Roboguru

Tuliskan kembali isi teks dalam bentuk ringkasan berdasarkan gagasan pokok pada setiap paragraf tersebut.

Pertanyaan

Tuliskan kembali isi teks dalam bentuk ringkasan berdasarkan gagasan pokok pada setiap paragraf tersebut.  

Pembahasan Soal:

Ringkasan merupakan bentuk teks yang berisi tentang inti dari keseluruhan paragraf atau wacana. 

Cara membuat ringkasan adalah:

1) Membaca naskah

2) Mencatat gagasan-gagasan utama yang disajikan

3) Menyusun ringkasan berdasarkan gagasan utama

Ringkasan berdasarkan gagasan pokok pada setiap paragraf dari teks tersebut adalah:

Seorang peneliti dalam bukunya yang berjudul The Improbability  Principle mengemukakan bahwa kemungkinan seseorang untuk tersambar petir adalah satu banding 300.000. Sambaran petir dapat terjadi dengan sangat cepat dengan jumlah listrik yang mengalir dalam tubuh sangatlah kecil. Seorang dokter gawat darurat dan peneliti petir menyatakan bahwa mayoritas listrik dari sambaran petir mengalir di luar tubuh dalam efek flashover. Luka akibat sambaran petir dapat mengakibatkan kehilangan kesadaran. Efek ini merupakan yang paling sering ditemukan. Jika seseorang yang tersambar petir masih hidup, kemungkinan besar alat pernapasannya tidak mati sepenuhnya. Namun tetap hidup setelah tersambar petir bukan berarti tidak memiliki konsekuensi karena beberapa fungsi tubuh telah rusak. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 23 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Terjadinya tsunami disebabkan karena ...

Pembahasan Soal:

Cuplikan teks pada soal adalah bentuk teks eksplanasi karena menjelaskan fenomena tsunami dari sudut pandang ilmiah. Untuk mengetahui penyebab terjadinya tsunami, teks tersebut perlu diringkas terlebih dahulu. Ringkasan tersebut nantinya berisi informasi-informasi penting yang ada pada teks.

Informasi penting yang bisa didapat pada paragraf kesatu adalah pengertian tsunami, sedangkan paragraf kedua adalah penyebab terjadinya tsunami. Berdasarkan teks, tsunami dapat terjadi akibat gempa maupun letusan gunung berapi di bawah laut atau di daratan dekat pantai.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space  

0

Roboguru

Berikut ini adalah kesimpulan dari informasi yang disajikan pada paragraf di atas, kecuali …

Pembahasan Soal:

Dalam menarik kesimpulan pada sebuah teks, perlu ditentukan gagasan pokok yang terdapat di dalam sebuah paragraf. Pada cuplikan teks ekspalansi di atas terdapat kesimpulan dari informasi yang disajikan, yaitu urbanisasi menyebabkan padatnya penduduk, Pemerintah sangat memperhatikan arus urbanisasi yang kian meningkat, banyaknya kasus kriminalitas juga diakibatkan tingginya urbanisasi, dan padatnya penduduk kota lingkungan menjadi kumuh dan kesehatan masyarakat menurun.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Simpulan apa yg terdapat pada teks di atas?

Pembahasan Soal:

Simpulan teks adalah keseluruhan isi atau intisari dari teks tersebut yang dibuat ke dalam bentuk yang lebih ringkas. Simpulan dari teks tersebut adalah secara alamiah banjir disebabkan oleh terjadinya hujan lokal dan propagasi limpasan dari daerah hulu pada satu daerah tangkapan, secara non ilmiah banjir dapat terjadi karena ulah manusia. Manusia dapat mengalami kerugian karena banjir itu karena mereka mendiami tempat tinggal yang secara alamiah merupakan dataran banjir.

Dengan demikian, simpulan teks tersebut adalah banjir merupakan fenomena naiknya air karena faktor alamiah maupun non alamiah yang dapat merugikan manusia.space 

0

Roboguru

Bacalah teks berikut dengan saksama! Tercatat 70% tanah di Jakarta bahkan sudah tercemar air limbah. Sungai Ciliwung tak luput dari pencemaran limbah. Akibat pencemaran limbah ini aliran air di sepan...

Pembahasan Soal:

Simpulan artinya sesuatu yang disimpulkan, hasil menyimpulkan, kesimpulan. Simpulan juga berarti kesudahan pendapat (pendapat terakhir yang berdasarkan pada uraian sebelumnya), atau keputusan yang diperoleh berdasarkan metode berpikir induktif atau deduktif.

Simpulan dalam teks tersebut adalah B. Harga air di Jakarta mahal karena air tanah dan sungai sudah tercemar. Dari beberapa data yang terdapat dalam tabel, kita dapat menyimpulkan bahwa harga air di Jakarta mahal karena air tanah dan sungai sudah tercemar. Hal tersebut diperkuat dengan adanya kata “Oleh karena itu” pada kalimat terakhir teks tersebut, yang merupakan penanda kesimpulan.

1

Roboguru

Buatlah ringkasan kutipan teks tersebut!

Pembahasan Soal:

Teks eksplanasi adalah teks yang berisi tentang proses mengapa dan bagaimana suatu peristiwa alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi. Peristiwa alam maupun sosial yang terjadi di sekitar kita, selalu mempunyai hubungan sebab akibat dan proses.

Meringkas teks eksplanasi dapat dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu:

  1. Membaca teks atau naskah yang asli.
  2. Kemudian menentukan dan mencatat gagasan utamanya.
  3. Menulis ringkasan dari gagasan utama dan menambahkan bagian-bagian penting dari teks.
  4. Meneliti dengan membaca kembali ringkasan yang dimana telah dibuat.

Dengan demikian, ringkasan teks eksplanasi dari soal di atas adalah sebagai berikut.

Salju bisa didapat secara periodik di wilayah dengan iklim subtropik seperti di Jepang. Pada dasarnya salju adalah uap air yang membeku. Salju terbentuk akibat uap air mengalami peubahan di atmosfer. Perubahan uap air ini juga dipengaruhi oleh iklim dan cuaca.  Kumpulan uap ini kemudian berkumpul dan membentuk awan. Semakin lama, kumpulan uap yang berkumpul menjadi awan ini semakin banyak. Ketika sudah terlalu banyak, sebagian uap air dari awan tersebut akan dilepaskan dan turun menjadi butiran-butiran air. Jika temperatur udara cukup dingin, uap air yang turun tersebut dapat membeku dan jadilah salju.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved