Iklan

Iklan

Pertanyaan

Perhatikan paragraf berikut!


     Sejak kecil mereka sudah diajari saling bantu-membantu dalam melaksanakan pekerjaan di rumah. Mereka lima bersaudara. Adam anak yang paling terkecil di keluarga itu. Kakak-kakaknya sangat sayang pada Adam. Beraneka jenis-jenis binatang dipelihara di rumahnya. Ayahnya adalah seorang petani yang rajin. Ketika matahari mulai terbit dari sebelah timur sang ayah sudah berangkat menuju ke sawah. Banyak tetangga-tetangganya yang merasa kagum dengan sikap santun dan rukun di keluarga itu.space 

Tulislah paling sedikit lima kata yang tidak efektif pada paragraf tersebut!

Tulislah paling sedikit lima kata yang tidak efektif pada paragraf tersebut!space 

Iklan

W. Wahyuni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Jawaban terverifikasi

Jawaban

lima kata yang tidak efektif pada paragraf tersebut ialah bantu-membantu , terkecil, jenis-jenis, adalah , dan tetangga-tetangganya .

lima kata yang tidak efektif pada paragraf tersebut ialah bantu-membantu, terkecil, jenis-jenis, adalah, dan tetangga-tetangganya.space 

Iklan

Pembahasan

Keefektifan kalimat dalam sebuah teks adalah hal yang wajib agar gagasan dapat tersampaikan dengan baik oleh pembaca. Syarat-syarat kalimat efektif ialah memiliki kesepadanan struktur, memiliki bentuk yang paralel, hemat kata, tidak memunculkan subjek secara berulang, menghindari pengulangan kata dengan arti yang sama dalam satu kalimat, memperhatikan penggunaan kata jamak agar tidak ada penambahan kata yang juga bermakna jamak, dan yang terpenting memiliki kelogisan makna. Berdasarkan penjelasan ini, berikut beberapa kalimat dengan penggunaan kata yang tidak tepat. Sejak kecil mereka sudah diajari saling bantu-membantu dalam melaksanakan pekerjaan di rumah. Bentuk reduplikasi kata bantu-membantu termasuk tidak efektif karena sudah ada kata saling yang merujuk pada makna bantu-membantu . Jika ingin menggunakan kata bantu-membantu , sebaiknya kata saling dihilangkan. Adam anak yang paling terkecil di keluarga itu. Kata terkecil sudah merujuk pada makna paling kecil , begitupun sebaliknya. Beraneka jenis-jenis binatang dipelihara di rumahnya. Beraneka sudah menunjukkan jenis atau macam yang lebih dari satu, sehingga tidak perlu ada pengulangan pada kata jenis karena sudah ada kata beraneka . Ayahnya adalah seorang petani yang rajin. Penggunaan kata adalah memunculkan predikat lain yang tidak perlu. Banyak tetangga-tetangganya yang merasa kagum dengan sikap santun dan rukun di keluarga itu. Kata tetangga sudah merupakan kata jamak yang tidak perlu diulang. Dengan demikian, lima kata yang tidak efektif pada paragraf tersebut ialah bantu-membantu , terkecil, jenis-jenis, adalah , dan tetangga-tetangganya .

Keefektifan kalimat dalam sebuah teks adalah hal yang wajib agar gagasan dapat tersampaikan dengan baik oleh pembaca. Syarat-syarat kalimat efektif ialah memiliki kesepadanan struktur, memiliki bentuk yang paralel, hemat kata, tidak memunculkan subjek secara berulang, menghindari pengulangan kata dengan arti yang sama dalam satu kalimat, memperhatikan penggunaan kata jamak agar tidak ada penambahan kata yang juga bermakna jamak, dan yang terpenting memiliki kelogisan makna. Berdasarkan penjelasan ini, berikut beberapa kalimat dengan penggunaan kata yang tidak tepat.

  1. Sejak kecil mereka sudah diajari saling bantu-membantu dalam melaksanakan pekerjaan di rumah.
    Bentuk reduplikasi kata bantu-membantu termasuk tidak efektif karena sudah ada kata saling yang merujuk pada makna bantu-membantu. Jika ingin menggunakan kata bantu-membantu, sebaiknya kata saling dihilangkan.
  2. Adam anak yang paling terkecil di keluarga itu.
    Kata terkecil sudah merujuk pada makna paling kecil, begitupun sebaliknya.
  3. Beraneka jenis-jenis binatang dipelihara di rumahnya.
    Beraneka sudah menunjukkan jenis atau macam yang lebih dari satu, sehingga tidak perlu ada pengulangan pada kata jenis karena sudah ada kata beraneka.
  4. Ayahnya adalah seorang petani yang rajin.
    Penggunaan kata adalah memunculkan predikat lain yang tidak perlu.
  5. Banyak tetangga-tetangganya yang merasa kagum dengan sikap santun dan rukun di keluarga itu.
    Kata tetangga sudah merupakan kata jamak yang tidak perlu diulang.

Dengan demikian, lima kata yang tidak efektif pada paragraf tersebut ialah bantu-membantu, terkecil, jenis-jenis, adalah, dan tetangga-tetangganya.space 

Latihan Bab

Mengenal Teks Cerita Inspirasi

Kebahasaan Teks Cerita Inspirasi

Analisis Teks Cerita Inspirasi

Membuat Teks Cerita Inspirasi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

31

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Apakah penggunaan kalimat deskriptif dan ekspresif sudah sesuai?

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia