Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan unsur-unsur dari lingkaran!

Tuliskan unsur-unsur dari lingkaran!space 

Iklan

P. Afrisno

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Jawaban

unsur-unsur lingkaran ditunjukkan seperti di atas.

unsur-unsur lingkaran ditunjukkan seperti di atas.space 

Iklan

Pembahasan

Perhatikan gambar berikut. Berdasarkan lingkaran di atas dapat ditentukan beberapa unsur lingkaran di atas sebagai berikut. Titik pusat lingkaran adalah titik yang berada di tengah lingkaran yang berjarak sama terhadap titik di keliling lingkaran. Pada gambar di atas titik P adalah pusat lingkaran. Jari-jari lingkaran adalah panjang garis lurus yang menghubungkan titik pusat dan titik pada keliling lingkaran. Pada gambar di atas jari-jari lingkaran ditunjukkan oleh garis AP, BP, CP, dan DP. Diameter lingkaran adalah panjang garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran dan melalui titik pusat lingkaran. Pada gambar di atas, garis AC adalah diameter lingkaran. Busur lingkaran adalah garis lengkung yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran. Pada gambar di atas busur lingkaran salah satunya ditunjukkan oleh garis lengkung CD. Tali busur lingkaran adalahgaris lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran. Pada gambar di atas tali busur lingkaran salah satunya ditunjukkan oleh garis lurus CD. Juring lingkaran adalah daerah pada lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari dan sebuah tali busur. Pada gambar di atas juring ditunjukkan oleh daerah yang diarsir merah. Tembereng adalah daerah pada lingkaran yang dibatasi oleh sebuah busur lingkaran dan sebuah tali busur. Pada gambar di atas ditunjukkan oleh daerah yang diarsir biru. Apotema adalah garis yang manyatakan jarak terpendek dari titik pusat ke tali busur lingkaran. Pada gambar di atas, garis EP adalah apotema lingkaran. Dengan demikian, unsur-unsur lingkaran ditunjukkan seperti di atas.

Perhatikan gambar berikut.

Berdasarkan lingkaran di atas dapat ditentukan beberapa unsur lingkaran di atas sebagai berikut.

  1. Titik pusat lingkaran adalah titik yang berada di tengah lingkaran yang berjarak sama terhadap titik di keliling lingkaran. Pada gambar di atas titik P adalah pusat lingkaran.
  2. Jari-jari lingkaran adalah panjang garis lurus yang menghubungkan titik pusat dan titik pada keliling lingkaran. Pada gambar di atas jari-jari lingkaran ditunjukkan oleh garis AP, BP, CP, dan DP.
  3. Diameter lingkaran adalah panjang garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran dan melalui titik pusat lingkaran. Pada gambar di atas, garis AC adalah diameter lingkaran.
  4. Busur lingkaran adalah garis lengkung yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran. Pada gambar di atas busur lingkaran salah satunya ditunjukkan oleh garis lengkung CD.
  5. Tali busur lingkaran adalah garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran. Pada gambar di atas tali busur lingkaran salah satunya ditunjukkan oleh garis lurus CD.
  6. Juring lingkaran adalah daerah pada lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari dan sebuah tali busur. Pada gambar di atas juring ditunjukkan oleh daerah yang diarsir merah.
  7. Tembereng adalah daerah pada lingkaran yang dibatasi oleh sebuah busur lingkaran dan sebuah tali busur. Pada gambar di atas ditunjukkan oleh daerah yang diarsir biru.
  8. Apotema adalah garis yang manyatakan jarak terpendek dari titik pusat ke tali busur lingkaran. Pada gambar di atas, garis EP adalah apotema lingkaran.

Dengan demikian, unsur-unsur lingkaran ditunjukkan seperti di atas.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Hendri Rkt

Terima kasih

Ayumi Meilina Putry

Jawaban tidak sesuai

Juniati R.

tidak bisa melihat jawaban

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebut dan jelaskan unsur lingkaran!

3

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia