Roboguru

Tuliskan semangat dan komitmen peristiwa sumpah pemuda!

Pertanyaan

 Tuliskan semangat dan komitmen peristiwa sumpah pemuda!

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Sumpah Pemuda adalah tonggak persatuan para pemuda Indonesia untuk bergerak bersama dalam mewujudkan cita-cita berkebangsaan. Berikut ini isi dari sumpah pemuda.

  1. Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
  2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Isi sumpah pemuda tersebut menunjukkan persatuan dan kesatuan pemuda Indonesia. Kesadaran untuk persatuan semangat dalam bertanah air, berbangsa, dan berbahasa terkandung dalam teks tersebut. Sumpah Pemuda sangat penting karena memupuk kesadaran bahwa seluruh elemen bangsa yang senasib dan sepenanggungan memiliki persatuan dalam bertanah air, berbangsa, dan berbahasa.

Dengan demikian, semangat dan komitmen peristiwa sumpah pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 menjadi pelopor persatuan dan kesatuan pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mar'Atus

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Kronologis peristiwa Sumpah Pemuda.

Pembahasan Soal:

Lahirnya Sumpah Pemuda tidak lepas dari peristiwa Kongres Pemuda I yang dilaksanakan pada tanggal 30 April - 2 Mei 1926, yang membahas terkait persatuan para pemuda di Indonesia dalam segala bidang (ekonomi, sosial, dan budaya) yang menjadi cikal bakal agenda Kongres Pemuda II. 
Kongres Pemuda II dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928, bertempat di Gedung Katholike Jongen Bond dan Gedung Oost Java (JL. Medan Merdeka Utara), Batavia. Forum ini dipimpin oleh Sugondo Joyopuspito (PPPI) dan Joko Marsaid (Jong Java). Kongres kedua ini merumuskan tujuannya yaitu: melahirkan cita-cita perkumpulan pemuda Indonesia, membicarakan permasalahan kepemudaan Indonesia, memperkuat kesadaran kebangsaan dan persatuan Indonesia.
Agenda penting pada kongres ini adalah pernyataan “Sumpah Pemuda” yang telah dirumuskan oleh Moh. Yamin selaku sekretaris kongres. Pengucapan sumpah ini adalah simbolisasi keseriusan pemuda-pemuda Indonesia dalam melancarkan pergerakan nasional yang lebih progresif dan satu visi. Dengan mengikat diri dalam tanah air, kebangsaan, dan Bahasa yang satu, para pemuda ini berharap agar perjuangan dapat berjalan lebih maksimal.
Agenda tambahan pada sela-sela kongres adalah penampilan lagu “Indonesia Raya” oleh Wage Rudolf Supratman, yang kemudian diputuskan untuk menjadi lagu kebangsaan Indonesia.

Dengan demikian, Sumpah Pemuda lahir dari semangat persatuan para pemuda dari berbagai bidang sejak diadakannya Kongres Pemuda I pada 30 April - 2 Mei 1926. Setelah bersepakat para pemuda berkumpul dan mendiskusikan lebih lanjut rencana persatuan pemuda yang berdasarkan pada tanah air, bangsa, dan bahasa Indonesia dalam Kongres Pemuda II. Tiga hasil pembahasan tersebut saat ini kita kenal dengan Sumpah Pemuda, dicetuskan pada 28 Oktober 1928.

Roboguru

Salah satu tonggak penting yang kemudian menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional bagi organisasi Pergerakan Nasional Indonesia adalah …

Pembahasan Soal:

Kongres Pemuda II yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 Oktober 1928 di Jakarta berhasil menyatukan seluruh pemuda dari penjuru Indonesia. Hasil dari kongres ini adalah Sumpah Pemuda dengan bahasa Indonesia dikukuhkan sebagai bahasa nasional bagi organisasi Pergerakan Nasional Indonesia. Hal ini tercermin dalam poin ketiga dari ikrar Sumpah Pemuda, yaitu “menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia". 

Isi Sumpah Pemuda tersebut menjadi tonggak dasar bangkitnya bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Pernyataan Sumpah Pemuda mampu membangun persatuan dalam merebut kemerdekaan dari para penjajah. Bahasa sebagai alat komunikasi manusia, berfungsi untuk memudahkan manusia dalam berinteraksi. Indonesia adalah negara kepulauan yang terdiri dari berbagai macam suku dan budaya. Begitu pula dengan bahasa, Indonesia memiliki beragam bahasa daerah yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Sejak dikukuhkan bahasa Indonesia sebagai Bahasa Nasional negara Indonesia, maka di setiap komunikasi kita menggunakan bahasa Indonesia. Bukan berarti kita bangsa Indonesia melupakan bahasa ibu atau bahasa daerah asal kita. Keberagaman bahasa daerah yang ada di Indonesia membuat kita membutuhkan satu bahasa sebagai pemersatu, yaitu Bahasa Indonesia.

Jadi, Kongres Pemuda II merupakan tonggak penting yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional bagi organisasi Pergerakan Nasional Indonesia. space

Roboguru

Indonesia memiliki beragam bahasa daerah, namun penduduk Indonesia dapat dengan mudah melakukan komunikasi antardaerah karena memiliki …

Pembahasan Soal:

Bahasa Indonesia merupakan bahasa persatuan yang dapat mempersatukan beragam bahasa daerah. Dalam Kongres Pemuda Kedua yang berlangsung di Jakarta, 25-28 Oktober 1928, ditetapkanlah bahasa persatuan Indonesia, yaitu bahasa Indonesia. Kesulitan memahami berbagai bahasa daerah tersebut bisa teratasi dengan adanya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space 

Roboguru

Kapan Sumpah Pemuda dilaksanakan, dalam peristiwa apa?

Pembahasan Soal:

Peristiwa Sumpah Pemuda dalam sejarah perjuangan di Indonesia merupakan ikrar yang diucapkan sebagai tonggak persatuan oleh para pemuda Indonesia untuk menghadapi penjajahan Belanda dengan modal persatuan dan kesatuan tekad sebagai bangsa Indonesia. Sumpah Pemuda merupakan bagian dari serangkaian peristiwa Kongres Pemuda. Dalam sejarah perjalanan pergerakan nasional di Indonesia, Kongres Pemuda dilaksanakan dua kali. Kongres pertama dilaksanakan pada tanggal 30 April sampai dengan 2 Mei 1926, di Batavia, yang dihadiri oleh berbagai perwakilan perkumpulan pemuda seperti Jong Java, Jong Sumatranen, Studerenden Minahasa, Jong Bataks Bond, dan sebagainya. Tujuan Kongres pertama yaitu mencari jalan untuk membina perkumpulan pemuda yang tunggal demi menguatkan hubungan antar sesama perkumpulan pemuda di tanah air.

Meski demikian, kongres pertama tidak membuahkan hasil yang memuaskan semua pihak, sebab itu kelak akan digelar lagi Kongres Pemuda kedua yang dilaksanakan pada 27 dan 28 Oktober 1928, dilaksanakan di dua tempat yang berbeda, hari pertama dilaksanakan di Gedung Katholikee Jongenlingen Bond atau Gedung Pemuda Katolik, sementara hari kedua dilaksanakan di Gedung Oost Java atau sekarang berada di Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Hadir dalam kongres kedua di antaranya Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia (PPPI), Sekar Rukun, Jong Celebes dan beberapa peserta lain sebagaimana yang hadir dalam kongres pertama. Tujuan Kongres Pemuda kedua antara lain:

  • melahirkan cita-cita perkumpulan pemuda dan pemudi Indonesia,
  • membicarakan masalah pergerakan pemuda di Indonesia, dan
  • memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia.

Hasil dari Kongres Pemuda II ini adalah ikrar Sumpah Pemuda. Pembacaan ikrar Sumpah Pemuda dilaksanakan pada hari kedua di Kongres Pemuda kedua, 28 Oktober 1928, namun bertempat di Gedung Indonesia Clubhuis (Jalan Kramat Jaya 106 Jakarta, sekarang Gedung Sumpah Pemuda). Isi Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 adalah sebagai berikut.

  1. Kami Putera dan Puteri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia.
  2. Kami Putera dan Puteri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.
  3. Kami Putera dan Puteri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia. 

Jadi, Sumpah Pemuda dibacakan pada 28 Oktober 1928, dalam peristiwa Kongres Pemuda kedua.

Roboguru

Perhatikan Tabel di bawah ini!  Tulislah apa yang kalian ketahui tentang informasi di atas!

Pembahasan Soal:

Dengan demikian, Sumpah Pemuda merupakan hasil dari Kongres Pemuda II yang diselenggarakan pada 27-28 Oktober 1928.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved