Pertanyaan

Tuliskan teori-teori tentang kekerasan!

Tuliskan teori-teori tentang kekerasan! space space

  1. ... space space

  2. ... space space

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Pembahasan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) , kekerasan merupakan perbuatan seseorang atau kelompok yang menyebabkan terjadinya cedera atau luka. Secara sosiologis , kekerasan terjadi ketika individu atau kelompok ketika berinteraksi untuk mencapai tujuannyamengabaikan nilai dan norma yang berlaku. Berikut beberapa teori yang berkaitan dengan kekerasan di antaranya: Teori Faktor Individua l. Perilaku kekerasan berawal dari perilaku individu baik yang dilakukan secara individu maupun berkelompok, secara spontan maupun direncanakan. Penyebab perilaku kekerasan yaitu, faktor individu (gangguan jiwa)dan faktor sosial (konflik rumah tangga, media sosial, budaya masyarakat). Teori Faktor Kelompok . Setiap individu akan cenderung membentuk kelompok dan berusaha mengedepankan identitas kelompoknya. Identitas kelompok yang ia miliki kemudian akan selalu dibawa ketika berinteraksi dengan orang lain, sehingga apabila identitas kelompoknya berbeda dengan keompok lain akan menyebabkan benturan dan memicu kekerasan. Teori Dinamika Kelompok . Menurut teori dinamika kelompok, kekerasan yang muncul disebabkan karena adanya deprivasi relatif (kehilangan rasa memiliki) yang terjadi dalam kelompok atau masyarakat. Perubahan yang berlangsung cepat dan tidak mampu ditanggapi secara seimbang dengan sistem nilai dan norma di masyarakat dapat berakhir dengan perlawanan atau kekerasan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kekerasan merupakan perbuatan seseorang atau kelompok yang menyebabkan terjadinya cedera atau luka.
Secara sosiologis, kekerasan terjadi ketika individu atau kelompok ketika berinteraksi untuk mencapai tujuannya mengabaikan nilai dan norma yang berlaku. 

Berikut beberapa teori yang berkaitan dengan kekerasan di antaranya:

  1. Teori Faktor Individual. Perilaku kekerasan berawal dari perilaku individu baik yang dilakukan secara individu maupun berkelompok, secara spontan maupun direncanakan. Penyebab perilaku kekerasan yaitu, faktor individu (gangguan jiwa) dan faktor sosial (konflik rumah tangga, media sosial, budaya masyarakat).
  2. Teori Faktor Kelompok. Setiap individu akan cenderung membentuk kelompok dan berusaha mengedepankan identitas kelompoknya. Identitas kelompok yang ia miliki kemudian akan selalu dibawa ketika berinteraksi dengan orang lain, sehingga apabila identitas kelompoknya berbeda dengan keompok lain akan menyebabkan benturan dan memicu kekerasan.
  3. Teori Dinamika Kelompok. Menurut teori dinamika kelompok, kekerasan yang muncul disebabkan karena adanya deprivasi relatif (kehilangan rasa memiliki) yang terjadi dalam kelompok atau masyarakat. Perubahan yang berlangsung cepat dan tidak mampu ditanggapi secara seimbang dengan sistem nilai dan norma di masyarakat dapat berakhir dengan perlawanan atau kekerasan.space space

375

Iklan

Pertanyaan serupa

Sebutkan lima contoh konflik sosial dalam masyarakat dan cara menyelesaikannya!

913

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia