Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tulislah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tulisan resensi bukunonfiksi!

Tulislah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tulisan resensi buku nonfiksi!space 

  1. ...space 

  2. ...space 

Iklan

K. Khoirunnisa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Resensi adalah ulasan atau pembicaraan mengenai suatu karya baik itu buku, film, atau karya yang lain. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tulisan resensi, antara lain sebagai berikut: Identitas buku a. Judul buku, jika buku yang akan kamu resensi adalah buku terjemahan, akan lebih baik jika kamu menuliskan judul asli buku tersebut. b. Penulis atau pengarang, jika buku yang diresensi adalah buku terjemahan, kamu harus menyebutkan penulis buku asli dan penerjemah. c. Nama penerbit d. Cetakan dan tahun terbit e. Tebal buku dan jumlah halaman Tujuan pengarang buku atau karya Judul dan tujuan penulisan resensi Keunggulan buku atau karya Kelemahan buku atau karya Ikhtisar isi buku Dalam meresensi buku, seorang peresensi harus menulis buku yang hendak diresensi. Ikhtisar adalah bentuk singkat dari suatu karangan atau rangkuman. Ikhtisar merupakan bentuk singkat karangan yang tidak mempertahankan urutan karangan atau buku asli, sedangkan ringkasan harus sesuai dengan urutan karangan atau buku aslinya. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat ikhtisar isi buku adalah sebagai berikut. a. Membaca naskah/buku asli Penulis ikhtisar harus membaca buku asli secara keseluruhan untuk mengetahui gambaran umum, maksud, dan sudut pandang pengarang. b. Mencatat gagasan pokok dan isi pokok setiap bab c. Membuat reproduksi atau menulis kembali gagasan yang dianggap penting ke dalam karangan singkat yang mempunyai satu kesatuan yang padu. Kesimpulan yang berupa nilai buku atau karya yang diresensi Penulis resensi harus mengemukakan apa yang diperolehnya dari buku yang diresensi dan imbauan kepada pembaca. Jangan lupa cantumkan nama kamu selaku peresensi.

Resensi adalah ulasan atau pembicaraan mengenai suatu karya baik itu buku, film, atau karya yang lain.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tulisan resensi, antara lain sebagai berikut:

  1. Identitas buku
    a. Judul buku, jika buku yang akan kamu resensi adalah buku terjemahan, akan lebih baik jika kamu menuliskan judul asli buku tersebut.
    b. Penulis atau pengarang, jika buku yang diresensi adalah buku terjemahan, kamu harus menyebutkan penulis buku asli dan penerjemah.
    c. Nama penerbit
    d. Cetakan dan tahun terbit
    e. Tebal buku dan jumlah halaman
  2. Tujuan pengarang buku atau karya
  3. Judul dan tujuan penulisan resensi
  4. Keunggulan buku atau karya
  5. Kelemahan buku atau karya
  6. Ikhtisar isi buku
    Dalam meresensi buku, seorang peresensi harus menulis buku yang hendak diresensi. Ikhtisar adalah bentuk singkat dari suatu karangan atau rangkuman. Ikhtisar merupakan bentuk singkat karangan yang tidak mempertahankan urutan karangan atau buku asli, sedangkan ringkasan harus sesuai dengan urutan karangan atau buku aslinya. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat ikhtisar isi buku adalah sebagai berikut.
    a. Membaca naskah/buku asli
    Penulis ikhtisar harus membaca buku asli secara keseluruhan untuk mengetahui gambaran umum, maksud, dan sudut pandang pengarang.
    b. Mencatat gagasan pokok dan isi pokok setiap bab
    c. Membuat reproduksi atau menulis kembali gagasan yang dianggap penting ke dalam karangan singkat yang mempunyai satu kesatuan yang padu.
  7. Kesimpulan yang berupa nilai buku atau karya yang diresensi
    Penulis resensi harus mengemukakan apa yang diperolehnya dari buku yang diresensi dan imbauan kepada pembaca. Jangan lupa cantumkan nama kamu selaku peresensi.space 

10rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sejauh ini, para pengamat sastra Indonesia selalu menempatkan novel Belenggu sebagai novel terpenting sebelum perang. Sejak kemunculan yang pertama, pada tahun 1940, novel ini banyak memperoleh berbag...

937

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia