Tuliskan masing-masing lima macam contoh aset dan likuiditas kemudian susun klasifikasinya.

Pertanyaan

Tuliskan masing-masing lima macam contoh aset dan likuiditas kemudian susun klasifikasinya. space space 

A. Widya

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Aset didefinisikan sebagai sumber daya yang dimiliki atau dikendalikan oleh perusahaan yang dapat digunakan untuk memberikan manfaat ekonomi masa depan. Dengan kata lain, aset adalah barang yang digunakan perusahaan untuk menghasilkan pendapatan di masa depan atau mempertahankan operasinya. Akun aset umumnya memiliki saldo debit. Hampir semua sistem akuntansi memisahkan kelompok aset ke dalam akun yang berbeda. Akun-akun ini diatur ke dalam kategori saat ini dan tidak berjalan. 

Aset lancar

  • Uang Tunai : Uang tunai adalah aset paling likuid yang dapat dimiliki perusahaan. Ini termasuk segala bentuk mata uang yang dapat dengan mudah diperdagangkan termasuk koin, cek, wesel, dan saldo rekening bank.
  • Piutang Usaha : Piutang Usaha adalah aset yang timbul dari penjualan barang atau jasa kepada seseorang yang memiliki kredit. Piutang adalah janji dari pembeli untuk membayar penjual sesuai dengan ketentuan penjualan. Ini adalah aset yang tidak biasa karena itu bukan aset sama sekali. Ini lebih merupakan klaim sebuah aset. Penjual memiliki klaim atas uang pembeli sampai pembeli membayar barang atau jasa.
  • Wesel Tagihan : Sebuah nota adalah janji tertulis untuk membayar kembali uang. Perusahaan yang menyimpan catatan yang ditandatangani oleh entitas lain memiliki aset yang tercatat sebagai catatan. Tidak seperti piutang, wesel tagih dapat berupa aset jangka panjang dengan suku bunga yang dinyatakan.
  • Biaya Dibayar di Muka :Biaya dibayar dimuka, seperti asuransi prabayar, adalah biaya yang telah dibayar dalam uang muka. Seperti piutang, biaya prabayar adalah aset karena merupakan klaim atas aset. Jika asuransi senilai enam bulan dibayar di muka, perusahaan berhak atas asuransi (layanan) untuk enam bulan ke depan di masa depan.
  • Inventaris : Inventaris terdiri dari barang-barang yang dimiliki perusahaan yang dalam bisnis menjual barang-barang tersebut. Misalnya, mobil akan dianggap inventaris untuk dealer mobil karena berada dalam bisnis penjualan mobil. Sebuah mobil tidak akan dianggap inventaris untuk restoran pizza yang ingin menjual mobil pengirimannya.
  • Persediaan : Banyak perusahaan memiliki aset lain-lain yang keseluruhan dalam produksi produk yang terlalu kecil dan murah untuk bermodalkan . Aset-aset ini adalah biaya ketika dibeli. Contoh yang baik adalah baut pabrik mobil. Sulit untuk memperhitungkan setiap baut seperti yang digunakan dalam proses perakitan, sehingga mereka hanya dibebankan.

Aset Jangka Panjang

  • Aktiva Tetap : Aktiva tetap termasuk peralatan, kendaraan, mesin, dan bahkan komputer. Aset ini umumnya memiliki masa manfaat lebih dari satu tahun dan biasanya pembelian bisnis lebih mahal.
  • Aset Tidak Berwujud : Tidak semua aset bersifat fisik. Beberapa aset seperti goodwill, investasi saham, paten, dan situs web tidak dapat disentuh. Aset intelektual ini bisa sangat penting.
  • Ada banyak lagi jenis aset yang tidak disebutkan di sini, tetapi ini adalah daftar dasar. Kami akan membahas lebih banyak aset secara mendalam nanti dalam kursus akuntansi. Sekarang ini penting hanya untuk mengetahui konsep dasar. Kelima jenis akun adalah: Aset, Kewajiban, Ekuitas, Pendapatan (atau Penghasilan) dan Beban . Untuk sepenuhnya memahami cara memposting transaksi dan membaca laporan keuangan , kita harus memahami jenis akun ini. Kami akan mendefinisikannya secara singkat dan kemudian melihat masing-masing secara detail:
  • Aset: barang berwujud dan tidak berwujud yang dimiliki perusahaan yang memiliki nilai (misalnya uang tunai, sistem komputer, paten)
  • Kewajiban: uang yang dibayarkan perusahaan kepada orang lain (misalnya hipotek, kredit kendaraan)
  • Ekuitas: bagian dari total aset yang dimiliki pemilik atau pemegang saham perusahaan sepenuhnya, telah membayar untuk langsung
  • Pendapatan atau Penghasilan: uang yang diperoleh perusahaan dari penjualan produk atau layanan, dan bunga dan dividen yang diperoleh dari surat-surat berharga
  • Pengeluaran: uang yang dihabiskan perusahaan untuk memproduksi barang atau jasa yang dijualnya (mis. Perlengkapan kantor, utilitas, iklan)

Kewajiban

Kewajiban adalah utang, atau kewajiban keuangan dari suatu bisnis uang yang dibayarkan bisnis kepada orang lain. Kewajiban diklasifikasikan sebagai lancar atau jangka panjang. Kewajiban lancar adalah utang yang dibayarkan dalam 12 bulan atau kurang, dan terutama terdiri dari utang operasional bulanan. Kewajiban lancar biasanya dibayar dengan aset lancar yaitu uang dalam rekening giro perusahaan. Modal kerja perusahaan adalah selisih antara aset lancar dan kewajiban lancar. Mengelola utang jangka pendek dan memiliki modal kerja yang memadai sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang perusahaan. Kewajiban jangka panjang biasanya berupa hipotek atau pinjaman yang digunakan untuk membeli atau memelihara aset tetap, dan dilunasi dalam beberapa tahun, bukan bulan. space space 

123

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan disebut ….

2rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia