Tuliskan pengertian dan minimal 1 (satu) upaya pencegahan penyakit  hipertensi !

Pertanyaan

Tuliskan pengertian dan minimal 1 (satu) upaya pencegahan penyakit  hipertensi !

L. Indah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah di 130/80 mmHg atau lebih. Upaya mencegah penyakit hipertensi adalah berolahraga secara rutin dan menjaga berat badan agar tetap ideal. 

Pembahasan

Sistem peredaran darah  merupakan salah satu sistem organ pada makhluk hidup yang berfungsi untuk mengedarkan seluruh zat didalam tubuh melalui darah.  Kelainan dan gangguan pada sistem peredaran darah manusia dapat oleh faktor keturunan, rusaknya alat peredaran darah atau pola makan yang banyak menganduk lemak dan zat kapur. Salah satu gangguan pada sistem peredaran darah adalah hipertensi. Hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah di 130/80 mmHg atau lebih. Tekanan darah dibagi menjadi tekanan sistolik dan tekanan diastolik. Tekanan sistolik adalah tekanan saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh, sedangkan tekanan diastolik adalah tekanan saat jantung berelaksasi sebelum kembali memompa darah.  Hipertensi terjadi ketika tekanan sistolik berada di atas 130 mmHg dan tekanan diastolik lebih dari 80 mmHg. Tekanan darah yang melebihi angka tersebut merupakan kondisi yang harus segera ditangani agar tidak terjadi munculnya penyakit-penyakit serius yang mengancam nyawa, seperti gagal jantung, penyakit ginjal, dan stroke. Upaya mencegah penyakit hipertensi adalah berolahraga secara rutin dan menjaga berat badan agar tetap ideal. 

Jadi hipertensi merupakan kondisi ketika tekanan darah di 130/80 mmHg atau lebih. Upaya mencegah penyakit hipertensi adalah berolahraga secara rutin dan menjaga berat badan agar tetap ideal. 

8

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Seorang pasien melakukan pengecekan terhadap tekanan darahnya. Hasil menunjukkan bahwa pasien tersebut memiliki tekanan sistol 140 mmHg dan tekanan diastol 90 mmHg. Berdasarkan hasil yang didapat, pas...

58

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia