RoboguruRoboguru
SD

Tuliskan saluran-saluran penyebaran Islam di Indonesia!

Pertanyaan

Tuliskan saluran-saluran penyebaran Islam di Indonesia!

A. Jasmine

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

saluran penyebaran Islam di Indonesia adalah perdagangan, perkawinan, pendidikan, tasawuf, dan kesenian.

Pembahasan

Saluran penyebaran Islam di Indonesia dilakukan dengan berbagai cara, antara lain sebagai berikut.

  1. Perdagangan. Perdagangan adalah saluran penyebaran Islam yang paling pertama dan utama. Menurut Tome Pires, sekitar abad VII-XVI M lalu lintas perdagangan di Nusantara sangat ramai. Pada proses ini, para pedagang Nusantara berinteraksi dengan para pedagang asing, termasuk para pedagang Islam dari Gujarat (India) atau Timur Tengah (Mesir dan Arab), yang kemudian saling bertukar pengaruh.
  2. Perkawinan. Para pedagang Islam kemudian bermukim di perkampungan pesisir di Nusantara. Lama-kelamaan, jumlah mereka semakin banyak. Islam pun mulai dikenal oleh penduduk Nusantara. Karakteristik penduduk pesisir yang terbuka terhadap hal-hal baru turut mempermudah penyebaran agama Islam. Para pedagang Islam juga berinteraksi dengan penguasa setempat yang secara perlahan masuk ke lingkaran pusat kekuasaan. Ketika raja-raja dan para bangsawan memeluk Islam, rakyatnya dengan mudah mengikuti. Hal ini menjelaskan mengapa kerajaan-kerajaan Islam Nusantara, seperti Samudera Pasai, Demak, Cirebon, Ternate dan Tidore, berawal dari wilayah pesisir. Perkawinan para pedagang Islam yang bermukim di Nusantara kemudian menikah dengan perempuan-perempuan pribumi, baik rakyat biasa maupun bangsawan. Hal ini berdampak positif terhadap penyebaran agama Islam. Para pedagang yang menikahi para perempuan pribumi mensyaratkan mereka untuk terlebih dahulu memeluk Islam. Anak-anak hasil pernikahan mereka pun cenderung mengikuti agama yang dianut orang tuanya. 
  3. Pendidikan. Perkembangan Islam yang semakin luas mendorong munculnya para ulama dan mubalig. Mereka menyebarkan Islam melalui pendidikan dengan mendirikan pondok-pondok pesantren. Di pondok pesantren, para santri yang datang dari berbagai daerah menimba ilmu keislaman. Setelah lulus pesantren, mereka kemudian menyebarkan Islam di daerah asal mereka. Saluran ini sangat efektif untuk memperluas penyebaran Islam hingga daerah terpencil. Contoh pesantren tersebut, antara lain Pesantren Sunan Giri (Surabaya) yang didirikan oleh Sunan Giri. Santri pesantren ini banyak yang berasal dari Maluku.
  4. Tasawuf. Ajaran tasawuf banyak dijumpai pada cerita babad dan hikayat. Ajaran ini mudah berkembang karena ajaran agama Islam melalui tasawuf disesuaikan dengan pola pikir masyarakat yang masih berorientasi agama Hindu. Tokoh penyebar Islam melalui tasawuf, antara lain Hamzah Fansuri, Syamsuddin as-Sumatrani, Nuruddin ar-Raniri, dan Sunan Bonang.
  5. Kesenian. Agama Islam juga disebarkan lewat kesenian, antara lain lewat seni pertunjukan wayang (oleh Sunan Kalijaga) dan seni musik gamelan (oleh Sunan Bonang). Kesenian sebelumnya tidak dilarang, tetapi diperkaya dengan nilai-nilai keislaman

Dengan demikian, saluran penyebaran Islam di Indonesia adalah perdagangan, perkawinan, pendidikan, tasawuf, dan kesenian.

6rb+

4.6 (6 rating)

Frima Sekar Ayu Aisyiyah

Ini yang aku cari! Makasih ❤️ Bantu banget

Pertanyaan serupa

Sebelum kedatangan Islam, di Indonesia sudah mengenal agama Hindu dan Buddha. Akan tetapi pada akhirnya Islam berkembang pesat di Indonesia dan kemudian menjadi agama mayoritas di Indonesia. Faktor ap...

183

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia