Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan rumus kimia dannama senyawa ionik yang terbentuk dari pasangan ion-ion berikut. Na + dan S 2 − Al 3 + dan SO 4 2 − ​ Na + dan PO 4 3 − ​ Ca 2 + dan NO 3 − ​ Fe 3 + dan CO 3 2 − ​

Tuliskan rumus kimia dan nama senyawa ionik yang terbentuk dari pasangan ion-ion berikut.

  1. space
  2. space
  3. space
  4. space
  5. space

Iklan

Q. 'Ainillana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Rumus kimia dan nama senyawa ionik yang terbentuk adalah: Na + dan S 2 − : Na 2 ​ S , natrium sulfida Al 3 + dan SO 4 2 − ​ : Al 2 ​ ( SO 4 ​ ) 3 ​ , alumunium sulfat Na + dan PO 4 3 − ​ : Na 3 ​ PO 4 ​ , natrium fosfat Ca 2 + dan NO 3 − ​ : Ca ( NO 3 ​ ) 2 ​ , kalsium nitrat Fe 3 + dan CO 3 2 − ​ : Fe 2 ​ ( CO ) 3 ​ , besi(III) karbonat. Senyawa ion merupakan senyawa yang dibentuk oleh kation (ion bermuatan positif) dan anion (ion bermuatan negatif), sehingga senyawa bersifat netral. Kation umumnya berupa ion logam. Sedangkan anion adalah ion bukan logam atau ion dari molekul yang disusun oleh beberapa unsur.Ion poliatomik adalah ion-ion yang tersusun dari gabungan 2 jenis atom unsur atau lebih. Ion poliatomik hanya memiliki satu muatan. Jika dua atau lebih ion poliatomik ada dalam satu rumus, ion-ion ini dituliskan dalam tanda kuning, dengan angka indeks di luar tanda kurung menunjukkan jumlah ion poliatomik. Tanda kurung dan angka indeks tidak perlu ditulis untuk senyawa yang mengandung anion poliatomik dengan muatan yang seimbang dengan kation pasangannya. Muatan antara anion dan kation harus seimbang. Rumus kimia dannama senyawa ionik yang terbentuk dari pasangan ion-ion berikut: Na + dan S 2 − : Na 2 ​ S , natrium sulfida Al 3 + dan SO 4 2 − ​ : Al 2 ​ ( SO 4 ​ ) 3 ​ , alumunium sulfat Na + dan PO 4 3 − ​ : Na 3 ​ PO 4 ​ , natrium fosfat Ca 2 + dan NO 3 − ​ : Ca ( NO 3 ​ ) 2 ​ , kalsium nitrat Fe 3 + dan CO 3 2 − ​ : Fe 2 ​ ( CO ) 3 ​ , besi(III) karbonat

Rumus kimia dan nama senyawa ionik yang terbentuk adalah:

  1. space, natrium sulfida
  2. space : , alumunium sulfat
  3. space, natrium fosfat
  4. space, kalsium nitrat
  5. space, besi(III) karbonat.

Senyawa ion merupakan senyawa yang dibentuk oleh kation (ion bermuatan positif) dan anion (ion bermuatan negatif), sehingga senyawa bersifat netral. Kation umumnya berupa ion logam. Sedangkan anion adalah ion bukan logam atau ion dari molekul yang disusun oleh beberapa unsur. Ion poliatomik adalah ion-ion yang tersusun dari gabungan 2 jenis atom unsur atau lebih. Ion poliatomik hanya memiliki satu muatan. Jika dua atau lebih ion poliatomik ada dalam satu rumus, ion-ion ini dituliskan dalam tanda kuning, dengan angka indeks di luar tanda kurung menunjukkan jumlah ion poliatomik. Tanda kurung dan angka indeks tidak perlu ditulis untuk senyawa yang mengandung anion poliatomik dengan muatan yang seimbang dengan kation pasangannya.

Muatan antara anion dan kation harus seimbang. Rumus kimia dan nama senyawa ionik yang terbentuk dari pasangan ion-ion berikut:

  1. space, natrium sulfida
  2. space : , alumunium sulfat
  3. space, natrium fosfat
  4. space, kalsium nitrat
  5. space, besi(III) karbonatspace

Latihan Bab

Pendahuluan Tata Nama Senyawa

Tata Nama Senyawa Ionik

Tata Nama Senyawa Kovalen

Tata Nama Senyawa Asam

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

4rb+

Fransiska Ribi Mentari

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Logam kalsium dapat bereaksi dengan unsur-unsur nitrogen, klor, sulfur, dan oksigen membentuk senyawa-senyawa ionik biner. Tuliskan rumus dan nama senyawa-senyawa ionik biner yang terbentuk.

346

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia