Roboguru

Tuliskan perbedaan antara fosfor merah dengan fosfor putih.

Pertanyaan

Tuliskan perbedaan antara fosfor merah dengan fosfor putih. 

Pembahasan Soal:

Fosfor adalah unsur kimia yang terjadi pada beberapa alotrop yang berbeda. Alotrop yang paling umum adalah bentuk merah dan putih, dan ini adalah senyawa padat. Selanjutnya, ketika terkena cahaya, bentuk putih berubah menjadi bentuk merah. Namun, ada beberapa perbedaan antara kedua alotrop ini. 

Fosfor merah adalah alotrop fosfor yang memiliki warna merah gelap, sebagai jaringan polimer. Yang penting, fosfor merah muncul sebagai kristal berwarna merah gelap. Tidak seperti alotrop putih, fosfor merah tidak beracun. Selain itu, fosfor merah menyala di udara pada suhu di atas 240°C.

Fosfor putih adalah alotrop fosfor yang ada sebagai padatan lilin yang tembus cahaya, ada sebagai molekul P4. Senyawa fosfor putih ada sebagai padatan lilin yang tembus cahaya yang dengan cepat berubah menjadi kuning bila terkena cahaya. Sangat beracun. Selain itu, ia menyala di udara pada suhu rendah seperti 50°C.

Maka, perbedaan utama antara fosfor merah dan putih adalah bahwa fosfor merah muncul sebagai kristal berwarna merah gelap sedangkan fosfor putih ada sebagai padatan lilin transparan yang dengan cepat menjadi kuning ketika terkena cahaya

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved