari proses dekomposisi hewan atau tumbuhan yang mati, daun yang gugur, atau kotoran hewan yang diuraikan oleh bakteri dan jamur. Humus merupakan tanah yang subur karena mengandung mineral dan nutrisi yang penting bagi pertumbuhan tumbuhan.
  2. Air. Organisme-organisme yang hidup di tanah, seperti tumbuhan membutuhkan kelembaban tanah. Kelembaban tanah tersebut dapat disebabkan oleh keberadaan air di dalam tanah. Selain itu, air juga diserap oleh tumbuhan untuk proses pertumbuhan dan metabolismenya.
  3. Mineral. Tanah berasal dari pelapukan batuan dan kerakbumi. Di dalam kerak bumi terdapat kandungan mineral berupa ion-ion positif dan ion-ion negatif. Ion-ion positif yang terdapat dalam tanah antara lain kalium, kalsium, dan magnesium. Sementara ion-ion negatif yang ada di tanah di antaranya nitrat, fosfat, dan sulfat. Ion-ion tersebut merupakan nutrisi bagi tumbuhan yang diserap melalui akar. space 

Latihan Bab

Gambaran Umum tentang Tanah

Bagian-Bagian Tanah

Pemanfaatan dan Pelestarian Tanah

Peranan Organisme Tanah

4rb+

Sovia Erina Damayanti

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apakah benar bahwa tanah itu merupakan komponen yang sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan?

13

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia