Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan rumus Periode dan Frekuensi Gerak Harmonik pada Bandul Sederhana dan pada Pegas, dan tulis keterangan dan satuan dari lambang-lambang Fisika nya!

Tuliskan rumus Periode dan Frekuensi Gerak Harmonik pada Bandul Sederhana dan pada Pegas, dan tulis keterangan dan satuan dari lambang-lambang Fisika nya!space 

Iklan

S. Maria

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Periode menyatakan waktu selama terjadi satu kali getaran. Sedangkan frekuensi menyatakan banyaknya getaran dalam satu sekon. Periode dan frekuensi dari sebuah bandul sederhana bergantung pada panjang tali dan besar gravitasi. Semakin panjang tali yang digunakan, maka nilai periode semakin besar dan frekuensi semakin kecil. Rumusnya: Keterangan: T = periode (sekon) f = frekuensi (Hz) g = percepatan gravitasi (m/s 2 ) l = panjang tali (m) Nilai periode dan frekuensi pegas dapat dinyatakan melalui hubungan besar konstanta pegas dan massa benda yang menggantung pada pegas. Semakin berat massa yang tergantung, maka nilai periode semakin besar dan frekuensi semakin kecil. Rumusnya: Keterangan: T = periode (sekon) f = frekuensi (Hz) m = massa (kg) k = konstanta pegas (N/m)

Periode menyatakan waktu selama terjadi satu kali getaran. Sedangkan frekuensi menyatakan banyaknya getaran dalam satu sekon.

Periode dan frekuensi dari sebuah bandul sederhana bergantung pada panjang tali dan besar gravitasi. Semakin panjang tali yang digunakan, maka nilai periode semakin besar dan frekuensi semakin kecil. Rumusnya:

Periode T equals 2 pi square root of l over g end root Frekuensi f equals fraction numerator 1 over denominator 2 pi end fraction square root of g over l end root 

Keterangan:

T = periode (sekon)

f = frekuensi (Hz)

g = percepatan gravitasi (m/s2)

l = panjang tali (m)

Nilai periode dan frekuensi pegas dapat dinyatakan melalui hubungan besar konstanta pegas dan massa benda yang menggantung pada pegas. Semakin berat massa yang tergantung, maka nilai periode semakin besar dan frekuensi semakin kecil. Rumusnya:

Periode T equals 2 pi square root of m over k end root Frekuensi f equals fraction numerator 1 over denominator 2 pi end fraction square root of k over m end root 

Keterangan:

T = periode (sekon)

f = frekuensi (Hz)

m = massa (kg)

k = konstanta pegas (N/m)

4rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Dua buah bandul digambarkan seperti berikut. Jika massa beban pada bandul A bernilai 2 kali dari bandul B, hubungan periode (T) dan frekuensi (f) pada kedua bandul tersebut yang benar adalah ….

260

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia