Roboguru
SD

Tuliskanlah fungsi kerangka!

Pertanyaan

Tuliskanlah fungsi kerangka!space 

E. Roa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sriwijaya

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Kerangka merupakan susunan tulang-tulang yang saling terhubung sehingga membentuk pondasi tubuh pada hewan. Selain itu, kerangka memiliki fungsi lainnya diantaranya :

  1. Memberikan Bentuk Tubuh dan Menegakkan Tubuh. Adanya fungsi rangka ini memberikan bentuk tubuh serta mampu menegakkan tubuh.
  2. Sebagai Tempat Melekatnya Otot. Fungsi rangka selanjutnya adalah sebagai tempat melekatnya otot-otot. Rangka dan otot memang telah dikenal sebagai dua bagian dalam tubuh yang tak dapat dipisahkan. Rangka merupakan alat gerak pasif sedangkan otot merupakan alat gerak aktif. Tanpa adanya otot, rangka tubuh tidak dapat bergerak dan badan akan kaku.
  3. Sebagai Pelindung Organ-organ dalam Tubuh. Rangka yang merupakan susunan tulang adalah bagian tubuh yang paling keras. Maka dari itu fungsi rangka juga dapat melindungi organ-organ yang ada dalam pada tubuh. Rangka ini akan melindungi alat-alat tubuh yang bersifat lunak dan penting. Seperti rangka pada dada memiliki fungsi untuk melindungi paru-paru dan jantung, rangka pada kepala untuk melindungi otak, bola mata, hidung, dan saluran pernafasan bagian atas. Tulang pinggul melindungi organ alat pencernaan dan alat reproduksi bagian dalam.
  4. Tempat Menghasilkan Sel Darah Merah. Komponen sel-sel darah merah berasal dari rangka tubuh. Fungsi rangka ini memberikan tempat sebagai pembentukan darah merah dan darah putih. biasanya rangka yang mampu menjadi tempat pembentukan sel-sel darah ini pada tulang pipa dan tulang paha.
  5. Tempat Pembentukan Sumsum Kuning. Sumsum kuning adalah adalah tempat menyimpan lemak. Lemak sebagai sumber energi cadangan pada manusia ini terdapat pada rangka manusia. Jadi secara tak langsung bahwa fungsi rangka manusia sebgai tempat penyimpanan energi pada tubuh.
  6. Menyimpan Mineral. Ada sekitar 62% matriks tulang yang tersusun dari garam anorganik terutama kalsium fospat dan kalsium karbonat. Dan ada sekitar 99% kalsium ada pada rangka tubuh. Rangka tubuh yang terdiri dari tulang-tulang ini sebagai tempat menyimpan kalsium dan fosfor. Kalsium berfungsi sebagai kontaksi otot dan pembekuan darah. Fosfor berfungsi sebagai pembentukan ATP.
  7. Sebagai Fungsi Imunologis. Fungsi rangka ini sebagai tempat menghasilkan sel-sel imunitas atau kekebalan tubuh yang ada dalam sumsum tulang.space 

47

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jelaskan fungsi rangka!

208

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia