Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah dengan cermat teks deskripsi berikut!
 

Rumah Hijau (Green House) di Taman Sekolahku

    Sekolahku, SMP Pelita Hati, memiliki rumah hijau (green house). Tahukah kamu apa itu rumah hijau? Rumah hijau adalah tempat khusus untuk menanam tumbuhan. Suhu dan kelembapan di rumah hijau dapat diatur sehingga tak terpengaruh musim. Dalam rumah hijau, kami dapat melakukan berbagai kegiatan pembibitan dan pengembangan varietas tanaman. Rumah hijau dapat menjadi laboratorium tanaman. Pembelajaran IPA dan prakarya pun dapat dilakukan di sini.

    Rumah hijau kami ada di dalam taman sekolah, tepatnya di sudut sebelah barat taman sekolah. Rumah hijau tersebut berukuran panjang 5 meter dan Iebar 3 meter sehingga luasnya hanya 15 meter persegi. Rangka bangunannya dari besi dan dindingnya dari fiber dengan warna transparan. Rumah hijau ini beratapkan kasa hitam agar sorotan sinar matahari tidak langsung mengenai tanaman.

    Ada berbagai tanaman di dalam rumah hijau kami. Tanaman tersebut adalah sayur-mayur, tanaman bunga, dan tanaman obat. Semua tanaman tumbuh dengan subur dan cantik. Sayur-mayur yang ditanam di rumah hijau meliputi sawi hijau, bayam, wortel, mentimun, tomat, cabai, daun bawang, dan seledri. Kelompok sayur mayur ada di rak pertama. Tanaman bunga yang ditanam di rumah hijau adalah mawar, melati, lili, dan anggrek. Tanaman bunga ada di rak kedua. Tanaman obat yang ditanam di rumah hijau adalah sirih kuning, sirih hijau, jahe merah, kunyit, dan temu lawak. Tanaman obat ada di rak ketiga.

    Tanaman di rumah hijau ditanam di media tanah dalam polybag dan pot dengan berbagai ukuran. Tanaman yang masih kecil atau bibit ditanam dalam polybag. Sementara itu, tanaman yang sudah mulai besar dipindahkan dalam pot berbagai ukuran.

    Tanaman di rumah hijau kami tumbuh dengan subur dan terawat. Semua tanaman tersusun dengan rapi. Tanaman tersebut dirawat oleh para siswa secara bergantian. Para siswa sangat rajin merawat tanaman tersebut. Bapak dan ibu guru pun mendukung usaha ini. Kami sangat senang karena rumah hijau di sudut taman sekolah dapat menambah indah, asri, dan nyaman lingkungan sekolah.space 

Tulislah kalimat yang menggunakan kata sifat, kata ganti, dan kalimat tunggal dalam teks tersebut. Penggunaan kata sifat:

Tulislah kalimat yang menggunakan kata sifat, kata ganti, dan kalimat tunggal dalam teks tersebut.

Penggunaan kata sifat:space 

Iklan

E. Iga

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sanata Dharma

Jawaban terverifikasi

Jawaban

kata sifat pada teks deskripsi di atas ialah kata rapi yang terdapat pada kalimat " Semua tanaman tersusun dengan rapi."

kata sifat pada teks deskripsi di atas ialah kata rapi yang terdapat pada kalimat "Semua tanaman tersusun dengan rapi."

Iklan

Pembahasan

Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu peristiwa atau objek tentang pengalaman penglihatan, pendengaran, penciuman, dan perasaan . Dengan pengalaman indranya tersebut, seorang penulis akan menuangkan objek yang dilihat, didengar, dicium, dan dirasanya ke dalam kalimat demi kalimat. Ciri Teks Deskripsi : Menggambarkan atau melukiskan sesuatu. Melibatkan kesan indra sehingga gambaran objek menjadi jelas. Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri objek yang diamati penulis. Menjelaskan ciri-ciri objek secara terperinci, seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek. Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi: Menggunakan kata sifat Kata sifat adalah kata yang menjelaskan kata benda secara khusus. Contohnya indah, elok, cantik, tua, muda, nyaman, lama, baru, asli, rajin, dan pandai . Contoh penggunaan kata sifat dalam kalimat: Candi Prambanan adalah bangunan luar biasa cantik yang dibangun pada abad X. Menggunakan konjungsi Konjungsi atau kata hubung adalah kata yang menghubungkan kata dengan kata atau kalimat dengan kalimat. Berikut beberapa jenis kata hubung yang sering digunakan. a.Kata hubung yang menyatakan hubungan penambahan, misalnya dan, serta, lagi, dan lagi pula . b. Kata hubung yang menyatakan hubungan pemilihan, yaitu atau . c. Kata hubung yang menyatakan hubungan pertentangan, misalnya namun, tetapi, meskipun, sedangkan, dan walaupun . d. Kata hubung yang menyatakan hubungan sebab akibat, misalnya sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, dan sehingga . e. Kata hubung yang menyatakan hubungan syarat, misalnya jika, andai, andaikan, dan andaikata . f. Kata hubung yang menyatakan hubungan tujuan, misalnya agar dan supaya . Menggunakan kalimat tunggal Kalimat tunggal adalah kalimat yang hanya memiliki satu predikat dan tidak dapat diuraikan lagi. Adapun polanya sebagai berikut. a. Subjek + Predikat Roro Jonggrang (S) menolak (P). b. Subjek + Predikat + Objek Bandung Bondowoso (S) melamar (P) Roro Jonggrang (O) . c. Subjek + Predikat + Keterangan Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa (S) menghadap (P) ke timur (Ket). d. Subjek + Predikat + Objek + Keterangan Ketiga candi tersebut (S) merupakan (P) lambang Trimurti (O) dalam kepercayaan Hindu (Ket) . Penggunaan kata sifat pada teks di atas sebagai berikut: Semua tanaman tersusun dengan rapi . Kata sifat pada kalimat di atas tampak pada kata rapi . Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia , kata subur berarti 'baik', 'teratur', 'apik'. Kata rapi pada kalimat di atas menjelaskankeadaan semua tanaman yang terdapat di rumah hijau. Dengan demikian, kata sifat pada teks deskripsi di atas ialah kata rapi yang terdapat pada kalimat " Semua tanaman tersusun dengan rapi."

Teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu peristiwa atau objek tentang pengalaman penglihatan, pendengaran, penciuman, dan perasaan. Dengan pengalaman indranya tersebut, seorang penulis akan menuangkan objek yang dilihat, didengar, dicium, dan dirasanya ke dalam kalimat demi kalimat.

Ciri Teks Deskripsi:

  1. Menggambarkan atau melukiskan sesuatu.
  2. Melibatkan kesan indra sehingga gambaran objek menjadi jelas.
  3. Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau mengalami sendiri objek yang diamati penulis.
  4. Menjelaskan ciri-ciri objek secara terperinci, seperti warna, ukuran, bentuk, dan keadaan suatu objek. 

Ciri Kebahasaan Teks Deskripsi:

  1. Menggunakan kata sifat
    Kata sifat adalah kata yang menjelaskan kata benda secara khusus. Contohnya indah, elok, cantik, tua, muda, nyaman, lama, baru, asli, rajin, dan pandai. Contoh penggunaan kata sifat dalam kalimat:
    Candi Prambanan adalah bangunan luar biasa cantik yang dibangun pada abad X.
  2. Menggunakan konjungsi
    Konjungsi atau kata hubung adalah kata yang menghubungkan kata dengan kata atau kalimat dengan kalimat. Berikut beberapa jenis kata hubung yang sering digunakan.
    a. Kata hubung yang menyatakan hubungan penambahan, misalnya dan, serta, lagi, dan lagi pula.
    b. Kata hubung yang menyatakan hubungan pemilihan, yaitu atau.
    c. Kata hubung yang menyatakan hubungan pertentangan, misalnya namun, tetapi, meskipun, sedangkan, dan walaupun.
    d. Kata hubung yang menyatakan hubungan sebab akibat, misalnya sebab, karena, oleh sebab itu, oleh karena itu, dan sehingga.
    e. Kata hubung yang menyatakan hubungan syarat, misalnya jika, andai, andaikan, dan andaikata.
    f. Kata hubung yang menyatakan hubungan tujuan, misalnya agar dan supaya.
  3. Menggunakan kalimat tunggalKalimat tunggal adalah kalimat yang hanya memiliki satu predikat dan tidak dapat diuraikan lagi. Adapun polanya sebagai berikut.
    a. Subjek + Predikat
    Roro Jonggrang (S) menolak (P).

    b. Subjek + Predikat + Objek
    Bandung Bondowoso (S) melamar (P) Roro Jonggrang (O).

    c. Subjek + Predikat + Keterangan
    Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa (S) menghadap (P) ke timur (Ket).

    d. Subjek + Predikat + Objek + Keterangan
    Ketiga candi tersebut (S) merupakan (P) lambang Trimurti (O) dalam kepercayaan Hindu (Ket).

Penggunaan kata sifat pada teks di atas sebagai berikut:

Semua tanaman tersusun dengan rapi.

Kata sifat pada kalimat di atas tampak pada kata rapi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, kata subur berarti 'baik', 'teratur', 'apik'. Kata rapi pada kalimat di atas menjelaskan keadaan semua tanaman yang terdapat di rumah hijau.

Dengan demikian, kata sifat pada teks deskripsi di atas ialah kata rapi yang terdapat pada kalimat "Semua tanaman tersusun dengan rapi."

Latihan Bab

Mengenal Teks Deskripsi

Kebahasaan Teks Deskripsi

Menganalisis Teks Deskripsi

Membuat Teks Deskripsi

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

204

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Di mana saja karya Affandi dipamerkan?

27

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia