Roboguru

Tuliskan lima negara terbesar yang mengalami gejala sosial !

Pertanyaan

Tuliskan lima negara terbesar yang mengalami gejala sosial ! 

Pembahasan Soal:

Soal menanyakan mengenai negara terbesar yang mengalami gejala sosial.

Gejala sosial adalah fenomena-fenomena yang menyebabkan terjadinya permasalahan sosial. Gejala sosial yang ada didalam masyarakat berawal dari adanya perubahan sosial. Setiap masyarakat pasti mengalami perubahan di lingkungannya. Perubahan sosial merupakan segala perubahan yang ada pada lembaga-lembaga kemasyarakat dan dipengaruhi sistem sosial, nilai, sikap, serta pola prilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. Perubahan sosial dalam masyarakat dapat berdampak positif maupun negatif. Bagi masyarakat yang tidak dapat menerima perubahan sosial maka akan terjadi masalah sosial. Adapun contoh gejala sosial yang ada pada masyarakat adalah masyarakat, kenakalan remaja, masalah kependudukan, dll.

Negara yang mengalami gejala sosial terbesar antara lain :

  1.  Amerika
  2. Cina
  3. Indonesia
  4. Jepang
  5. India

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Fernanda

Mahasiswa/Alumni Universitas Brawijaya

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sosiologi sebagai ilmu sosial menaruh perhatian penting pada gejala sosial sebagai ojek kajian sejak awal sosiologi dikembangkan. Tokoh sosiologi yang mempopulerkan gejala sosial sebagai objek kajian ...

Pembahasan Soal:

Gejala sosial adalah fenomena yang menandai munculnya permasalahan sosial di masyarakat. Pengertian umum ini diadopsi ilmu alam untuk di terapkan dalam ilmu sosial khususnya sosiologi. Emile Durkheim adalah tokoh sosiologi klasik yang mempopulerkan gejala sosial sebagai objek kajian sosiologi. Durkheim menyebutnya sebagai fakta sosial. Dalam bukunya ’Suicide: A Study in Sociology’, durkheim melihat fenomena bunuh diri sebagai fakta sosial. Masalah sosial yang muncul adalah rendahnya solidaritas sosial anggota komunitas yang sedang diteliti. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Perhatikanlah gambar berikut ini! Berdasarkan gambar di atas, identifikasikanlah bentuk-bentuk gejala sosial dalam masyarakat!

Pembahasan Soal:

Gejala sosial adalah sebuah fenomena yang muncul dan ditandai dengan adanya permasalahan sosial yang dapat memengaruhi atau dipengaruhi oleh individu dalam lingkungannya. Fenomena sosial tersebut bisa terjadi jika terdapat perubahan sosial dalam masyarakat. Pada gambar diatas dapat kita ketahui bahwa telah terjadi beberapa bentuk gejala sosial, seperti :

  1. Gejala sosial kenalakan remaja, hal ini terjadi akibat ditandai dengan adanya dua sifat yang saling berlawanan, yaitu sifat apatis dan ingin bertarung. Sikap apatis diwujudkan sebagai tindakan yang membabi buta yang disesuaikan dengan standar moral yang dimiliki oleh generasi yang lebih tua. Sementara itu, keinginan untuk bertarung terwujud sebagai suatu sikap radikalisme yang sangat berbahaya.
  2. Gejala sosial disorganisasi keluarga, bentuk disorganisasi keluarga yaitu keluarga yang tidak lengkap akibat dari perceraian, hubungan di luar nikah, krisis keluarga, komunikasi antar anggota keluarga yang buruk, gangguan mental, dan masalah keluarga lainnya. Anggota keluarga gagal untuk melakukan tanggung jawab sesuai perannya masing-masing. Hal ini dapat mengakibatkan anak memiliki perilaku menyimpang, seperti yang terlihat pada gambar diatas.
  3. Gejala Sosial Lingkungan, hal ini biasanya terjadi dikarenakan terdapat pada faktor lingkungan dan keadaan nyata pada sebuah kebudayaan tertentu.
  4. Gejala Sosial Moral, hal ini biasanya terjadi pada berabgai macam penyimpangan yang terdapat pada bagian budaya dan juga sopan santun.undefined 

0

Roboguru

Jelaskan gejala sosial menurut para ahli!

Pembahasan Soal:

  • Menurut Gulo, gejala sosial didefinisikan sebagai suatu peritiwa yang terjadi di antara dan oleh manusia baik secara individu maupun secara kelompok.
  • Durkheim menjelaskan bahwa gejala sosial dipahami sebagai fakta objektif di luar kehidupan subjektif individu. Gejala sosial meliputi berbagai aspek meliputi gejala ekonomi, moral, politik, sosial dan budaya. undefined

0

Roboguru

Di tengah pandemi Covid-19, pemerintah menganjurkan masyarakat untuk tinggal di rumah, termasuk pelajar dan bekerja dari rumah. Kondisi tersebut mendorong masyarakat mengekspresikan diri dengan membua...

Pembahasan Soal:

Gejala sosial yang mengarah kepada globalisasi adalah gejala sosial yang menggambarkan bahwa masyarakat hari ini adalah masyarakat yang siap menjadi suatu kesatuan atau global village, yang berarti masyarakat hari ini tidak terhalang waktu dan ruang dalam berkomunikasi. Salah satu contohnya adalah komunikasi berbalas komentar di laman seperti youtube.

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B. Globalisasiundefined 

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut! (1) Terjadi pada kelompok sosial besar yang relatif sekunder. (2) Hubungan sosial bersifat primer. (3) Terjadi pada organisasi sosial. (4) Keanggotaan secara wajib. (5)...

Pembahasan Soal:

Gejala sosial meso adalah gejala sosial yang terjadi pada berbagai organisasi, masyarakat, massa, dan gerakan sosial. Kelompok-kelompok ini biasanya besar yang memiliki tujuan bersama dan telah ditetapkan. Organisasi ini  bisa berupa organisasi pemerintah, swasta, bisnis, atau hobi. Sifatnya bisa wajib, bisa sukarela. Bisa paruh waktu atau penuh waktu. Bisa pula dibayar atau tidak dibayar. Waktunya pun bisa untuk jangka pendek, jangka menengah, ataupun jangka panjang. Hal-hal ini merupakan kebijakan organisasi tersebut dan kesepakatan para anggotanya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah opsi A atau poin 1, 2, dan 3space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved