Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskanlah ciri-ciri setiap kelompok vertebrata yaitu pisces, amphibia, reptilia, aves,dan mammalia ditinjau dari segisuhu tubuh!

Tuliskanlah ciri-ciri setiap kelompok vertebrata yaitu pisces, amphibia, reptilia, aves, dan mammalia ditinjau dari segi suhu tubuh!space 

Iklan

Z. Wihanifa

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Berikut ini merupakan ciri-ciri setiap kelompok vertebrata yaitu pisces, amphibia, reptilia, aves, dan mammalia ditinjau dari segi suhu tubuh : Pisces ,bersifat poikiloterm (berdarah dingin / suhu tubuh dipengaruhi oleh suhu lingkungan). Amphibia ,bersifat poikiloterm (berdarah dingin / suhu tubuh dipengaruhi oleh suhu lingkungan). Reptilia ,bersifat poikiloterm (berdarah dingin / suhu tubuh dipengaruhi oleh suhu lingkungan). Reptilia mengontrol suhu tubuhnya bukan dengan metabolisme tubuh, melainkan dengan adaptasi tingkah laku, contohnya kadal sering berjemur di bawah terik matahari ketika udara sejuk dan mencari tempat teduh jika udara terlalu panas. Aves ,bersifat homoioterm(berdarah panas / suhu tubuh cenderung tetap dan tidak dipengaruhi oleh suhu lingkungan). Aves mempertahankan suhu tubuhnya dengan bulu-bulu (bulu sebagai isolator panas). Suhu tubuh Aves berkisar antara 40,5-42 derajat Celcius. Mammalia ,bersifat homoioterm (berdarah panas / suhu tubuh cenderung tetap dan tidak dipengaruhi oleh suhu lingkungan).Tubuh mammalia dipertahankan pada suhu 36 derajat Celcius. Beberapa spesies melakukan hibernasi, yaitu tidak aktif atau tidur selama musim dingin. Pada saatudara panas, kelebihan panas tubuh dibuang melalui keringat.

Berikut ini merupakan ciri-ciri setiap kelompok vertebrata yaitu pisces, amphibia, reptilia, aves, dan mammalia ditinjau dari segi suhu tubuh:

  • Pisces, bersifat poikiloterm (berdarah dingin / suhu tubuh dipengaruhi oleh suhu lingkungan).
  • Amphibia, bersifat poikiloterm (berdarah dingin / suhu tubuh dipengaruhi oleh suhu lingkungan).
  • Reptilia, bersifat poikiloterm (berdarah dingin / suhu tubuh dipengaruhi oleh suhu lingkungan). Reptilia mengontrol suhu tubuhnya bukan dengan metabolisme tubuh, melainkan dengan adaptasi tingkah laku, contohnya kadal sering berjemur di bawah terik matahari ketika udara sejuk dan mencari tempat teduh jika udara terlalu panas.
  • Aves, bersifat homoioterm (berdarah panas / suhu tubuh cenderung tetap dan tidak dipengaruhi oleh suhu lingkungan). Aves mempertahankan suhu tubuhnya dengan bulu-bulu (bulu sebagai isolator panas). Suhu tubuh Aves berkisar antara 40,5-42 derajat Celcius.
  • Mammalia, bersifat homoioterm (berdarah panas / suhu tubuh cenderung tetap dan tidak dipengaruhi oleh suhu lingkungan). Tubuh mammalia dipertahankan pada suhu 36 derajat Celcius. Beberapa spesies melakukan hibernasi, yaitu tidak aktif atau tidur selama musim dingin. Pada saat udara panas, kelebihan panas tubuh dibuang melalui keringat.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Adinda Permata Silka

Pembahasan lengkap banget Makasih ❤️

khaerunnisa

Pembahasan tidak menjawab soal

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tuliskan kelompok vertebrata yang bersifat homoiotermis. Mengapa kelompok-kelompok tersebut demikian?

5

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia