Roboguru

Tulislah B jika pernyataan di bawah ini Benar dan S jika salah serta berikan alasannya! Protista yang menyerupai jamur terdiri dari Oomycota dan Myxomicota.

Pertanyaan

Tulislah B jika pernyataan di bawah ini Benar dan S jika salah serta berikan alasannya! space

Protista yang menyerupai jamur terdiri dari Oomycota dan Myxomicota.space 

Pembahasan Soal:

Pernyataan tersebut benar (B), karena Oomycota (jamur air) dan Myxomicota (jamur lendir tidak bersekat) termasuk kedalam protista mirip jamur. Akan tetapi, terdapat 1 jenis lagi protista mirip jamur yaitu Acrasiomycota (jamur lendir bersekat).space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Anissa

Mahasiswa/Alumni Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Protista yang menyerupai jamur adalah ....  Mixomycota Phycomycota Oomycota Eumycota

Pembahasan Soal:

Protista mirip jamur:space space 

  1. Myxomycota disebut dengan jamur lendir karena memiliki protoplasma tanpa dinding sel. Myxomycota adalah kelompok jenis jamur lendir yang berwarna kuning karena memiliki pigmen berwarna kuning atau oranye. Myxomycota bersifat heterotrof, memiliki bentuk tubuh seperti lendir (plasmodium), dan dapat bergerak-gerak seperti amoeba.
  2. Oomycota memiliki bentuk yang berbeda dari jamur lendir karena memiliki hifa yang tidak bersekat tetapi memiliki dinding sel yang terbuat dari selulosa.space space 

Jadi, jawaban yang benar adalah B.space space 

Roboguru

Apakah organisme-organisme tersebut merupakan organisme satu sel atau banyak sel? Jelaskan perbedaan kedua organisme tersebut!

Pembahasan Soal:

Dictyostelium sp. dan Saprolegnia sp. termasuk ke dalam organisme multiseluler (bersel banyak). Perbedaanya yaitu Dictyostelium sp. termasuk ke dalam Acrasiomycota (jamur lendir seluler), ciri-ciri Dictyostelium sp. yaitu hidup di kayu-kayu lapuk dan bahan organik yang membusuk, reproduksi seksual terjadi saat adanya peleburan sel gamet, dan memiliki tubuh buah yang berfungsi sebagai alat reproduksi aseksual yang menghasilkan spora. Sedangkan Saprolegnia sp. termasuk ke dalam Oomycota (jamur air), ciri-ciri Saprolegnia sp. yaitu berbentuk seperti lapisan selaput, memiliki hifa yang tidak bersekat (seonositik), hidup secara saprofit dengan cara menguraikan zat organik dari bangkai, dinding sel terbuat dari selulosa, reproduksi aseksual dengan cara pembentukan zoospora berflagel dua dan secara seksual dengan pembuahan sel telur oleh inti sperma yang menghasilkan zigot resisten (oospora).space 

Roboguru

Sebutkan 2 jenis protista mirip jamur ....

Pembahasan Soal:

Beberapa kelompok jamur tidak dikelompokkan ke dalam dunia jamur, tetapi dikelompokkan ke dalam dunia Protista, sebab pada satu tahap dalam daur hidupnya, yaitu pada fase vegetatif, jamur tersebut mampu bergerak seperti protozoa. Kelompok tersebut terbagi menjadi tiga yaitu Myxomycota (jamur lendir bersekat) dengan ciri memiliki tubuh tidak bersekat, ada yang bersel satu dan ada yang bersel banyak. Contoh spesies dari jenis myxomycota yaitu Physarium sp. Acrasiomycota (jamur lendir bersekat) ciri yang dimiliki jamur ini adalah tubuh yang bersekat, ada yang bersel satu, dan ada yang bersel banyak. Contoh spesies dari jenis acrasiomycota yaitu Dyctyostelium sp. Oomycota (Jamur air) kelompok jamur yang memiliki dinding sel dari selulosa dan hifa yang tidak bersekat. Contoh spesies dari jenis oomycota adalah Saprolegnia sp, hidup saprofit pada bangkai serangga yang mati di air dan Phytopthora infestan, parasit pada tanaman kentang.

Dengan demikian, contoh 2 jenis protista mirip jamur yaitu Saprolegnia sp, hidup saprofit pada bangkai serangga yang mati di air dan Phytopthora infestan, parasit pada tanaman kentang.undefined

Roboguru

Bagaimana dasar pengklasifikasian jamur lendir ke dalam Myxomycota dan Acrasiomycota?

Pembahasan Soal:

Dasar pengklasifikasian jamur lendir ke dalam Myxomycota dan Acrasiomycota dapat di jabarkan sebagai berikut.undefined 

  1. Bentuk tubuh
  2. Ada tidaknya sekat pada hifa.undefined 
  3. Jenis kromosomnya berupa haploid (n) atau diploid (2n).undefined 
  4. Cara reproduksi.undefined 
  5. Cara memperoleh makanan (fase makan).undefined 
Roboguru

Protista dibagi menjadi tiga, yaitu protista mirip jamur, mirip tumbuhan, dan mirip hewan. 4b. Berikan contoh anggota dari Protista mirip jamur!

Pembahasan Soal:

Contoh dari Protista mirip jamur sebagai berikut.

  1. Jamur lendir (Myxomycota), dibedakan menjadi dua, yaiitu; jamur lendir tidak bersekat (Myxomycetes) dan jamur lendir besekat (Acrasiomycetes).
  2. Jamur air (Oomycota), contoh: Saprolegnia, Phytophthora, Pythium.space space
Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved