Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan tiga wilayah konservasi flora dan fauna yang berada di Indonesia beserta flora dan fauna yang ada di dalamnya.

Tuliskan tiga wilayah konservasi flora dan fauna yang berada di Indonesia beserta flora dan fauna yang ada di dalamnya.space 

Iklan

R. Hajrianti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwa contoh tiga wilayah konservasi flora dan fauna yang berada di Indonesia terdiri dariTaman Nasional Gunung Leuseur,Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, danTaman Nasional Komodo.

dapat disimpulkan bahwa contoh tiga wilayah konservasi flora dan fauna yang berada di Indonesia terdiri dari Taman Nasional Gunung Leuseur, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dan Taman Nasional Komodo.space 

Iklan

Pembahasan

Wilayah konservasi flora dan fauna merupakan wilayah yang sumber daya alam hayatinya dimanfaatkan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan dengan tetap memelihara keanekaragamannya. Tiga wilayah konservasi flora dan fauna yang berada di Indonesia adalah sebagai berikut. Taman Nasional Gunung Leuseur, terletak di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara. Flora yang dikonservasi di wilayah ini adalah bunga Rafflesia arnoldi , bunga titan arum, dan 8.500 spesies tumbuhan lainnya. Sementara itu, contoh fauna yang dikonservasinya adalah orang utan, kambing hutan, badak sumatra, dan 387 spesies burung. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, terletak di Kabupaten Cianjur. Contoh flora yang dikonservasi di wilayah ini adalah kantong semar, anggrek hutan, pohon rasamala, dan lainnya. Kemudian, contoh fauna yang dikonservasinya adalah anjing hutan, lutung, surili, dan lainnya. Taman Nasional Komodo, terletak di Nusa Tenggara Timur. Flora yang dikonservasi di kawasan ini terdiri dari terumbu karang, bakau, dan padang lamun. Selanjutnya, jenis fauna yang dikonservasinya adalah komodo, rusa timor, tikus endemik, dan lain-lain. Jadi, dapat disimpulkan bahwa contoh tiga wilayah konservasi flora dan fauna yang berada di Indonesia terdiri dariTaman Nasional Gunung Leuseur,Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, danTaman Nasional Komodo.

Wilayah konservasi flora dan fauna merupakan wilayah yang sumber daya alam hayatinya dimanfaatkan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan dengan tetap memelihara keanekaragamannya. Tiga wilayah konservasi flora dan fauna yang berada di Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Taman Nasional Gunung Leuseur, terletak di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara. Flora yang dikonservasi di wilayah ini adalah bunga Rafflesia arnoldi, bunga titan arum, dan 8.500 spesies tumbuhan lainnya. Sementara itu, contoh fauna yang dikonservasinya adalah orang utan, kambing hutan, badak sumatra, dan 387 spesies burung.
  2. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, terletak di Kabupaten Cianjur. Contoh flora yang dikonservasi di wilayah ini adalah kantong semar, anggrek hutan, pohon rasamala, dan lainnya. Kemudian, contoh fauna yang dikonservasinya adalah anjing hutan, lutung, surili, dan lainnya.
  3. Taman Nasional Komodo, terletak di Nusa Tenggara Timur. Flora yang dikonservasi di kawasan ini terdiri dari terumbu karang, bakau, dan padang lamun. Selanjutnya, jenis fauna yang dikonservasinya adalah komodo, rusa timor, tikus endemik, dan lain-lain.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa contoh tiga wilayah konservasi flora dan fauna yang berada di Indonesia terdiri dari Taman Nasional Gunung Leuseur, Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dan Taman Nasional Komodo.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

9

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tanaman mangrove banyak terdapat di daerah tropis. Tanaman mangrove berfungsi untuk .....

79

3.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia