Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan persamaan reaksi berikut beserta nama senyawa yang dihasilkan! Reaksi alkilasi benzena dengan isopropilklorida.

Tuliskan persamaan reaksi berikut beserta nama senyawa yang dihasilkan!
 

Reaksi alkilasi benzena dengan isopropilklorida.  

  1. ... undefined 

  2. ... undefined 

Iklan

Y. Rochmawatie

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

reaksi alkilasi benzena dengan isopropilklorida menghasilkan alkilbenzena yaitu isopropilbenzena dan asam klorida.

reaksi alkilasi benzena dengan isopropilklorida menghasilkan alkilbenzena yaitu isopropilbenzena dan asam klorida.

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Benzena merupakan suatu senyawa hidrokarbon dengan rumus molekul dan strukturnya merupakan rantai lingkar (siklis) dengan ikatan rangkap selang-seling. Reaksi alkilasi merupakan reaksi substitusi suatu alkil terhadap atom hidrogen pada benzena. Pereaksi yang digunakan adalah alkil halida dengan katalis . Pada soal ini, alkil halida yang disubstitusi pada benzena adalah isopropilklorida. Berikut struktur dari isopropilklorida. Pada reaksi ini, satu atom pada benzena terputus dan berikatan dengan pada isopropilklorida, sehingga posisi atom pada benzena tersebut diganti atau disubstitusikan oleh isopropil sehingga menghasilkan isopropilbenzena. Berikut adalah mekanisme reaksi alkilasi benzena dengan isopropilklorida. Reaksi alkilasi benzena dengan isopropilklorida dapat dituliskan sebagai berikut. Dengan demikian, reaksi alkilasi benzena dengan isopropilklorida menghasilkan alkilbenzena yaitu isopropilbenzena dan asam klorida.

    Benzena merupakan suatu senyawa hidrokarbon dengan rumus molekul begin mathsize 14px style C subscript 6 H subscript 6 end style dan strukturnya merupakan rantai lingkar (siklis) dengan ikatan rangkap selang-seling.

 

    Reaksi alkilasi merupakan reaksi substitusi suatu alkil terhadap atom hidrogen pada benzena. Pereaksi yang digunakan adalah alkil halida dengan katalis begin mathsize 14px style Al Cl subscript 3 end style. Pada soal ini, alkil halida yang disubstitusi pada benzena adalah isopropilklorida. Berikut struktur dari isopropilklorida.

    Pada reaksi ini, satu atom begin mathsize 14px style H end style pada benzena terputus dan berikatan dengan begin mathsize 14px style Cl end style pada isopropilklorida, sehingga posisi atom undefined pada benzena tersebut diganti atau disubstitusikan oleh isopropil sehingga menghasilkan isopropilbenzena. Berikut adalah mekanisme reaksi alkilasi benzena dengan isopropilklorida.


    Reaksi alkilasi benzena dengan isopropilklorida dapat dituliskan sebagai berikut.


Dengan demikian, reaksi alkilasi benzena dengan isopropilklorida menghasilkan alkilbenzena yaitu isopropilbenzena dan asam klorida.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

31

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Suatu senyawa yang tergolong turunan benzena, memiliki sifat-sifat sebagai berikut. (1) bereaksi dengan KMnO 4 ​ + H 2 ​ SO 4 ​ membentuk zat yang dapat memerahkan kertas lakmus (2) terbentuk me...

9

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia