Roboguru
SD

Tuliskan pengertian dan contoh dari, sel - jaringan - organ - sistem organ - organisme - populasi - komunitas - ekosistem - bioma - biosfer!

Pertanyaan

Tuliskan pengertian dan contoh dari, sel - jaringan - organ - sistem organ - organisme - populasi - komunitas - ekosistem - bioma - biosfer!space space 

R. Fransisca

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Tingkat organisasi kehidupan adalah tingkatan yang dimulai dari bagian paling sederhana hingga paling kompleks. Tiap tingkatan dari organisasi kehidupan menjelaskan peranan yang penting dalam mempelajari biologi. Tingkatan organisasi kehidupan dalam biologi terdiri dari :

  1. Sel, yaitu unit struktural dan fungsional terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup yang berfungsi untuk menjalankan aktivitas dalam tubuh makhluk hidup. Contoh sel yaitu sel otot, sel saraf, dan sel darah.
  2. Jaringan, yaitu kumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Contoh jaringan yaitu jaringan otot, jaringan saraf, dan jaringan darah.
  3. Organ, yaitu sekumpulan jaringan yang menjalankan fungsi tertentu untuk membentuk alat tubuh. Contoh organ yaitu jantung, paru-paru, mata, dan lambung.
  4. Sistem organ, yaitu sekelompok organ yang bekerja sama untuk membentuk dan menjalankan suatu fungsi yang berkesinambungan. Contoh sistem organ adalah sistem pencernaan yang terdiri dari mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar, anus, dan rektum.
  5. Organisme atau individu, yaitu makhluk hidup tunggal. Contoh organisme yaitu seorang manusia, seekor kelinci, dan sebatang pohon.
  6. Populasi, yaitu kumpulan individu sejenis yang menempati suatu daerah dalam waktu yang sama. Contoh populasi yaitu populasi padi di sawah dan populasi kambing di padang rumput.
  7. Komunitas, yaitu kumpulan populasi dari berbagai spesies yang tinggal bersama dan saling berinteraksi satu sama lain di suatu tempat. Contoh komunitas yaitu komunitas lapangan rumput terdiri dari populasi rumput gajah, populasi belalang, dan populasi cacing tanah.
  8. Ekosistem, yaitu hubungan timbal balik antara makhluk hidup (komponen biotik) dengan lingkungannya (komponen abiotik). Contoh ekosistem yaitu ekosistem hutan bakau dan ekosistem sungai.
  9. Bioma, yaitu ekosistem darat yang mencakup daerah yang luas. Contoh bioma yaitu bioma tundra, bioma hutan hujan tropis, bioma padang rumput, dan bioma padang pasir.
  10. Biosfer, yaitu interaksi semua ekosistem yang ada di bumi beserta atmosfer yang melingkupinya. Contoh biosfer adalah planet bumi.space space 

237

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Jelaskan tingkat organisasi kehidupan dalam biologi mulai molekul sampai biosfer!

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia